Pentingnya Website untuk Bisnis UMKM

Strategy | 16 Okt 5 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Pentingnya Website untuk Bisnis UMKM

Manfaat website dapat dirasakan oleh berbagai kalangan, mulai dari perorangan, organisasi, perusahaan, termasuk UMKM dan UKM. Website bagi kalangan pelaku usaha diperlukan demi memperbesar kesempatan menjangkau pasar yang lebih luas.

Pada era digital ini, orang-orang cenderung menjelajah internet dan mencari informasi melalui Google sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat dimanfaatkan pebisnis untuk mempromosikan produk dan membangun reputasi.

Sayangnya, tidak semua pelaku usaha menyadari betapa banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mengembangkan website untuk menjalankan bisnis. Masih ada pelaku UMKM yang terbiasa berbisnis secara konvensional dan menganggap website belum diperlukan karena biayanya mahal.

Pentingnya Website untuk Pebisnis UMKM

Benarkah pebisnis UMKM belum memerlukan website? Apa saja manfaat website bagi pemilik bisnis? Berikut ini beberapa contoh pentingnya website untuk pebisnis UMKM.

Meningkatkan Kredibilitas

Website untuk UKM yang dibuat dengan profesional akan meningkatkan kredibilitas bisnis. Calon pelanggan yang masih ragu akan mencari informasi di internet dan mengunjungi website UMKM. Keberadaan website untuk mempromosikan produk dan dilengkapi dengan informasi detail mengenai bisnis, produk, layanan, bahkan purna jual dapat menambah kepercayaan pelanggan dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Ketika Anda berkenalan dengan relasi bisnis maupun menghadiri acara gathering yang memungkinkan bertemu banyak pebisnis lain, Anda dapat menyebutkan nama website atau menyelamatkannya di kartu nama. Hal ini juga dapat menambah kredibilitas dari bisnis Anda di mata rekan bisnis.

Lingkup promosi pasar yang lebih luas

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Lingkup promosi secara konvensional masih dibatasi sekat-sekat wilayah dan jangkauan siaran lokal. Namun, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan menggunakan website. Hal ini karena website dapat diakses oleh calon pelanggan dari berbagai kota dan negara yang berbeda-beda. 

Nah, untuk bisa memiliki website dengan performa yang bagus, Anda bisa mengikuti kursus online gratis dalam bentuk microlearning yang bisa Anda pelajari kapan saja di aplikasi belajar online QuBisa. Beberapa rekomendasi kursus online yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Meningkatkan Penjualan

Dengan luasnya pasar yang dapat dijangkau dengan bantuan website, bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan penjualan. Pelanggan dari kota lain atau negara lain pun dapat membeli produk Anda secara online

Salah satu manfaat website bagi pebisnis yang banyak diincar UMKM adalah untuk meningkatkan penjualan. Apalagi biaya promosi melalui website masih tergolong murah dibandingkan biaya promosi di media lain.

Membangun Brand Awareness

Brand awareness perlu dibangun agar produk Anda semakin dikenal masyarakat. Ini juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan brand of voice. Setelah memiliki website, penjualan Anda mungkin tidak serta merta mengalami peningkatan. Namun, orang-orang menjadi lebih mengetahui tentang bisnis yang Anda jalankan. Brand Anda akan diingat dan bisa direkomendasikan kepada teman-teman mereka.

Membangun brand awareness perlu dilakukan dengan berbagai cara yang terintegrasi satu dengan yang lainnya, bisa melalui personal branding, media sosial seperti LinkedIn, dan sebagainya. Nah, adanya website juga menjadi salah satu faktor yang sangat berperan untuk membangun brand awareness.

sistem otomatisasi pelayanan pelanggan

Melayani Pelanggan

Kemampuan manusia untuk melayani pelanggan tentu terbatas dengan jam kerja. Namun, Anda dapat mengaktifkan layanan pelanggan yang dibantu sistem otomatisasi di website sepanjang waktu. Customer akan merasa lebih diperhatikan dan menjadi lebih nyaman berbisnis dengan Anda, mengingat Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan baik.

Manfaat website bagi pebisnis dalam hal melayani pelanggan ini sangat besar untuk mewujudkan sistem kerja yang efisien. Pelanggan dapat membaca sendiri informasi tentang produk, program promosi, ketentuan klaim, dan persyaratan pengembalian barang dari website. Bahkan Anda bisa pula melengkapi website bisnis dengan sistem order dan pembelian, keranjang belanja, dan proses pembayaran transaksi yang aman. 

Ada banyak manfaat website bagi UMKM jika website tersebut dibangun dan dikelola dengan serius. Jangan lupa melakukan optimasi website, sehingga website mudah ditemukan di mesin pencari besar seperti Google. Dengan memperhatikan performa dan kinerja website, bisnis Anda pun memiliki kemungkinan besar untuk bisa berkembang menjadi lebih baik dan mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Artikel Terkait

Ke Atas