Unduh Aplikasi QuBisa
Apa Sih Local SEO Itu?
Artikel
Digital Marketing

Apa Sih Local SEO Itu?

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Bagi para pelaku bisnis online, tak dipungkiri bahwa Google memang memberikan dampak yang cukup signifikan pada omzet usaha. Karena ketika semua orang menggunakan Google untuk mencari informasi dan menemukan website bisnis Anda, maka peluang terjadinya konversi pembelian jadi semakin besar.

Dengan catatan, website bisnis Anda menerapkan strategi keyword yang tepat sasaran dan banyak digunakan pelanggan untuk melakukan pencarian. Supaya kinerja website bisnis makin maksimal, Anda perlu tahu apa itu local SEO.

Apa Sih Local SEO Itu?

Pada dasarnya, pengertian local SEO adalah upaya memaksimalkan website bisnis agar visibilitasnya meningkat dalam penelusuran di lokasi terdekat dengan memanfaatkan search engine lokal. Contohnya ketika Anda tengah menulis kata kunci ‘restoran murah terdekat’ di Google, jika memang praktik optimasi SEO lokal ini sudah Anda terapkan pada website bisnis, maka ketika ada pelanggan yang melakukan pencarian restoran murah terdekat, Google bisa merekomendasikan konten di website bisnis Anda.

Tentu tidak semua website bisnis di lokasi sekitar pengguna internet akan muncul di pencarian. Alasannya, karena local SEO menggunakan tiga faktor utama yang menjadi indikator dan penilaian suatu konten jadi lebih unggul dibandingkan konten lainnya. Ketiga faktor tersebut, yaitu kedekatan, keunggulan, serta tentunya relevansi.

Mengapa Local SEO Penting untuk Diterapkan pada Website Bisnis?

Jadi, kalau Anda ingin website bisnis Anda direkomendasikan di halaman pertama pencarian ketika ada audiens atau calon pelanggan melakukan pencarian, maka Anda harus menerapkan teknik SEO lokal di mesin penelusuran dengan mengutamakan ketiga pilar tersebut.

Misalkan pengguna internet ada di wilayah Surabaya dan sedang mencari restoran murah di sekitarnya lewat Google, maka search engine bakal memberikan hasil restoran-restoran di kawasan Surabaya saja, tidak mungkin restoran di wilayah Banyuwangi atau Denpasar. Hal inilah yang akhirnya jadi penentu utama cara kerja local SEO karena memadukan cara-cara teknis dan kreatif dalam meyakinkan search engine untuk mereferensikan bisnis terdekat.

local seo dan teknik seo untuk konten

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah sebegitu pentingnya teknik SEO lokal ini diterapkan pada website bisnis milik Anda? Jawabannya adalah penting. Karena calon konsumen di sekitar lokasi memiliki peluang lebih besar untuk melakukan transaksi. Daripada Anda selalu melakukan promosi di media sosial dengan lingkup lebih luas, menerapkan teknik-teknik SEO lokal ke konten yang dimiliki, jauh lebih efektif dan efisien hasilnya.

Persiapan yang Wajib Dilakukan Sebelum Menerapkan Local SEO

Apakah local SEO ini bisa diterapkan secara serta merta untuk mengembangkan bisnis Anda? Tentu saja tidak. Ada persiapan yang wajib Anda lakukan, sebelum bisa menerapkan local SEO.

Miliki Website dengan Kinerja yang Sudah Baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki website dengan kinerja yang sudah baik, sudah dilakukan pembuatan landing page yang memikat dan bisa menarik perhatian calon pelanggan, sudah ada konten pula di dalam website bisnis. Konten berfungsi untuk memberi informasi yang mungkin saja dibutuhkan calon pelanggan untuk tahu produk, jasa, atau layanan bisnis yang Anda sediakan.

Jika saat ini Anda belum memiliki website, Anda bisa membuat sendiri website dengan mengikuti panduan yang sudah disediakan aplikasi belajar online QuBisa dalam bentuk kursus online dan microlearning:

strategi digital marketing yang ada dalam local search engine optimization

Terapkan Teknik SEO dan Pahami Local SEO dalam Digital Marketing

Kalau website bisnis Anda sudah jadi, maka hal berikutnya Anda perlu mulai menyiapkan berbagai konten pendukung yang bisa membantu pelanggan mendapatkan informasi mengenai brand Anda, termasuk produk, layanan bisnis, atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda perlu pula menerapkan teknik SEO, mulai dari SEO on page, SEO off page, juga local SEO.

Referensi untuk belajar online tentang Search Engine Optimization, bisa Anda dapatkan pula di platform belajar online QuBisa, antara lain:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua