Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian dan Manfaat Self Hypnosis
Artikel
Psychology

Pengertian dan Manfaat Self Hypnosis

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Pernahkah Anda mendengar istilah self hypnosis? Jika belum, maka pada artikel kali ini Anda bisa membaca mengenai pengertian dan manfaat self hypnosis? 

Self hypnosis adalah hipnotis yang dilakukan secara alami oleh diri Anda, semacam mensugesti diri sendiri. Realitanya, setiap individu dapat melakukan proses hipnotis secara mandiri sebanyak minimal dua kali sehari. Pertama, saat Anda bangun tidur di pagi hari, dan kedua, saat Anda ingin beranjak tidur.

Mengenal Self Hypnosis

Ada beberapa aktivitas atau kondisi yang tepat untuk melakukan sesi hipnotis atau trance ini dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda sedang menonton televisi, membaca buku, bermimpi, ataupun sedang fokus mengerjakan sesuatu, ini adalah waktu yang paling baik untuk memasukkan sugesti.

Dalam keadaan trance, pikiran Anda akan mudah menerima sugesti yang diberikan. Sugesti ini akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar serta mengakar di dalamnya. Inilah alasan mengapa di sepanjang jalan raya banyak terdapat papan iklan, spanduk, dan lain-lain. Karena Anda sedang berada dalam keadaan rileks saat berkendara dan pengiklan memanfaatkan kondisi ini. 

Pemasang iklan rela mengeluarkan uang jutaan rupiah dan mengurus perizinan hanya untuk menempatkan papan reklame di jalur yang ramai dilalui orang banyak karena mereka paham bagaimana menggunakan ilmu hipnotis untuk mempengaruhi pikiran manusia.

Manfaat Self Hypnosis

Ada banyak manfaat self-hypnosis yang bisa Anda dapatkan, mulai dari memperbaiki diri Anda, meningkatkan motivasi diri dengan metode self hypnosis, dan masih banyak lagi. Berbagai kekurangan diri, bahkan rasa trauma, dapat diubah dengan metode yang sangat luar biasa ini.

Di bawah ini penjelasan lengkap tentang beberapa manfaat self hypnosis untuk memperbaiki kondisi seseorang:

Menghilangkan dan Mengubah Kebiasaan

Self hypnosis merupakan salah satu metode yang sudah teruji untuk mengubah karakter manusia, membangun habit dan behavior baru untuk mencapai goals, menerapkan 7 habits of the most highly effective people, dan perilaku keseharian yang kurang baik atau tidak pantas. Bila Anda memiliki kebiasaan yang ingin diperbaiki atau dihentikan, seperti merokok misalnya, maka self hypnosis adalah jawabannya.

Hypnosis juga membantu menghilangkan pikiran negatif

Menghilangkan Pikiran dan Emosi Negatif

Apakah Anda sering memiliki pikiran negatif, bahkan emosi negatif yang belum bisa dikendalikan dengan baik, sehingga mempengaruhi interaksi Anda dengan orang lain? Contoh pikiran negatif, seperti: “Aku kurang baik” atau “Semua pria tidak dapat dipercaya?” 

Jika dibiarkan, konsep ini akan menimbulkan dampak negatif dalam hidup Anda. Lewat self hypnosis, Anda dapat memprogram pikiran bawah sadar untuk menghilangkan pikiran dan emosi negatif semacam ini secara lebih cepat dan permanen. Bahkan Anda bisa mengubah emosi negatif menjadi lebih positif

Untuk diketahui, pikiran negatif bisa mempengaruhi perilaku dan perkataan karena memang ada yang namanya rantai pikiran, perasaan dan perilaku. Pikiran dan perasaan negatif akan mempengaruhi perilaku Anda. Pikiran negatif juga akan mempengaruhi tutur kata Anda. Itulah kenapa perlu diubah dan diperbaiki dengan self hypnosis.

Memasukkan Sugesti Positif

Mampu memasukkan sugesti baru yang positif ke dalam pikiran bawah sadar Anda merupakan salah satu manfaat metode ini. Ini sama seperti Anda melakukan komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Apakah Anda ingin memiliki kualitas orang sukses? Apakah Anda bermimpi ingin meningkatkan keuangan dan taraf hidup Anda? Self- hypnosis merupakan jawabannya.

Mengurangi Rasa Sakit

Hipnoterapi kerap kali digunakan dalam dunia kedokteran untuk mengurangi rasa sakit. Apalagi pada zaman dahulu, metode terapi ini digunakan untuk melaksanakan pembedahan besar. Dalam perkembangannya, operasi kanker, usus buntu, maupun recovery setelah pembedahan, sangat terbantu dengan adanya self hypnosis.

Mengurangi Stres

Dengan self-hypnosis, Anda dapat mengurangi dan menghilangkan tekanan atau stres yang ditimbulkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini sekaligus membantu kondisi Anda menjadi lebih nyaman daripada sebelumnya. Dengan kata lain, self hypnosis bisa menjadi cara sederhana mengatasi stres atau stress management.

Self hypnosis dapat membantu mengurangi stres

Menurunkan Berat Badan

Percayakah Anda bahwa self-hypnosis juga bisa digunakan untuk menciptakan keyakinan tentang tubuh Anda, baik untuk menambah atau mengurangi berat badan. Jadi selain melakukan diet sehat, menjalankan program diet juga bisa menerapkan metode self hypnosis. Dengan self- hypnosis, efisiensi waktu dan tenaga akan lebih terjaga, meski hasil pada tiap orang juga berbeda. 

Bagaimana? Anda dapat memanfaatkan self- hypnosis untuk berbagai macam tujuan, bukan? Namun sebelumnya, Anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu tentang self- hypnosis ini. Selamat mencoba!

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua