Unduh Aplikasi QuBisa
3 Poin Penting yang Wajib Ada dalam Press Release
Artikel
Sales

3 Poin Penting yang Wajib Ada dalam Press Release

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Pers rilis umumnya diberikan pada saat jumpa pers maupun dikirim melalui email kepada perusahaan media. Tujuannya, sebagai materi promosi dari perusahaan atau brand untuk semakin dikenal oleh masyarakat luas. Cara membuat pers rilis tidaklah rumit, Anda dapat membaca dan mempelajarinya pada beberapa artikel maupun video microlearning yang sudah tayang di aplikasi belajar online QuBisa, seperti:

Setelah Anda paham cara membuat press release yang menarik dan bagaimana memanfaatkan press rilis untuk kebutuhan promosi bisnis atau produk dari brand Anda, maka selanjutnya Anda harus memahami pula 3 poin penting yang wajib ada dalam pers rilis.

3 Poin Penting yang Wajib Ada dalam Pers Release

Buatlah Pers Rilis yang to the Point

Buatlah pers rilis yang to the point mengenai apa yang hendak Anda sampaikan, misalnya terkait produk baru yang hendak diluncurkan, keunggulan produk, alasan mengapa produk tersebut penting bagi pengguna, dan sebagainya.

Tulislah informasi pada pers rilis secara jelas, singkat, dan tidak bertele-tele. Anda boleh menampilkan sejarah maupun selayang pandang mengenai perusahaan Anda secara singkat. Ada baiknya, Anda juga menampilkan sisi perjalanan perusahaan yang menarik dan unik, sehingga panduan tersebut tak hanya informatif, tetapi juga inspiratif.

cara membuat press release dengan memperhatikan 5W 1H

Perhatikan 5W + 1H

Cara membuat pers release selanjutnya adalah dengan menampilkan 5W + 1H yang meliputi What (apa), Who (siapa), Where (di mana), When (kapan), Why (kenapa) dan How (bagaimana), sehingga pers rilis akan lebih mudah dipahami oleh awak media. Biasanya dengan panduan pers rilis inilah pekerja media akan lebih mudah menemukan ide untuk menyampaikan poin penting dari brand atau produk Anda kepada masyarakat. 

Sebagai contoh, perusahaan Anda akan memperkenalkan suatu produk beserta penambahan layanan baru. Anda dapat menyampaikan dalam pers release inovasi apa yang telah perusahaan Anda lakukan hingga kehadiran produk dan layanan baru tersebut penting, baik untuk perusahaan maupun untuk masyarakat. Dan mengapa layanan tersebut bisa dikatakan unggul dibandingkan kompetitor?

Mencantumkan Contact Person 

Pada penulisan press release, pertama-tama Anda dapat menuliskan judul (Head), teras (Lead) dan isi (body) sebagai skema panduan penulisan. Sampaikan dengan jelas maksud dan tujuan dengan menggunakan pilihan bahasa yang baku sesuai dengan Ejaan Yang Berlaku (EYD).

mencantumkan contact person saat penulisan pres rilis

Poin lain yang tidak kalah penting adalah tulislah contact person atau narahubung yang dapat dimintai penjelasan terkait pers rilis tersebut. Hal ini akan memudahkan awak media untuk menanyakan lebih lanjut mengenai hal yang belum tertera pada pers rilis.

Tak sedikit manfaat pers rilis bagi kesuksesan dan kelancaran kegiatan bisnis Anda. Dengan pers rilis, awak media dengan mudah mengetahui maksud dan tujuan bisnis Anda. Perusahaan pun dapat menampilkan informasi yang menunjang dari peluncuran produk atau layanan secara jelas. Poin penting yang terdapat pada produk atau layanan dapat disampaikan secara rapi, runtut, dan terarah.

Ada baiknya sebelum membuat pers rilis, Anda dapat mengenali materi apa yang akan disampaikan dengan lebih matang. Pilihlah data maupun dokumen yang paling menarik yang mampu memberikan pengaruh lebih luas bagi masyarakat. Dengan pendekatan inilah Anda dapat menemukan jenis pers release yang tepat untuk tujuan bisnis Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua