Unduh Aplikasi QuBisa
6 Tips Penerapan Strategi Content Marketing yang Efektif
Artikel
Content Marketing

6 Tips Penerapan Strategi Content Marketing yang Efektif

Gilang Maulani24 Feb 234 menit membaca

Jika Anda adalah seorang pemilik usaha dan sedang menerapkan teknik digital marketing untuk mempromosikan brand, produk, maupun layanan bisnis, sangat penting untuk memahami bagaimana meningkatkan strategi content marketing di era digital. 

Misalnya dengan menentukan tujuan content marketing, memahami target pelanggan, mempelajari customer journey, dan sebagainya. Simak penjelasan lengkap bagaimana strategi content marketing yang efektif di artikel ini, yuk.

6 Cara Menerapkan Strategi Content Marketing

Menerapkan strategi content marketing tentunya tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang harus Anda ketahui dan pahami, di antaranya:

Tentukan Tujuan Anda Membuat Content Marketing

Sebelum membuat konten marketing, tentukan terlebih dahulu apa yang ingin Anda capai dari konten yang akan dibuat. Tanpa mengetahui tujuan dari pembuatan konten, Anda akan kesulitan mencapai hasil yang diharapkan. 

Analoginya seperti seorang traveler yang bepergian tanpa membawa peta, Anda mungkin akan kebingungan dan membuat konten yang tidak relevan. Oleh karena itu, menentukan tujuan yang jelas sangat penting sebelum memulai pembuatan konten.

Pahami Customer Journey dan Identifikasi Target Pelanggan

Memahami dan mengidentifikasi target pelanggan akan sangat membantu Anda dalam melakukan perencanaan dan penentuan strategi pemasaran yang efektif. 

Setiap produk memiliki target pelanggan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, isi produk A mungkin tidak sesuai dengan target pelanggan produk B.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari customer journey secara detail untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan.

mempelajari customer journey merupakan salah satu cara penerapan strategi content marketing yang efektif

Bagaimana caranya? Buat daftar profil pelanggan secara lebih spesifik, mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, minat atas produk, penghasilan, background, dan lainnya. Dari data tersebut, Anda bisa membuat content marketing yang sesuai dengan profil target pelanggan. 

Namun pastikan, Anda fokus pada pelanggan paling potensial, mengingat mereka yang memiliki kemungkinan besar memberikan kontribusi dalam bentuk transaksi penjualan.

Buat Konten Sesuai Tujuan dan Target Pelanggan

Setelah mengetahui tujuan dari pembuatan konten dan memahami target pelanggan, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang relevan dan berharga bagi pelanggan. 

Konten yang baik harus memberikan manfaat bagi pelanggan, menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan, dan menyajikan informasi yang lengkap dengan cara yang menarik.

Atur Pertemuan dengan Tim untuk Evaluasi Strategi Konten

Jadwalkan pertemuan rutin dengan tim content marketing setidaknya seminggu sekali. Dalam pertemuan tersebut, Anda dengan tim dapat melakukan evaluasi mengenai strategi yang sudah berjalan. Mana yang efektif dan mana yang perlu ditingkatkan atau diganti. 

melakukan evaluasi strategi konten bersama tim agar bisa membuat konten relevan

Tidak hanya itu, Anda dan tim dapat membahas tentang bagaimana mengalahkan pesaing. Cari kelemahan konten mereka agar bisa bersaing di halaman Google. 

Jangan lupa untuk selalu bertukar pikiran tentang topik yang ingin Anda kemukakan di masa mendatang. Langkah-langkah ini menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan strategi content marketing yang akan Anda terapkan.

Menyesuaikan Jenis Konten dengan Preferensi Pelanggan

Setelah mencatat semua strategi yang dibuat dan memahami audiens dengan baik, Anda akan menemukan model yang tepat untuk menerapkan strategi content marketing yang unik dan khas.

Selain itu, lakukan evaluasi secara berkesinambungan untuk mencari tahu kekurangan konten yang sudah tayang berdasarkan insight dan engagement. Kalau data menunjukkan konten belum relevan, segera lakukan perbaikan atau mengganti jenis konten. 

Hal yang perlu Anda pahami, tidak semua pelanggan memiliki preferensi yang sama terhadap jenis konten yang mereka konsumsi. Itu sebabnya, Anda perlu mencoba berbagai jenis konten, seperti artikel, video, infografis, atau Podcast. 

Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan memperbesar peluang untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Promosikan dan Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Setiap orang di dalam tim tentunya memiliki beragam ide dalam membuat konten yang berkualitas. Namun keberagaman ide saja tidak cukup. Anda tetap harus memahami cara mempromosikan dan mendistribusikan konten untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Karena jika Anda mendistribusikan ke target pengguna yang salah, konten yang Anda buat tidak akan efektif.

Terakhir, analisis dan evaluasi kinerja konten Anda secara teratur untuk mengetahui apa yang bekerja dan tidak bekerja. Dengan cara ini, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan dan meningkatkan kinerja

Dalam artikel ini, telah dibahas 6 cara menerapkan strategi content marketing yang efektif, yaitu dari menentukan tujuan, memahami target pelanggan, hingga melakukan evaluasi. Ingat, content marketing adalah proses yang berkelanjutan. Oleh karena itu, teruslah belajar dan mengembangkan strategi Anda agar tetap relevan dan efektif di era digital yang terus berubah. Supaya bisa menghindari kegagalan, terapkan juga Trik Content Marketing Anti Gagal.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua