Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Brand Image dan Cara Membangun Brand image Positif
Artikel
Branding

Pengertian Brand Image dan Cara Membangun Brand image Positif

Johana Novianti Hestriana24 Jan 235 menit membaca

Brand image adalah citra merek yang bukan sekadar logo. Brand image berkaitan dengan bagaimana konsumen memandang sebuah merek dalam benak mereka, sehingga menghasilkan persepsi. Terbentuknya persepsi ini karena interaksi dan pengalaman konsumen ketika menggunakan merek yang bersangkutan. Persepsi yang muncul bisa baik, buruk, atau netral. 

Philip Kotler, seorang pakar marketing menjelaskan bahwa brand image yang kuat bisa sangat menguntungkan bagi sebuah merek. Brand image yang baik membuat sebuah merek menjadi lebih berdaya saing. 

Indikator kuat tidaknya brand image adalah berdasarkan seberapa kuat ia melekat di benak konsumen. Misalnya, ketika hendak membeli produk mie instant, orang akan menyebut sebuah merek yang terkenal meskipun yang ia ingin beli sebetulnya merek lainnya. Begitu pula ketika kita ingin membeli produk air mineral, pasta gigi, pasti dengan otomatis kita menyebut merek tertentu. 

Bahkan, saking kuatnya suatu brand image, ada sebuah merek yang seakan-akan sudah menjadi produk itu sendiri. Contohnya untuk produk mie instant, air mineral, pasta gigi atau merek deterjen. 

Penting pula untuk diketahui bahwa brand image berbeda dengan brand identity. Jika brand image adalah pemahaman atau persepsi konsumen akan sebuah merek karena sudah berinteraksi, brand identity adalah usaha sebuah merek untuk dilihat oleh audiensnya. Bentuk brand identity, misalnya, desain, logo, penggunaan warna, dan sebagainya yang menyangkut identitas. 

Lalu, apa manfaat dari brand image dan bagaimana membangun citra merek yang positif? Simak ulasan berikut.

Manfaat Brand Image untuk Bisnis

Mengutip sejumlah sumber, berikut ini manfaat citra merek yang baik bagi pemasaran sebuah bisnis. 

Membuat kesan

Dalam banyak hal, kesan pertama sangatlah penting. Apalagi dalam bisnis. Kesan pertama ini bisa terbentuk dari seberapa menarik tampilan website Anda, bagaimana Anda berinteraksi dan merespons konsumen, kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan banyak indikator lainnya. 

Menunjukkan kapasitas

Biasanya brand image yang baik berbanding lurus dengan jam terbang dan pengalaman. Makanya, seiring berjalannya usaha, biasanya brand image akan terus meningkat. 

Mendapat pengakuan

Membangun brand image positif bukan hanya membuat logo dan slogan bisnis Anda menjadi dikenal, melainkan juga berkaitan dengan konsistensi, kualitas, dan keandalan usaha Anda. Brand image juga membantu Anda membangun kredibilitas akan merek. 

Cara Membangun Brand Image Positif

Adapun cara membangun citra merek yang positif antara lain:

Memanfaatkan media sosial

Media sosial menjadi sarana efektif untuk membangun citra merek yang positif. Selain itu, Anda juga bisa mengukur reaksi audiens atau konsumen Anda lewat like atau komentar di media sosial. 

Konten

Nah, media sosial tak akan berdaya tajinya kalau Anda tidak membuat konten yang menarik dan informatif. Selain itu pastikan konten bisa memberi dampak yang tahan lama di benak pelanggan. 

Search Engine Optimization (SEO)

Pastikan merek Anda mudah dicari melalui mesin pencarian. Jika Anda tertarik untuk mempelajari seluk-beluk SEO, Anda bisa mengikuti kursus di QuBisa bertajuk Panduan Mahir SEO Google untuk Pemula

Langkah Membangun Brand Image yang Kuat

Untuk membangun brand image yang kuat, Anda bisa memulainya dengan menerapkan sejumlah langkah berikut:

Kenali target konsumen

Dengan mengenali target konsumen, Anda menjadi tahu bagaimana karakter konsumen, apa yang membuat mereka tertarik, apa kebutuhan mereka, layanan yang mereka harapkan, dan lain sebagainya. 

Punya karakter

Untuk tampil menonjol di tengah ramainya bisnis online, Anda harus punya karakter. Ini tampak lewat visualisasi, isi konten, dan cara komunikasi di media sosial. 

Tentukan visi misi

Visi dan misi ibarat peta yang mengarahkan kemana tujuan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda jadi tahu jalannya dan apa yang harus dilakukan untuk menuju ke sana. 

Tetap humanis

Berkembangnya teknologi dan media sosial, membuat kita banyak bergantung pada mesin. Misalnya, penggunaan bot pada website online. Pekerjaan memang menjadi lebih praktis, namun sentuhan humanisnya berkurang. 

Supaya semakin mantab menyiapkan langkah membangun brand image positif, Anda bisa memperkaya ilmu dan wawasan melalui microlearning QuBisa berikut:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua