Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Kepercayaan Diri Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Artikel
Motivation

Pengertian Kepercayaan Diri Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Sepenting apa kepercayaan diri perlu dimiliki? Mungkin ini pertanyaan krusial yang paling sering melintas di kepala Anda. Faktanya, kepercayaan diri itu penting karena hidup Anda sedikit banyak ditentukan sebesar apa kepercayaan diri Anda. 

Hal ini sama seperti yang pernah dikatakan Mandy Hale dalam bukunya, “You will never gain anyone’s approval by begging for it. When you stand confident in your own worth, respect follows.” Secara bebas bisa diartikan, Anda tidak perlu mendapatkan persetujuan dari siapa pun tentang diri Anda. Tetapi, ketika Anda berdiri dengan percaya diri dan dengan harga diri Anda sendiri, maka rasa hormat dari orang lain akan datang dengan sendirinya.

Pengertian Kepercayaan Diri

Pengertian kepercayaan diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan tindakan tidak terlalu sering merasa cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan memiliki tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dilakukan. 

Kepercayaan diri juga bisa diartikan sebagai suatu sikap disertai penilaian atas kemampuan diri sendiri yang didasari dari pencapaian yang telah berhasil dilakukan sehingga memiliki kemampuan lebih dalam menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Orang yang percaya diri mampu mendorong dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya. 

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ada banyak hal yang mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Di saat yang sama, ada banyak cara pula yang bisa membantu Anda mengembangkan rasa percaya diri. Anda bisa mencarinya di internet, ikut kursus pengembangan diri, webinar gratis yang membahas mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri, atau berdiskusi dengan orang yang Anda percaya.

 

Berikut beberapa tips percaya diri yang bisa Anda lakukan agar hidup Anda lebih terarah dan Anda bisa memandang diri sendiri dengan lebih positif.

Lakukan Afirmasi Diri

Afirmasi diri adalah kata-kata motivasi yang Anda berikan untuk diri sendiri. Saat Anda merasa tidak mampu mengerjakan sesuatu, lakukan introspeksi untuk mencari tahu mengapa perasaan itu muncul, kemudian katakan kepada diri Anda bahwa Anda bisa. 

Anda juga bisa meminta bantuan supaya dalam mengerjakan sesuatu tadi menjadi lebih mudah. Jangan malu atau segan, karena proses belajar melakukan sesuatu akan jauh lebih cepat jika Anda memiliki mentor atau orang lain yang bisa dengan senang hati membantu Anda.

Pahami Cara Membandingkan Diri yang Benar

Membandingkan diri dengan orang lain atau suatu keadaan tidak selamanya berdampak negatif. Jika Anda membandingkan diri dengan pencapaian orang lain, lantas timbul keyakinan pada diri Anda bahwa Anda bisa menjadi seperti itu, maka perbandingan yang seperti inilah yang diharapkan. 

Dengan kata lain, Anda tetap bisa membandingkan diri Anda dengan orang lain untuk menjanjikannya motivasi atau pendorong semangat bahwa Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Namun, dalam proses perbandingan diri ini ada hal penting yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai pencapaian orang lain tadi malah membuat Anda down dan minder.

Cari Kelebihan Diri

Jika saat ini Anda sedang merasa kurang percaya diri, maka segera perbaiki rasa kurang percaya diri sebelum terlambat. Caranya, Anda bisa menggali dan mengenali potensi diri Anda sendiri dulu. Cari kelebihan-kelebihan yang Anda miliki dan terus kembangkan sampai Anda menjadi ahli. Anda juga bisa membangun kualitas diri Anda sehingga semakin lama Anda semakin fokus hanya pada kelebihan, bukan pada kekurangan diri.

Buatlah Rencana

Saat Anda dibebankan atas suatu pekerjakan, persiapkan segala hal yang terkait dengan matang. Misalnya, saat Anda harus melakukan presentasi hasil kerja kepada atasan, persiapan matang akan membuat Anda lebih percaya diri. Anda juga jadi tidak gugup karena Anda telah menyediakan semua data yang akan Anda paparkan.

Salah satu upaya meningkatkan rasa percaya diri, ada rencana yang telah Anda susun dengan matang, bahkan Anda sudah menyertakan setiap langkah yang hendak diambil untuk mewujudkan rencana tersebut. Jadi, buatlah rencana kerja, rencana karir, rencana hidup, rencana keuangan, dan lain sebagainya. Hidup dengan perencanaan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri pula. 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri Anda dan Anda harus mengidentifikasinya agar Anda bisa mencari solusi secepatnya. Rasa percaya diri dapat membantu Anda meningkatkan performa Anda dalam bekerja dan mengubah cara pandang Anda terhadap diri Anda sendiri.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua