Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Content Marketing dan Manfaatnya
Artikel
Content Marketing

Pengertian Content Marketing dan Manfaatnya

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Menerapkan content marketing menjadi sebuah tahap yang amat penting dalam upaya mempromosikan bisnis dan menerapkan strategi digital marketing. Pasalnya, pemasaran menggunakan konten banyak disukai karena memberi banyak manfaat bagi sebuah merek.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari sebuah konten yang Anda gunakan dalam melakukan promosi dan pemasaran, Anda harus membuat konten yang relevan, menarik, dan konsisten. Nah, apakah Anda sudah tahu apa itu content marketing? Apa saja manfaat dari content marketing dalam penerapan social media marketing?

Pengertian Content Marketing

Pengertian content marketing memiliki makna berbeda menurut beberapa sumber. Pengertian content marketing yang pertama datang dari Neil Patel yang berpendapat, content marketing dibuat dengan tujuan untuk membangun hubungan dengan audiens dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, konten harus dibuat secara konsisten dengan tema yang relevan agar menimbulkan perasaan membutuhkan dari audiens.

Sedangkan Forbes menyatakan content marketing menjadi strategi dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan, berharga, serta diunggah secara konsisten demi memikat perhatian target audience yang dituju.

Manfaat Konten dalam Strategi Marketing

Setelah membahas mengenai pengertian content marketing, berikut manfaat konten dalam strategi marketing yaitu :

Sebagai Sarana Marketing yang Efektif

Manfaat pertama penerapan content marketing tentu saja sebagai sarana marketing yang efektif karena dapat menyampaikan value produk kepada konsumen lewat cara yang lebih menyenangkan dibanding cara hard selling dengan menyodorkan produk secara langsung yang mengganggu.

manfaat content marketing sebagai sarana promosi yang efektif

Sebagai tambahan referensi mengenai cara promosi bisnis yang bisa Anda pelajari dan terapkan pada bisnis, ada beberapa kursus online di aplikasi belajar online QuBisa, seperti:

Media Promosi Jangka Panjang

Marketing konten sebagai media promosi jangka panjang mengingat setelah konten jadi, Anda bisa langsung menggunakannya berulang kali, tanpa batasan waktu, dan bisa digunakan untuk banyak platform. Hanya saja, Anda perlu melakukan riset secara mendalam agar konten yang dihasilkan bersifat evergreen atau abadi, berbeda dengan konten yang dibuat karena sesuatu yang viral.

Mampu Meningkatkan Kesadaran Merek

Konten yang dibuat pasti akan menampilkan profil produk, misal merek, tagline, value dan keunggulannya. Selain dapat dibagikan di mana pun tak terbatas pada banyaknya platform, Anda akan memperoleh manfaat dari menerapkan content marketing, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dari produk Anda.

pengertian content marketing yang mampu meningkatkan brand awareness

Saat sebuah produk sudah menjadi top of mind atau yang langsung diingat saat menyebut jenis produk tertentu, tentu proses pemasarannya akan lebih mudah. Penerapan berbagai strategi digital marketing juga diperlukan dalam hal ini. Untuk itu, Anda perlu menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman mengenai marketing dari beberapa materi e-learning berikut:

Meningkatkan Nilai Konversi

Bermula dari Anda yang rutin mengunggah konten media sosial, lambat laun konsumen akan mengenal produk Anda. Hal ini akan membentuk kesadaran merek atau brand awareness yang pastinya akan memberi pengaruh terhadap konversi, mulai dari peningkatan penjualan, penambahan jumlah followers, subscriber email berlangganan, dan sebagainya.

Nah, itulah pemaparan mengenai pengertian content marketing adalah, manfaat konten dalam strategi marketing serta tips memaksimalkan konten yang Anda unggah di media sosial.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua