Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian dan Fungsi Budgeting dalam Mengelola Keuangan
Artikel
Strategy

Pengertian dan Fungsi Budgeting dalam Mengelola Keuangan

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Budgeting adalah salah satu proses penting dalam mengelola keuangan, baik untuk keuangan pribadi maupun perusahaan. Tanpa adanya penganggaran, Anda akan kesulitan mengontrol pengeluaran, mengetahui secara pasti kondisi keuangan Anda, melakukan kegiatan operasional, dan membuat keputusan keuangan yang lebih baik. 

Apa yang Dimaksud dengan Budgeting?

Budgeting berasal dari kata budget dalam bahasa Inggris. Artinya, anggaran atau rencana keuangan. Maka, pengertian budgeting adalah proses membuat, melaksanakan, hingga mengoperasikan anggaran keuangan. Meski berdasarkan perkiraan, penganggaran tidak sama dengan forecasting.

Di perusahaan atau organisasi, budgeting merupakan bagian dari kebijakan manajerial yang sangat berguna dalam penyusunan serta perencanaan jangka panjang, menghitung arus kas, modal belanja, dan manajemen proyek. Dalam melakukan proses penganggaran pun melibatkan proses analisis dan terperinci. Jadi, tidak hanya memperkirakan hasilnya di masa depan saja.

Fungsi Budgeting untuk Perusahaan

Ada banyak alasan mengapa perusahaan harus melakukan rancangan anggaran. Secara keseluruhan, menyusun budgeting akan membantu Anda dalam merencanakan berbagai kegiatan bisnis. Berikut beberapa manfaat rancangan anggaran menurut ahli dan secara umum.

budgeting membantu merencanakan kegiatan bisnis

Manfaat Budgeting Menurut Nafarin (2004)

  • Membantu perusahaan dalam menetapkan batasan jumlah dana yang diperlukan dan dikeluarkan.
  • Dasar hukum formal untuk menentukan sumber dana dan investasi.
  • Membantu manajemen terkait pemantauan sumber pendanaan dan rincian investasi dalam anggaran.
  • Membuat sumber dana rasional.
  • Menyelesaikan rencana yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Membantu manajemen untuk merancang, menganalisis dan mengambil keputusan dalam berbagai kegiatan bisnis perusahaan.

Manfaat Budgeting Lainnya

Sebagai Pedoman dalam Bekerja

Rancangan anggaran ini memberikan pedoman bagi perusahaan untuk beroperasi sesuai tujuan awal atau tujuan jangka panjangnya. Dengan menetapkan rencana anggaran yang terperinci, tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai, mengingat semua elemen dalam perusahaan akan berpatokan pada anggaran yang telah disusun sejak awal.

Selama proses membuat budgeting atau rancangan anggaran, Anda dapat bekerja sama dengan karyawan dengan posisi tertentu. Hal ini akan membantu mereka membangun tujuan yang sama, jadi lebih mudah berkoordinasi, mampu bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan tersebut.

Mengontrol dan Meminimalisir Pengeluaran

Membantu Mengontrol Pengeluaran dan Meminimalisir Penggelapan Dana

Tanpa adanya budgeting, perusahaan dapat menghabiskan lebih banyak uang dari yang seharusnya. Pengeluaran yang tidak terkontrol tentu berpotensi membuat perusahaan atau bisnis mengalami kebangkrutan atau fraud.

Di dalam perusahaan, adakalanya Anda tidak bisa menghindari risiko terjadinya penggelapan dana oleh oknum tertentu. Itulah sebabnya, Anda tetap perlu melakukan budgeting sebagai upaya untuk mencegah dan kontroling atas laporan keuangan perusahaan.

Penyusunan anggaran bertujuan untuk memberikan informasi mengenai sumber pendanaan dan investasi. Sehingga, tidak akan ada lagi dana over-budgeted, karena anggaran sudah disiapkan terpisah untuk setiap departemen. Cara ini juga berguna untuk mengurangi risiko terjadinya penipuan oleh pihak internal perusahaan. 

Selain pengeluaran, Anda bisa memperkirakan omset perusahaan berdasarkan anggaran yang ada. Jika omset tidak sesuai, Anda akan lebih mudah untuk memeriksa dan menemukan alasan ketidaksesuaiannya. Saat anggaran yang dikeluarkan tidak produktif menghasilkan keuntungan, manajemen juga bisa lebih cepat melakukan perbaikan.

Budgeting adalah proses membuat, melaksanakan, hingga mengoperasikan anggaran keuangan. Perusahaan yang menerapkan budgeting dalam proses bisnisnya akan bertahan lebih lama. Mengapa? Karena berguna untuk mengevaluasi anggaran untuk setiap periode berjalan dengan lebih sistematis.

Membutuhkan tips penganggaran keuangan pribadi maupun perusahaan? Anda bisa mencoba mempelajari materi e-learning tentang budgeting melalui aplikasi siap kerja QuBisa. Ada kursus online gratis, kursus online berbayar, hingga microlearning yang bisa membantu Anda membuat anggaran dan mengelola keuangan dengan baik:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua