Unduh Aplikasi QuBisa
Penggunaan Artificial Intelligence dan Penerapannya dalam Bisnis
Artikel
IT & Software

Penggunaan Artificial Intelligence dan Penerapannya dalam Bisnis

Monica Anggen24 Jan 234 menit membaca

Sadarkah Anda jika ada peran dari artificial intelligence  (AI) dibalik kecanggihan teknologi yang memudahkan manusia melakukan segala aktivitasnya. Hampir semua peralatan modern sudah mengaplikasikan AI. Guna artificial intelligence adalah membuat segala pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan efektif.

Lalu, seperti apa penggunaan artificial intelligence dan penerapannya dalam bisnis? Mari simak ulasannya sampai habis!

Pengertian Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah suatu sistem yang meniru kecerdasan manusia, kemudian diaplikasikan pada teknologi. Sistem kecerdasan buatan ini mampu melakukan banyak hal, layaknya manusia. Misalnya saja seperti analisis data, mengenal kondisi sekitarnya, memahami pola, dan menentukan keputusan.

Kemampuannya yang hampir sama atau bahkan melebihi manusia, membuat teknologi AI digunakan secara luas pada berbagai sektor. Sebab, bisa menunjang kinerja yang optimal.

artificial intelligence untuk bisnis

Apa Kegunaan Artificial Intelligence?

Melakukan Analisis Data

Guna artificial intelligence mampu menganalisis berbagai macam data, karena sistem di dalamnya menggunakan susunan algoritma. Sebagai contohnya, Anda melakukan pencarian mengenai fashion di mesin pencari. 

Sistem AI lalu mengumpulkan data untuk kemudian dianalisis. Hasilnya, saat Anda membuka media sosial, iklan mengenai fashion langsung bermunculan. Seperti itulah kerja kecerdasan buatan.

Mengolah Big Data

Teknologi tidak hanya mampu melakukan analisis data, tetapi juga mengolah big data

Memperbaiki Dokumen Secara Akurat

Salah satu guna artificial intelligence, yaitu mampu mendeteksi kesalahan pada dokumen dengan lebih baik. Kesalahan ejaan tulisan dapat langsung dideteksi kemudian diperbaiki oleh sistem AI. Ini sangat penting untuk mengetahui ketika suatu aplikasi mengalami error karena kesalahan input. 

Kegunaan Artificial Intelligence Bagi Bisnis

Penggunaan artificial intelligence mulai masif di berbagai sektor, salah satunya ekonomi dan bisnis. Perusahaan berskala kecil atau UMKM, menengah, hingga besar dapat mengambil keuntungan dengan menerapkan sistem AI. Berikut adalah beberapa manfaat dan penerapan artificial intelligence dalam bisnis.

Proses Pengolahan Data Lebih Optimal

Perusahaan membutuhkan analisis dan pengolahan data terbaik guna meningkatkan produksi maupun penjualannya. Keberadaan artificial intelligence sangat membantu suatu bisnis untuk melakukan beberapa hal. Sebut saja, mempelajari tren pasar, dan mengumpulkan data perilaku pelanggan. Hingga seberapa besar peluang belanja konsumen, dan masih banyak lainnya. 

Mendukung Layanan Pelanggan 24 Jam

Bisnis tidak akan sukses jika tidak mengutamakan kepuasan pelanggan. Baik dari segi pelayanan maupun kualitas jasa atau produk yang ditawarkan. Untuk pelayanan pelanggan atau customer service, perusahaan sangat terbantu dengan penerapannya pada AI. Pihak perusahaan dapat melayani pelanggan secara real-time selama 24 jam.

Layanan pelanggan dengan teknologi AI dapat menghemat anggaran biaya. Perusahaan tidak perlu menambah karyawan agar bisa melayani konsumennya selama 24 jam. Perusahaan hanya perlu menerapkan aplikasi berteknologi AI seperti virtual assistant, peta, lokasi tempat, layanan yang tersedia, dan lainnya.

Meningkatkan Penjualan Produk/Jasa

Iklan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan memperluas pasar dari produk suatu bisnis. Guna artificial intelligence di sini bisa berupa optimasi iklan melalui Google Ads Express dan lainnya agar pesan tersampaikan kepada target pasar.

Pemasangan iklan dengan bantuan AI sangat berguna untuk meningkatkan keterikatan konsumen dengan produk, meningkatkan loyalitas, hingga akhirnya meningkatkan jumlah penjualan atau konversi.

kegunaan artificial intelligence

Penggunaan artificial intelligence sangat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda. Apalagi saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Jika tidak menggunakan cara yang lebih canggih dan efisien, Anda bisa ditinggalkan pelanggan dan kalah bersaing dengan kompetitor.

Anda bisa meningkatkan keterampilan digital milenial  terkait AI ini melalui #BelajarGakRibet dengan QuBisa. Platform belajar online Indonesia yang bisa membantu Anda untuk upgrade keterampilan sukses milenial, maupun mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja (bagi mahasiswa) pada program QuBisa Goes to Campus.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua