Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Mentoring, Mentor, dan Mentee
Artikel
Career Development

Pengertian Mentoring, Mentor, dan Mentee

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Di dunia kerja, Anda mungkin sering mendengar kata mentoring. Mentoring adalah suatu program pendampingan yang ditujukan kepada karyawan untuk meningkatkan kompetensi tertentu. Apa itu mentoring dan apa fungsinya? Artikel QuBisa kali ini akan menjelaskannya untuk Anda.

Mengenal Apa Itu Mentoring

Sering yang terjadi, kebanyakan orang mengira mentoring sama dengan coaching. Padahal, ada perbedaan coaching, counseling, consulting, dan mentoring. Pada artikel kali ini, Anda akan lebih banyak mengenal mentoring dan fungsi atau manfaatnya saja. Sementara, ulasan lainnya bisa Anda baca pada kategori artikel di platform QuBisa ini.

Mentoring berasal dari Bahasa Inggris yang diartikan sebagai pendampingan. Menurut Oxford Dictionary, mentoring adalah sebuah praktik untuk membantu dan menasihati orang yang kurang berpengalaman selama periode waktu tertentu, terutama sebagai bagian dari program resmi di suatu perusahaan, universitas, dan lain-lain.

Namun, dalam praktiknya, tujuan mentoring tidak sesederhana hanya melakukan pendampingan saja, tetapi juga menggunakan pendekatan tertentu yang lebih luas. Pendekatan ini diharapkan dapat membangun hubungan antara mentor dan mentee untuk waktu yang panjang.

Seorang mentor harus memiliki kekuatan dan pengaruh terhadap mentee serta memiliki pengetahuan yang luas, sehingga mampu mendampingi mentee mencapai tujuan karir yang diinginkan. Dalam hal ini bisa dikatakan, mentor Anda adalah penentu karir Anda.

Mentoring juga dapat didefinisikan sebagai hubungan timbal balik dan kolaboratif yang seringkali dilakukan oleh karyawan senior dan junior. Tujuan utamanya, untuk pertumbuhan, pembelajaran, dan pengembangan karir mentee yang berfokus pada tujuan perusahaan, budaya, dan nasihat tentang pengembangan profesionalisme.

Mentor adalah seseorang yang kompeten di bidangnya untuk memberikan matering terkait hal atau kejadian tersebut

Program mentoring pada perusahaan biasanya dilaksanakan berdasarkan tujuan khusus yang telah ditentukan, ditetapkan dalam skala ukur tertentu, dan ditindaklanjuti perkembangannya.

Menurut DuBois dan Katcher (2005), “Mentoring adalah bentuk hubungan yang didasari oleh rasa kepercayaan yang terstruktur, yang melibatkan remaja di mana proses ini menawarkan bimbingan dukungan dan memberikan semangat yang bertujuan mengembangkan kompetensi dan karakter mentee.” 

Dalam buku berjudul Everyone Needs a Mentor yang ditulis oleh David Clutterbuck, menyatakan bahwa mentoring adalah ketika orang yang lebih dewasa dan lebih berpengalaman mewariskan pengetahuan yang dimiliki, terkait pekerjaan yang dilakukan dan cara mengoperasikannya dalam dunia komersial.

Mengenal Istilah Mentor dan Mentee

Dalam mentoring, ada dua istilah yang sering digunakan, yaitu mentor dan mentee. Mentor adalah seorang yang bijak, yang bisa berperan sebagai konselor atau guru yang dapat dipercaya untuk melakukan pendampingan kepada mentee.

Mentor biasanya seseorang yang lebih senior, dipercaya, dan memiliki pengalaman yang lebih dalam bidang pengembangan karakter. serta mampu membimbing junior dalam penguasaan bakat tertentu.

Selain berperan sebagai seorang pemimpin, mentor juga diharapkan bisa menjadi guru yang memberikan tugas tertentu kepada mentee, pendukung, konselor, pendorong dan sahabat untuk para mentee dalam pelaksanaan mentoring. Adakalanya, mentor galak. Tetapi, tentu galaknya mentor ada tujuannya.

manfaat mentoring  menggunakan materi mentoring

Seorang mentor yang baik dapat memberikan panduan untuk membantu mentee menjadi pribadi yang lebih baik di tempat kerja, mempelajari keterampilan baru, mengembangkan kepercayaan diri, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk perkembangan karir mentee secara keseluruhan.

Mentor sendiri juga harus terus memperluas sudut pandang dalam mendalami budaya dan karakter setiap generasi, memperdalam keterampilan teknis, kemampuan komunikasi intrapersonal dan interpersonal, serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

Sedangkan mentee adalah peserta, pelajar atau murid, yang mengikuti program mentoring. Mentee sangat berperan penting untuk menyukseskan program mentoring. Seorang mentee harus kooperatif, punya semangat kerja yang tinggi, mampu bekerja dalam tim, dan berani mengambil resiko untuk mencapai target utama dari program mentoring yang diikuti.

Dalam mengikuti program mentoring, seorang mentee terfokus pada wawasan pribadi dan tantangan intelektual yang akan diperoleh melalui interaksi dengan mentor. Mentee dapat melakukan dialog dari hati ke hati dengan mentor untuk menentukan perjalanan karir yang tepat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua