Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Kata Sambutan dan Jenisnya
Teaching & Academics

Pengertian Kata Sambutan dan Jenisnya

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Sebelum memulai suatu acara, biasanya pembawa acara dan pihak-pihak yang berkepentingan akan memberikan kata sambutan atau opening speech. Kata sambutan bisa digunakan dalam pembukaan acara formal maupun nonformal. Jadi, apa sebenarnya kata sambutan ini? Yuk, cari tahu pada artikel QuBisa berikut!

Apa Itu Kata Sambutan?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata sambutan adalah pidato yang diucapkan pada acara perayaan, pesta, dan lainnya. Ya, arti kata sambutan atau opening speech merupakan kalimat yang penyampaiannya dilakukan sebelum acara utama dimulai. Umumnya berisi ucapan selamat datang dari pembawa acara dan dilanjutkan oleh pihak atau tokoh penting yang memberikan wejangan atau harapan untuk audiens.

Tujuan dari Kata Sambutan

  • Membuat audiens mengikuti arahan dari pemberian sambutan (Biasanya dilakukan oleh MC atau pembawa acara)
  • Memberi gambaran terkait acara inti.
  • Mendorong supaya kegiatan inti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
  • Memotivasi audiens untuk melakukan suatu tindakan.
  • Membuat acara tidak membosankan dan lebih hidup.

Jenis-jenis Kata Sambutan

  • Kata sambutan pembukaan, biasanya diucapkan oleh pemandu acara sebelum mempersilakan pemangku kepentingan memberikan sambutan resmi.
  • Kata sambutan pengarahan, yaitu kata sambutan yang bersifat mengarahkan audiens untuk mengikuti acara dengan sebaik mungkin. Biasanya dibacakan oleh pembawa acara.
  • Kata sambutan peresmian, bisa berupa pidato spontan tanpa teks atau menggunakan naskah pidato yang sudah dipersiapkan dalam selembar kertas.
  • Kata sambutan pertanggungjawaban, yaitu opening speech yang membuka suatu laporan pertanggungjawaban dalam acara atau kegiatan yang telah sedang maupun telah terselenggara.
Susunan atau struktur kata sambutan

Susunan untuk Kata Sambutan

Susunan atau struktur kata sambutan yang diberikan pemangku kepentingan terdiri atas 4 bagian, yaitu salam pembuka, pendahuluan, isi, serta penutup dan salam penutup.

Salam Pembuka

Dalam salam pembuka, untuk di Indonesia yang agamanya beragam, biasanya salam pembuka yang diucapkan terdiri atas beberapa jenis salam untuk semua umat beragama. Dari assalamualaikum, om swastiastu, namo budaya, dan salam sejahtera bagi kita semua. Lalu diikuti dengan ucapan terima kasih kepada pembawa acara atas kesempatan yang diberikan. Tak lupa ditambah ucapan salam kepada audiens atau hadirin, dan puji syukur.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, pemberi kata sambutan akan memberitahukan gambaran singkat atau pengantar terhadap inti masalah yang akan dibahas. Pada umumnya, isi pendahuluan berupa latar belakang, tujuan, rencana, dan lainnya.

Isi

Isi dari pendahuluan adalah materi utama dari kata sambutan yang ingin disampaikan. Anda bisa mengutarakan isi kata sambutan yang tidak perlu terlalu panjang, namun harus tetap memuat pokok pembicaraan.

Penutup dan Salam Penutup

Selesai dengan penyampaian isi opening speech, Anda bisa menambahkan penutup dalam kata sambutan. Isinya terdiri atas kesimpulan, pesan, atau harapan terkait kegiatan tersebut. Sementara itu, untuk salam penutup, Anda bisa melengkapinya dengan ucapan terima kasih atau ucapan selamat.

Metode penyampaian kata sambutan

Metode Penyampaian Kata Sambutan

Metode penyampaian kata sambutan tidak jauh berbeda dengan pidato, yaitu ada 3 metode penyampaian, seperti:

Metode Menghafal

Apabila Anda ingin memberikan kata sambutan yang durasinya singkat, maka gunakanlah metode menghafal. Anda bisa membuat membuat susunan kata sambutan terlebih dulu. Kemudian menghafalkan setiap kata atau kalimatnya. Metode ini terkesan profesional dan lebih fokus pada audiens.

Metode Spontan atau Serta Merta

Metode ini dilakukan secara spontan. Dengan kata lain, Anda harus menyampaikan kata sambutan tanpa persiapan. Umumnya metode ini sering digunakan oleh orang yang sudah berpengalaman dalam memberikan kata sambutan tanpa rasa gugup atau grogi.

Sering merasa gugup atau grogi saat public speaking atau presentasi? Yuk cari tahu penyebabnya dan cara mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum melalui kursus online gratis di aplikasi belajar online QuBisa:

Metode Naskah

Metode yang paling mudah untuk memberi kata sambutan adalah metode naskah. Anda hanya perlu menuliskan kata sambutan sesuai susunan kata sambutan secara umum. Kemudian membaca tulisan atau naskah dalam selembar kertas tersebut saat giliran memberikan sambutan tiba.

Tips Memberikan Kata Sambutan

  • Memperhatikan audiens yang hadir supaya Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa yang digunakan.
  • Ketahui durasi penyampaian kata sambutan. Jangan sampai terlalu singkat atau sebaliknya, terlalu panjang.
  • Gunakan pilihan kata yang akrab didengar atau menggunakan kalimat efektif supaya audiens lebih mudah memahami maksud Anda.
  • Menyesuaikan tujuan dan isi opening speech dengan tema kegiatan.
  • Selain menyiapkan susunan kata sambutan, Anda juga bisa mempersiapkan candaan supaya lebih menarik.

Itulah pengertian kata sambutan, tujuan, jenis, struktur, metode penyampaian, dan tips memberikan kata sambutan. Selain kata sambutan, dalam acara inti akan ada pidato atau public speaking yang mempresentasikan suatu materi. Untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan saat penyampaian materi utama bisa Anda pelajari dalam microlearning berikut:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua