Unduh Aplikasi QuBisa
Perbandingan RAM Android dengan RAM iPhone
Mobile Development

Perbandingan RAM Android dengan RAM iPhone

Jasmi24 Jan 233 menit membaca

Banyak yang beranggapan bahwa semakin besar RAM yang dimiliki sebuah smartphone, maka semakin besar juga kecepatan yang dimilikinya. Apakah benar? Jika benar, lalu bagaimana dengan RAM iPhone yang terbilang lebih kecil dari RAM Android? Apabila Anda merasa penasaran, beberapa pertanyaan tersebut akan dibahas pada ulasan perbandingan RAM Android dengan RAM iPhone berikut ini!

perbandingan ram android dan iphone

Perbandingan RAM iPhone dan RAM Android, Unggul Mana?

Apa itu RAM HP? Random access memory atau RAM adalah teknologi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Biasanya, RAM digunakan dan tersimpan di smartphone, tablet, komputer, maupun laptop. Karena fungsi RAM yang penting bagi kinerja suatu perangkat, tidak sering kapasitas RAM menjadi pertimbangan utama saat Anda ingin membeli sebuah device.

Saat membeli handphone, Anda memang perlu bertanya tentang berapa kapasitas RAM smartphone yang mau dibeli. Yang menjadi pertanyaan besar, kenapa peminat iPhone masih banyak, meskipun memiliki RAM lebih kecil? 

Performa

RAM ideal untuk smartphone Android zaman sekarang adalah 4 GB. Namun, kapasitas RAM Android ini akan kalah dengan RAM iPhone yang besaran memori hanya 2 GB. 

Kenapa demikian? Karena performa dari Android lebih lemah dibandingkan iPhone. Android masih sering mengalami kendala dalam manajemen RAM. Apalagi dengan perbedaan chipset yang digunakan, maka akan semakin menambah masalah yang ada di dalam RAM-nya.

Beda halnya dengan iPhone yang memiliki performa lebih unggul serta lebih cepat. iPhone jarang mengalami kendala karena produsennya yang sudah matang untuk memasarkan produk dengan sistem operasi iOS ke pasar Internasional. Dengan demikian, wajar jika iPhone yang memiliki RAM lebih kecil, tetap banyak peminatnya karena performa yang bagus. 

Aplikasi

Tahukah Anda bahwa Android dirancang khusus untuk dapat mendukung berbagai jenis aplikasi. Aplikasi yang terpasang di Android selalu berjalan pada pemrograman berbasis Java. Karena mekanisme yang berjalan di Java ini cukup rumit dan kompleks, itulah mengapa RAM Android selalu lebih besar dari RAM iPhone.

perbandingan antara ram android dan ram iphone

iPhone adalah brand smartphone yang dirancang untuk tidak dapat mendukung banyak aplikasi. Ekosistem mesin yang digunakan juga tidak terlalu fleksibel. Berbeda dengan Android, iPhone tidak menggunakan Java, tetapi menggunakan cara khusus yang hanya dimiliki oleh pihak Apple. Dengan demikian, RAM yang dimiliki oleh iPhone digunakan untuk pemakaian yang lebih sedikit.

Penerimaan Notifikasi Aplikasi

Hal lain yang menjadi perbandingan antara RAM iPhone dengan RAM smartphone berbasis Android terletak dari penerimaan notifikasi aplikasi. Menariknya, seluruh perangkat Android berjalan di latar belakang, sehingga semua notifikasi yang tiba-tiba masuk akan segera diterima oleh pengguna. Semakin banyak aplikasi Android yang aktif, semakin besar pula penggunaan RAM yang dibutuhkan.

Berbeda dengan iPhone, yang memiliki cara lebih unik untuk menerima notifikasi aplikasi. Meskipun aplikasi yang terdapat dalam ponsel iPhone tidak berjalan, atau tidak aktif, tetapi pengguna tetap bisa menerima notifikasi. Hal ini karena aplikasi iPhone melewati perantara server Apple terlebih dulu. 

Setelah itu, server Apple akan langsung mengirim pemberitahuan ke perangkat, dan secara otomatis aplikasi akan aktif. Hal inilah yang membuat RAM HP iPhone selalu aman meskipun lebih kecil daripada Android.

Anda bisa mempelajari lebih banyak mengenai aplikasi mobile Android dengan mengikuti kursus online di Qubisa platform belajar online Indonesia. Cukup dengan membayar Rp100.000,- Anda bisa mempelajari secara lebih mendalam terkait Java Fundamental Programming dan Android Fundamental.

Nah, itulah 3 hal yang menjadi perbandingan antara RAM iPhone dan RAM Android. Apakah membantu Anda dalam memutuskan untuk menggunakan sistem operasi smartphone yang mana?

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua