Persiapan Menghadapi Interview Kerja untuk Pertama Kali

Recruitment & Selection | 09 Jun 7 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Persiapan Menghadapi Interview Kerja untuk Pertama Kali

Persiapan interview adalah hal yang wajar dilakukan bagi pencari kerja. Setiap orang pasti ingin sukses dan bekerja di tempat yang diinginkan. Setelah menempuh pendidikan, tentu Anda ingin mendapatkan penghasilan secepatnya, salah satu caranya dengan bekerja di perusahaan impian Anda.

Sebagai fresh graduate, Anda perlu memperhatikan beberapa persiapan menghadapi interview agar lebih siap dan lancar ketika melakukan wawancara kerja. Terlebih bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti interview kerja, persiapan ini akan sangat membantu Anda menjawab pertanyaan interview kerja nantinya. 

Persiapan Menghadapi Interview Kerja untuk Pertama Kali

Untuk mendapatkan posisi di perusahaan, Anda harus melewati serangkaian proses yang bisa dibilang cukup panjang. Mulai dari melamar kerja dengan menyebar CV ke banyak perusahaan, mengikuti seleksi tertulis, hingga tes wawancara kerja. Hampir seluruh perusahaan menerapkan proses yang sama dalam merekrut karyawan. Berikut ini persiapan menghadapi interview kerja yang perlu Anda lakukan.

Mengenali Profil Perusahaan

Hal paling penting untuk Anda lakukan dalam persiapan interview adalah mengumpulkan informasi atau melakukan riset untuk mengenal perusahaan yang Anda lamar. Mulailah mencari tahu tentang profil perusahaan, seperti visi misi, pimpinan perusahaan, dan bergerak di bidang apa. Kemudian cari tahu juga kegiatan yang sedang dan sudah dijalankan, kegiatan CSR misalnya, hingga prestasi dari perusahaan tersebut.

Salah satu pertanyaan saat interview yang akan ditanyakan adalah mengenai seberapa jauh Anda mengenal perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda menyesuaikan skill yang Anda miliki dengan perusahaan yang akan menjadi tempat Anda bekerja. Lalu membuktikan keseriusan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut dan menjadi salah satu strategi lolos interview.

Memahami Job Description

Selain mencari tahu tentang perusahaan yang dilamar, Anda juga harus memahami posisi dan job description untuk posisi incaran Anda. Tugas dan tanggung jawab ini penting agar Anda bisa bekerja dengan maksimal. Jadi, pastikan Anda melamar pada posisi yang Anda kuasai. 

Biasanya, setelah wisuda fresh graduate kurang aware dengan hal ini. Mereka kerap kali menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill yang mereka kuasai, dan menanamkan pemikiran yang terpenting mereka diterima bekerja.

Memahami job description saat melamar pekerjaan

Saat wawancara, perekrut akan bertanya tentang seberapa jauh Anda menguasai dan memahami tanggung jawab yang akan Anda jalankan nantinya. Perekrut akan menentukan apakah Anda layak menerima posisi tersebut atau tidak.

Mengenali Diri Sendiri

Saat wawancara, HRD tidak hanya bertanya tentang kemampuan akademik Anda, namun juga menguji seberapa banyak soft skill yang Anda kuasai. Soft skill ini meliputi sifat dan kepribadian Anda. Perekrut juga akan bertanya tentang kelebihan dan kekurangan Anda. Oleh sebab itu, jawablah dengan jujur dan bisa dipertanggungjawabkan terkait apa pun yang ditanyakan oleh perekrut tentang diri Anda.

Gambarkan kelebihan yang Anda miliki dan bagaimana hal tersebut dapat digunakan sebagai alat Anda berkontribusi pada perusahaan. Sedangkan, ketika menjelaskan kelemahan Anda, sertakan juga solusi apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya. Perekrut akan melihat bahwa Anda punya effort untuk mengatasi kekurangan Anda dan menjadikannya kekuatan untuk meraih sukses.

Mempersiapkan Dokumen

Ketika proses wawancara berlangsung, Anda mungkin akan dimintai dokumen penting seperti CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, kartu identitas, portofolio kerja, dan lain sebagainya. Dokumen atau berkas umum yang biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Jadi, pastikan Anda mempersiapkannya dan membawa serta keseluruhan dokumen saat hari wawancara Anda. Bawa juga alat tulis yang biasanya digunakan mengisi daftar hadir.

Bagaimana jika wawancara yang Anda lakukan secara online? Ya, di masa pandemi Covid-19 atau Anda melamar pekerjaan untuk luar negeri, interview online biasanya menjadi solusi. Di sinilah Anda harus memastikan perangkat yang digunakan untuk melakukan video konferensi bisa berfungsi dengan baik. Gunakan jaringan internet yang stabil agar wawancara dapat dilakukan dengan lancar. Pelajari juga cara how to look good on camera.

Melakukan Simulasi Wawancara

Persiapan sebelum interview selanjutnya adalah melatih diri Anda dengan simulasi wawancara. Anda bisa melakukannya di depan cermin atau minta bantuan orang lain. Anda juga bisa mempersiapkan list pertanyaan dan perkiraan jawaban Anda. List pertanyaan ini bisa Anda unduh di internet.

Anda juga bisa membaca artikel atau buku terkait, hingga mengikuti webinar pengembangan diri dan kursus online gratis di QuBisa platform belajar online. Tips wawancara ini penting untuk Anda ketahui agar Anda tahu apa saja yang harus dilakukan ketika proses interview sedang berlangsung. 

Umumnya, tim HRD akan memberikan pertanyaan seputar diri Anda, serta pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki. Pelajari juga gesture tubuh serta personal grooming yang baik saat wawancara kerja.

Di platform e-learning QuBisa yang bisa membantu Anda meningkatkan keterampilan sukses milenial, dan keterampilan digital milenial, ada banyak pembahasan terkait wawancara dan grooming. Misalnya Kursus Online Grooming and Professionalism.

Mempersiapkan Outfit Terbaik

Terakhir, memantaskan diri melalui pakaian yang Anda gunakan. Tidak harus mahal dan bermodel, yang terpenting adalah rapi dan wangi. Anda juga bisa menyesuaikan outfit Anda dengan posisi yang dilamar. Untuk perusahaan yang bergerak di bidang profesional, Anda bisa memakai kemeja, jas, dasi dan sepatu pantofel. Jika perusahaan bergerak di bidang kreatif seperti start-up, Anda bisa menggunakan pakaian yang lebih santai dan tetap sopan.

Dalam beberapa video online learning di platform belajar jarak jauh QuBisa, terdapat panduan berpakaian yang pas untuk pergi wawancara, seperti :

Mempersiapkan outfit terbaik saat interview

Namun jangan lupa juga, sebagian perusahaan menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan saat wawancara. Ikutilah aturan yang diterapkan perusahaan tersebut. Biasanya Anda akan diminta untuk memakai atasan rapi berwarna putih dan bawahan berwarna hitam. Bagi wanita, pakailah make up yang tidak terlalu berlebihan. 

Persiapan interview perlu dilakukan bagi semua orang yang ingin melakukan wawancara kerja. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menghadapi wawancara kerja dengan baik dan lancar. Persiapkan diri Anda mulai dari mencari tahu profil perusahaan hingga pakaian yang akan anda gunakan pada hari wawancara tersebut.

Artikel Terkait

Konten Terkait

Ke Atas