Unduh Aplikasi QuBisa
Profesi Copywriter yang Bergengsi: Apa Saja Tugasnya
Artikel
Personal Development

Profesi Copywriter yang Bergengsi: Apa Saja Tugasnya

Monica Anggen24 Jan 234 menit membaca

Saat ini, bekerja di bidang kreatif copywriter menjadi pekerjaan yang cukup bergengsi dan digemari banyak orang. Umumnya, tugas copywriter membuat atau menulis konten kreatif yang bisa disebut sebagai copywriting untuk digital marketing. Yang mana bertujuan untuk mempromosikan, memperkenalkan atau menginformasikan sesuatu. 

Meski sama-sama menulis, namun tugas copywriter berbeda dengan penulis konten atau cerita fiksi. Profesi copywriter adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan digital milenial (KDM), kreativitas, skill menulis yang baik dan bisa membuat kalimat persuasif. Menjadi copywriter dapat dilakukan dengan cara latihan menulis, belajar strateginya dan terus berusaha.

Untuk mengetahui apa saja tugas dari profesi copywriter yang bergengsi ini, mari simak ulasan berikut!

5 Tugas Copywriter

Tugas dan pekerjaan copywriter sangat penting saat membuat strategi digital marketing. Karena berhubungan langsung dengan nama perusahaan atau citra brand tertentu. Oleh sebab itu, seorang copywriter harus teliti dan tulisannya dapat dipertanggungjawabkan. Adapun berikut ini merupakan 5 tugas dari copywriter, di antaranya, yaitu:

tugas seorang copywriter

Membuat Konten Iklan yang Kreatif dan Menarik

Pada dasarnya, tugas copywriter tak hanya tentang Mahir Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan atau membuat iklan saja. Lebih dari itu, Anda juga bisa membuat konten berita untuk memberi informasi kepada pembaca. 

Meski begitu, sebagian besar copywriter bertugas membuat konten iklan yang kreatif dan menarik. Konten ini harus bersifat persuasif karena ditujukan untuk memasarkan atau memperkenalkan produk maupun jasa dari perusahaan.

Kemudian, tanggung jawab copywriter adalah bekerja tepat waktu atau berdasarkan deadline. Jangan sampai, konten yang dibuat sudah tidak aktual, karena akan sulit menarik pembaca maupun konsumen.

Membangun Traffic Website

Banyak perusahaan yang menggunakan website sebagai media promosi dan penjualan produk atau jasanya. Nah, tugas copywriter pun akhirnya bukan hanya membuat konten menarik, tapi juga harus mampu menaikkan traffic website perusahaan berdasarkan konten tersebut. Traffic yaitu jumlah orang yang mengunjungi website, baik itu halaman yang dilihat maupun durasi pengunjung saat membaca halaman tersebut.

Melakukan Pengamatan

Sebelum membuat konten berkualitas, tugas copywriter yaitu melakukan pengamatan atau observasi terhadap produk. Hal tersebut bertujuan agar isi kontennya informatif dan sesuai dengan target maupun isu yang sedang terjadi. Selain itu, copywriter juga harus mengenal kelebihan atau kekurangan produk yang akan dipromosikan.

Harus Bisa Menyesuaikan Diri

Seorang copywriter dituntut harus bisa menjadi siapa pun. Dengan kata lain dapat menyesuaikan profil atau identitas yang direpresentasikan. Misalnya Anda membuat konten produk untuk anak remaja, maka Anda harus memposisikan diri sebagai remaja.

Itulah mengapa tugas copywriter terbilang susah namun gampang. Anda juga harus cermat ketika melakukan observasi atau pengamatan, serta berusaha Perkuat Konten Digital dengan Belajar Copywriting secara berkelanjutan.

Misalnya Anda membuat konten produk untuk remaja, maka Anda harus mencari tahu apa yang sedang tren di kalangan remaja. Kemudian produk apa yang disukai dan dibutuhkan remaja saat ini dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten yang tepat dan dapat menarik banyak peminat.

Pahami Ketentuan Berbagai Media Sosial

Seorang copywriter juga harus mengetahui ketentuan yang ditetapkan dari berbagai social media. Pasalnya setiap media sosial memiliki karakteristik tersendiri dalam menyajikan konten iklan. Misalnya jumlah kata atau karakter di media sosial Twitter dengan Instagram memiliki batasan yang berbeda. Adapun pembuatan konten iklan di blog atau website biasanya lebih panjang dan lengkap.

menjadi copywriter yang baik

Itulah 5 tugas copywriter yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui tugas tersebut, Anda menjadi tahu, bukan, bahwa copywriter memiliki peran penting bagi perusahaan dan menentukan keberhasilan penjualan produk atau jasa maupun strategi digital marketing.

Anda pun bisa mempelajari keterampilan sukses milenial (KSM) di bidang copywriting ini melalui #BelajarGakRibet dengan QuBisa. Mulai dari kursus online gratis, webinar gratis, video microlearning, semua bisa diakses secara mobile dan desktop. Bahkan, Anda bisa mendapatkan sertifikat gratis setelah selesai belajar.

QuBisa juga memiliki program lain seperti QuBisa Goes to Campus : Develop Your Personal Branding on LinkedIn, yang tentunya bisa memberikan banyak ilmu serta pengalaman bagi para mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua