Unduh Aplikasi QuBisa
Perilaku Kerja Prestatif Seorang Karyawan yang Baik
Artikel
Career Development

Perilaku Kerja Prestatif Seorang Karyawan yang Baik

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Seseorang yang memiliki komitmen dalam bekerja, bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan berorientasi pada pencapaian hasil yang baik, pasti akan melakukan pekerjaannya dengan maksimal. Inilah yang dimaksudkan dengan perilaku kerja prestatif.

Pengertian Perilaku Kerja Prestatif

Pengertian perilaku kerja prestatif adalah upaya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati demi mencapai hasil terbaik, pemenuhan target, atau untuk mendapatkan penghargaan. 

Biasanya perilaku kerja ini dimiliki oleh pekerja yang punya komitmen penuh untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, punya misi visi ke depan, dan memiliki harapan untuk meraih prestasi terbaik yang mampu dilakukannya. Untuk mencapai harapan tersebut, mereka memaknai pekerjaan sebagai sesuatu yang berharga dan menjadi tanggung jawab yang harus mereka emban hingga selesai.

Perilaku Kerja Prestatif yang Perlu Dimiliki Karyawan

Perilaku kerja prestatif akan mendorong Anda mampu menciptakan suasana kerja sama yang solid di dalam perusahaan. Kunci untuk mencapai kesuksesan dan meraih prestasi tentu saja memiliki perilaku konsisten, memiliki habit dan behavior untuk sukses, dapat memberikan dan menerima umpan balik secara tepat, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

bekerja secara profesional dan memiliki kepercayaan diri tinggi adalah perilaku kerja prestatif yang perlu dimiliki

Adapun beberapa perilaku yang masuk dalam kategori perilaku kerja prestatif, antara lain:

Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Jika orientasi Anda bekerja adalah meraih prestasi dan mencapai sukses, maka Anda perlu memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Rasa percaya diri ini pula yang akan mendorong Anda untuk terus maju dan bekerja sebaik mungkin, apa pun kondisi yang sedang Anda hadapi. Agar dapat membangun rasa percaya diri, Anda bisa mulai dengan meningkatkan kemampuan diri sebagai bekal Anda untuk bisa bekerja dengan baik.

Bekerja dengan Ikhlas

Bekerja dengan ikhlas merupakan sikap dan perilaku prestatif yang harus Anda miliki agar bisa mendapatkan promosi di tempat kerja Anda. Bekerja ikhlas yang dimaksudkan di sini adalah bekerja tanpa perhitungan. Contoh, karena honor yang diberikan kecil, maka Anda bekerja ala kadarnya. 

Kasus lain, Anda cukup bekerja berdasarkan perintah dan sesuai waktu kerja, tanpa berusaha menunjukkan sikap loyal dan punya inisiatif tinggi. Kalau Anda bekerjanya tidak ikhlas, tentu perusahaan akan melihat hal ini, kemudian sudah pasti mereka akan berpikir dua tiga kali untuk mempromosikan Anda ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi.

Profesional dalam Bekerja Wajib Bagi Karyawan yang Memiliki Perilaku Kerja Prestatif

Jika Anda bekerja secara profesional, tentu Anda akan lebih memprioritaskan pekerjaan Anda agar mendapatkan hasil terbaik. Anda juga akan bekerja proaktif, penuh inovasi, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyelesaikan masalah dengan baik. Meskipun sedang dalam kondisi tidak baik atau banyak masalah, Anda akan tetap berusaha sebaik mungkin menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, Anda juga punya kemampuan yang bagus dalam mengelola waktu dan bekerja secara efektif.

Pandai dalam mengelola waktu dan bekerja secara produktif akan membantu Anda memiliki perilaku kerja prestatif

Menerapkan Perilaku Kerja Prestatif untuk Meraih Prestasi Kerja Terbaik

Apa manfaat menerapkan perilaku kerja prestatif? Tentu saja Anda dapat meraih prestasi kerja terbaik. Ini pencapaian yang menjadi idaman setiap pekerja atau karyawan perusahaan. Dengan menjadi karyawan yang berprestasi, Anda akan mendapatkan peluang promosi di tempat kerja

Beberapa manfaat berikutnya yang akan Anda dapatkan jika mampu memiliki dan menerapkan perilaku kerja prestatif, antara lain: 

Kesimpulannya, perilaku kerja prestatif akan memberikan dampak yang baik untuk Anda sebagai karyawan, juga untuk perusahaan. Penilaian kerja pun akan memberi hasil yang lebih baik dan peningkatan karir akan bisa sesuai yang Anda harapkan.

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua