Unduh Aplikasi QuBisa
Pengembangan Bisnis dengan Menerapkan Digital Marketing
Artikel
Digital Marketing

Pengembangan Bisnis dengan Menerapkan Digital Marketing

Punto Wicaksono22 Feb 245 menit membaca

Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah digital marketing. Ya, pengertian digital marketing adalah kegiatan promosi dan pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform di internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Lalu, bagaimana cara menerapkan digital marketing untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan? Yuk, baca strateginya di bawah ini.

9 Strategi Digital Marketing Terbaru untuk Pengembangan Bisnis

Penggunaan media digital dalam kehidupan sehari-hari banyak manfaatnya. Salah satunya, memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Di saat yang sama, para pebisnis pun bisa memanfaatkan media digital, baik website maupun media sosial, untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, sekaligus untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis.

Apa saja strategi digital marketing terbaru yang sudah terbukti dapat membantu kamu mengembangkan bisnis? Lanjutkan membaca, yuk.

1. Konten yang Tepat untuk Menjangkau Pasar Online yang Luas

Kebiasaan masyarakat digital saat ini adalah mencari informasi sebanyak mungkin terlebih dahulu di internet, sebelum mereka mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu atau untuk memenuhi kebutuhan. 

Mereka juga akan membaca banyak tulisan maupun ulasan terkait suatu produk, layanan, jasa, maupun brand tertentu. Nah, demi menjangkau pasar online yang sangat luas, kamu bisa menggunakan konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis. 

Konten yang dimaksud di sini bisa berupa artikel evergreen yang dicari orang setiap waktu sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan mereka, infografis, image atau foto, bahkan video.

Dalam pembuatan konten, sesuaikan jenis konten dengan target pasar yang ingin dijangkau. Konten untuk generasi milenial jelas berbeda dengan konten untuk pasar profesional. 

Begitu pula kalau produk kamu adalah produk khusus wanita dan kecantikan, maka otomatis konten pun harus disesuaikan.

artikel evergreen yang dicari orang setiap waktu

2. Ciptakan Profesionalitas Bisnis

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki profesionalitas tinggi dan bisa dipercaya. Untuk bisa dipercaya, kamu butuh membangun branding bisnis. 

Lebih bagus lagi, kalau kamu juga membangun personal branding terkait siapa diri kamu dan apa peran kamu dalam bisnis yang dijalankan. 

Selain itu, buatlah segala sesuatu yang terkait dengan bisnis menunjukkan kinerja profesional, misalnya dengan memberi deskripsi dan informasi lengkap mengenai bidang usaha, jenis produk, layanan yang tersedia, lokasi usaha, nomor telepon atau email yang bisa dihubungi, dan informasi penting lain yang menunjukkan bahwa bisnis kamu memang benar-benar ada dan nyata. 

Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan, serta membuat bisnis terlihat kredibel dan profesional. Di saat yang sama, kamu jadi bisa mengembangkan bisnis dan brand menjadi besar.

3. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial dan Website

Semua bisnis bersaing di era digital, tak ingin ada yang tertinggal dan dilupakan. Itu sebabnya, kamu tidak boleh terlambat untuk menerapkan strategi digital marketing yang tepat sasaran.

Jangan sampai pelanggan berpindah ke kompetitor yang telah lebih dulu menerapkan pemasaran digital.

Agar tak tertinggal, mulailah belajar digital marketing, dan terapkan konsep digital marketing untuk memaksimalkan penggunaan kinerja website dan media sosial. 

Cari tahu juga bagaimana cara membuat konten digital yang interaktif, kekinian, dan disukai audiens. Selain itu, pelajari cara membangun website bisnis yang memiliki kredibilitas dan visibilitas tinggi, menerapkan teknik SEO, optimasi konten media sosial, dan sebagainya. 

Apabila belum memiliki pengetahuan mengenai itu semua, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan digital marketing, kursus online, webinar terbaik, atau ikut saja bootcamp digital marketing di QuBisa.

Kamu juga bisa sekalian belajar Java Fundamental Programming, bahasa pemrograman populer yang berguna untuk membangun website bisnis. 

Anggaplah dengan mengikuti pelatihan ini sebagai investasi karena ilmunya akan sangat berguna bagi pengembangan bisnis. Apalagi, memang ada banyak sekali manfaat digital marketing bagi bisnis

4. Personalisasi Konten

Personalisasi konten menjadi semakin penting dalam dunia digital untuk mendekatkan brand dengan konsumen.

Kamu bisa melakukan personalisasi konten dan membuat konten lebih relevan bagi konsumen, setelah melakukan analisis dan memahami preferensi dan perilaku mereka.

Teknologi seperti machine learning memungkinkan personalisasi konten secara otomatis, sehingga kamu dapat menyajikan konten yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan individu.

5. Gunakan Chatbots dan AI

Penggunaan chatbots dan kecerdasan buatan (AI) dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara real-time

Chatbots berguna untuk memberikan layanan pelanggan yang cepat dan efisien, menjawab pertanyaan umum, serta membantu dalam proses pembelian. 

Memanfaatkan teknologi Chatbot dan AI, kamu bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan proses komunikasi dengan konsumen.

6. Video Marketing Interaktif

Strategi digital marketing terbaru berikutnya yang bisa bantu pengembangan bisnis adalah menggunakan video interaktif.

Ketika kamu memanfaatkan video interaktif, maka kamu membantu audiens berpartisipasi secara aktif dalam konten yang mereka konsumsi.

Contoh, kamu bisa membuat video yang memungkinkan audiens memilih jalan cerita atau berinteraksi dengan elemen-elemen dalam video. Cara ini akan sangat efektif meningkatkan keterlibatan dan memperpanjang waktu tonton audiens.

7. Bekerja sama dengan Micro-Influencers

Micro-influencers, yaitu orang-orang yang memiliki jumlah pengikut yang relatif kecil, tetapi sangat terlibat dalam niche tertentu. 

Artinya, mereka memiliki kredibilitas dan pengaruh yang tinggi di antara audiens dan dapat membantu kamu menjangkau pasar yang lebih tersegmentasi dengan cara yang lebih otentik. 

Bekerjasama dengan micro-influencers dapat membantu kamu membangun brand awareness di kalangan audiens yang relevan.

pertahankan pengunjung website

8. Pengoptimalan Pengalaman Pengguna (UX)

Pengalaman pengguna (UX) yang baik adalah kunci untuk mempertahankan pengunjung website dan meningkatkan konversi. 

Maka, pastikan kamu mengoptimalkan UX. Caranya bisa dengan membuat desain website yang responsif, navigasi yang intuitif, waktu muat yang cepat, dan menu yang memudahkan audiens menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

9. Membangun Presence Online yang Kuat

Website merupakan wajah bisnis di dunia digital. Oleh karena itu, penting untuk memastikan situs web bisnis memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjungnya.

Di saat yang sama, jaga kehadiran bisnis di media sosial dengan konsisten membuat konten yang bermanfaat dan membangun interaksi dengan audiens.

Terapkan Strategi yang Tepat untuk Memenangkan Persaingan di Dunia Digital

Melalui penerapan konsep digital marketing, kamu bisa lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Syaratnya, kamu tahu cara memanfaatkan teknologi untuk memenangkan persaingan di dunia digital. 

Dengan visibilitas bisnis yang jelas dan dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen, jelas akan sangat membantu meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan.

Menariknya lagi, melalui marketing digital kamu bisa melayani semua pelanggan tanpa repot bertatap muka satu-satu. Efisien dalam menghemat waktu dan tenaga, pelayanan bagi konsumen pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun dibutuhkan.

Demikian bahasan mengenai pengembangan bisnis dengan menerapkan digital marketing. Jadikan strategi pemasaran digital sebagai cara terbaik untuk membuat bisnis terus mengalami pertumbuhan. Jika masih penasaran dan ingin lebih banyak mempelajari tentang digital marketing, cek di sini: Tips Belajar Digital Marketing yang Efektif.  

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua