Unduh Aplikasi QuBisa
Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat dan Cara Memulainya
Artikel
Strategy

Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat dan Cara Memulainya

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Ada berbagai jenis dan strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis. Salah satunya yang saat ini sedang menjadi tren adalah affiliate marketing. Pemasaran afiliasi menjadi salah satu strategi marketing yang paling efektif karena sudah banyak terbukti dapat meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis.

Bagi Anda yang baru pertama memulai bisnis dan ingin pengembangan bisnis berlangsung lebih cepat, pasti juga ingin tahu tips sukses memulai affiliate marketing, kan? Untuk itu, Anda bisa membaca artikel QuBisa kali ini hingga selesai. Namun sebelumnya, cari tahu juga secara lengkap mengenai pengertian affiliate marketing dan manfaat affiliate marketing bagi bisnis? 

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis yang menerapkan dan memberikan komisi kepada seseorang yang membantu dalam memasarkan produk. Proses pemberian komisi akan terjadi jika produk terjual atau transaksi telah benar-benar terjadi. Menurut perusahaan marketing CJ Affiliate, pemasaran dengan program afiliasi merupakan proses promosi bisnis dari tiga sisi yaitu, penjual, jasa afiliasi, dan konsumen.

Manfaat Affiliate Marketing

Mengembangkan bisnis dengan pemasaran afiliasi memiliki manfaat yang besar, di antaranya:

Proses yang Mudah

Menjalankan affiliate marketing tidak membutuhkan proses yang sulit. Anda cukup mencari seseorang yang mau bekerja sama menjualkan produk. Selanjutnya, untuk proses pemasaran diserahkan kepada pemilik jasa tersebut. Artinya, cara ini jauh lebih mudah prosesnya dibandingkan kalau Anda beriklan di internet yang menuntut Anda untuk melakukan riset kata kunci, menentukan target pasar, dan sebagainya.

Modal Kecil

Tidak seperti memasang iklan di Google Ads maupun media sosial yang membutuhkan biaya besar. Menerapkan strategi affiliate marketing membuat Anda cukup menyiapkan modal yang kecil, namun dapat mendatangkan keuntungan besar. Anda cukup menyediakan perangkat komputer, jaringan internet, dan satu karyawan yang bertugas merekrut orang-orang yang mau bekerja sama dalam memasarkan produk.

pengertian affiliate marketing adalah salah satu jenis digital marketing modal kecil

Anda baru membayar komisi kepada orang-orang tersebut setelah mereka berhasil menjual produk yang Anda promosikan. Perhitungan komisi biasanya sejumlah barang yang berhasil mereka jual.

Dapat Menjual Semua Produk

Karena affiliate marketing memerlukan pihak ketiga, maka seseorang yang bekerja sama dengan Anda dapat menjual produk yang dikehendaki atau semua produk dari bisnis Anda. Dengan sistem penjualan seperti jelas akan membuat usaha Anda mendapatkan keuntungan yang lebih bagus dengan biaya promosi yang lebih hemat. Bahkan keuntungan masih termasuk besar setelah dipotong dengan biaya pemasaran afiliasi.

Sistem dan Waktu yang Fleksibel

Anda dapat merekrut orang-orang yang mau bergabung dengan program afiliasi yang Anda selenggarakan kapan saja hanya dengan bermodalkan internet. Untuk sistem pun lebih fleksibel karena tidak mengikat.

Memberikan Tambahan Income

Di luar sana banyak yang tertarik mendapatkan penghasilan dari internet, namun tidak memiliki produk yang harus dijual. Program afiliasi memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mendapatkan komisi. Sehingga semakin banyak yang bergabung dengan bisnis Anda melalui program affiliate marketing, maka tidak menutup kemungkinan bisnis akan melejit tinggi dengan banyaknya produk yang terjual.

Jika Anda tertarik menjalankan model pemasaran afiliasi, berikut ini cara memulai affiliate marketing dengan mudah.

Tips Sukses Memulai Affiliate Marketing

Cara memulai affiliate marketing dalam mengembangkan bisnis hingga berhasil, yaitu dengan memperhatikan beberapa hal di bawah.

Memilih Afiliasi

Pemilihan program afiliasi dapat Anda tentukan berdasarkan jasa atau produk yang akan ditawarkan. Misalnya, komisi yang akan didapat sebesar 5 persen dari setiap produk yang terjual.

strategi mengembangkan bisnis dengan pemasaran afiliasi

Memilih Strategi yang Tepat

Dalam menerapkan affiliate marketing, Anda perlu memilih strategi yang tepat dan efektif. Hal ini bertujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat membatasi pengeluaran untuk program afiliasi. Anda sebagai penjual juga dapat menawarkan produk kepada pihak ketiga yang menyediakan jasa menyelenggarakan program afiliasi, sehingga Anda tidak perlu repot mengurusi pelaksanaan program ini sendiri.

Memiliki Produk yang Diminati

Jika jasa atau produk Anda banyak diminati oleh pelanggan, maka tidak ada salahnya mulai dari melakukan affiliate marketing. Bisa jadi karena program ini biasanya menawarkan beberapa produk sekaligus membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk lainnya bersamaan dengan ketika mereka membeli produk tertentu yang sudah biasa mereka beli.

Memberikan Sampel

Jika memungkinkan, berikan sampel produk kepada jasa afiliasi yang bergabung. Karena, jasa afiliasi akan membagikan pengalamannya menggunakan produk Anda. Cara ini dapat mendatangkan kepercayaan dari calon pelanggan baru yang baru saja mengenal produk Anda.

Memiliki Website

Untuk menjalankan program pemasaran afiliasi, Anda harus memiliki website. Jika belum ada, buatlah terlebih dahulu karena memiliki website yang terhubung pada produk-produk Anda merupakan langkah awal yang tidak boleh terlewatkan. Untuk Anda yang ingin membuat dan mengelola website sendiri, Anda bisa mempelajarinya dari beberapa kursus online gratis dan kursus online berbayar yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

Metode pemasaran dengan affiliate marketing bertujuan agar pelanggan potensial lebih mudah dijangkau. Selain itu, memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis karena tidak perlu repot mencari riset mengenai target konsumen yang mau dijangkau.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua