Unduh Aplikasi QuBisa
Apa Itu Pers Release dan Manfaatnya bagi Bisnis
Artikel
Strategy

Apa Itu Pers Release dan Manfaatnya bagi Bisnis

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Apa itu press release? Pengertian pers release atau siaran pers adalah panduan berupa informasi singkat mengenai suatu peristiwa, kegiatan, maupun produk atau layanan bisnis yang akan disiarkan melalui media massa. 

Informasi tertulis inilah yang diberikan kepada awak media untuk ditayangkan di media masing-masing dengan informasi yang lebih terarah. Selain itu, press release memudahkan awak media untuk mengetahui hal apa saja yang perlu disampaikan kepada publik

Dengan menyampaikan informasi mengenai perusahaan kepada awak media melalui pers rilis, perusahaan Anda akan lebih dikenal lebih luas. Cara ini sering kali digunakan banyak pebisnis untuk membangun branding bisnis. Selain sebagai media yang menghubungkan perusahaan dengan masyarakat luas, press rilis juga menjadi media yang akan merekatkan hubungan perusahaan dengan para pekerja media atau perusahaan media.

Jenis dan Manfaat Press Release bagi Bisnis

Anda sebagai pemilik bisnis pasti ingin bisnis Anda beserta produk yang dihasilkan bisa dikenal luas oleh pelanggan dan akhirnya memiliki angka penjualan yang tinggi. Bagaimana memperluas jangkauan pemasaran sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan? 

Nah, salah satu caranya dengan memanfaatkan press release. Hanya saja, Anda harus mengenai jenis dan manfaat press rilis yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut ini beberapa jenis siaran pers dan manfaatnya:

memperluas jangkauan pemasaran

Basic Press Release 

Seperti namanya, basic press release biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu kegiatan secara umum. Sebagian perusahaan menyebutkan jenis ini dengan nama general press release yang mana beritanya berisi informasi mengenai perusahaan yang layak diketahui masyarakat umum. Misalnya, perusahaan mendapatkan penghargaan tertentu, maka Public Relation dari perusahaan akan menulis press release dan menyerahkannya kepada media untuk kemudian diteruskan kepada masyarakat. Gaya tulisan yang biasanya digunakan bertipe soft news yang inspiratif, siaran pers jenis ini akan memberikan edukasi menarik bagi masyarakat.

Financial Release

Secara umum pers rilis jenis ini digunakan untuk pemodal, pebisnis, maupun instansi yang bergerak di bidang finance guna memberikan informasi lebih lanjut mengenai kondisi bisnis dan keuangan. Mereka akan menyampaikan data secara rinci, yang didukung dengan informasi mengenai pertumbuhan perusahaan secara berkala dari tahun ke tahun.

digunakan suatu perusahaan yang ingin meluncurkan produk terbaru

Product Release

Pers rilis ini biasanya digunakan suatu perusahaan yang ingin meluncurkan produk terbaru dengan cara merilis berita di berbagai media. Tujuannya, agar calon pelanggan maupun pelanggan setia mengetahui tentang keberadaan produk baru ini. Di dalam siaran pers, perusahaan akan memberikan highlight yang menunjang keunggulan produk sehingga banyak konsumen yang tertarik melakukan pembelian

Siaran Pers Mengenai Event Perusahaan

Siaran pers atau press release jenis ini biasanya berisi informasi mengenai event yang akan atau sedang berlangsung, termasuk lokasi event atau tempat penyelenggaraan event, isi acara, benefit bagi pelanggan yang hadir di acara, dan sebagainya.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai press release dan bagaimana cara membuatnya, ikuti kursus online gratis yang diselenggarakan aplikasi belajar online QuBisa dalam bentuk video microlearning berikut ini:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua