Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Memperluas Networking di LinkedIn
Artikel
Recruitment & Selection

Tips Memperluas Networking di LinkedIn

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Anda pasti sudah familiar dengan platform media sosial LinkedIn. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memperluas networking untuk personal branding di platform para profesional ini? Jika belum, mari simak artikel ini. Berikut 3 langkah efektif agar Anda mendapatkan banyak peluang bisnis yang potensial atau menjadi tips memperluas jaringan kolega yang tepat di LinkedIn.

3 Langkah Efektif Memperluas Networking di LinkedIn

Lakukan Secara Terus Menerus

Tips memperluas networking di LinkedIn yang pertama adalah melakukan hal yang sama untuk setiap orang yang terhubung dengan Anda di platform ini. Anda harus bersikap ramah dan menyapa siapa saja yang Anda bisa diajak sebagai teman berbagi informasi. Dengan kata lain, Anda perlu membangun hubungan yang baik dan mengelola konflik dengan semua orang sehingga jaringan relasi pun jadi semakin luas.

Anda akan mendapatkan banyak benefit dari cara ini. Salah satunya adalah memperluas cara pandang Anda terhadap suatu fenomena dan menambah wawasan Anda terkait dunia yang Anda minati. Langkah ini pun bisa menjadi investasi jangka panjang yang akan berguna seumur hidup.

Attitude yang Anda miliki bisa menentukan seberapa banyak networking yang bisa Anda bangun melalui LinkedIn

Perhatikan Attitude

Attitude is everything. Jadi, Attitude yang Anda miliki bisa menentukan seberapa banyak networking yang bisa Anda bangun melalui LinkedIn. Kemudian menjadi cara untuk membuat recruiter tertarik.

Jika Anda rendah hati, easy going, ramah dan menunjukkan perilaku positif, banyak yang ingin terhubung dengan Anda. Terlebih jika Anda seorang ahli, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke pesan Anda secara berkala. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda orang yang asyik untuk diajak diskusi.

Attitude yang positif akan membangun image diri yang positif pula. Relasi Anda bisa menilai attitude Anda dari cara berkomunikasi, dan berinteraksi pada unggahan Anda di LinkedIn. Misalnya, seberapa sering Anda membagi informasi bermanfaat? Apakah Anda pernah melakukan posting di LinkedIn Anda dengan konten yang tidak berguna atau kontroversial? Berikut ada 8 topik menarik yang bisa Anda tuangkan di LinkedIn.

Aktif

Selain aktif menyapa rekan yang terhubung dengan Anda, Anda juga harus aktif membalas komentar atau berkomentar di postingan yang ada di LinkedIn. Jangan lupa untuk memberikan komentar Anda dengan diksi atau pemilihan kata yang baik dan mudah dimengerti.

aktif menyapa rekan yang terhubung dengan Anda

Anda juga bisa aktif di LinkedIn Groups yang dibuat oleh para profesional. Anda tidak hanya bisa berdiskusi dengan mudah di grup-grup LinkedIn, tetapi juga bisa mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang sesuai untuk Anda. Biasanya, para recruiter talent akan sharing informasi lowongan kerja di grup LinkedIn yang dinilai sesuai dengan posisi yang dibuka.

Blog.hootsuite.com mengatakan bahwa menjadi peserta aktif dalam grup LinkedIn dapat membantu Anda memperluas jaringan kolega Anda atau bisnis lain yang sebidang dengan Anda. Selain itu, aktif di grup juga akan memberi kesempatan untuk mereka yang belum Anda kenal, kemudian berubah menjadi kolega atau bahkan atasan Anda.

Banyak tips memperluas networking di LinkedIn yang bisa Anda ikuti. Membangun jaringan di platform ini tentu memberikan banyak benefit bagi Anda. Selain bisa mendapatkan peluang bisnis yang baik, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali insight yang bisa Anda implementasikan dalam pengembangan karir Anda. 

Jika Anda memerlukan banyak informasi terkait perkembangan diri dan tips memperluas networking di LinkedIn, masih banyak kursus online gratis maupun berbayar serta webinar pengembangan diri di QuBisa platform e-learning.

QuBisa merupakan platform belajar online Indonesia yang saat ini terus berinovasi dalam mendorong generasi milenial untuk terus maju dan meningkatkan keterampilan digital milenial (KDM) hingga keterampilan sukses milenial (KSM).

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua