Unduh Aplikasi QuBisa
Pemasaran Sosial Media Hemat Budget
Artikel
Social Media Marketing

Pemasaran Sosial Media Hemat Budget

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Apakah Anda pernah mengikuti atau following sebuah akun media sosial karena konten di dalam akun tersebut menarik dan informatif? Atau pernah membeli produk dan menggunakan jasa suatu brand di Instagram karena brand tersebut sering mengadakan giveaway di Instagram? Tahukah Anda, jika semua itu merupakan salah satu strategi social media marketing yang sedang dijalankan.

Pemasaran sosial media menjadi populer karena sangat dianjurkan untuk bisnis kecil dan menengah. Meski begitu, beberapa tahun belakangan bisnis besar pun banyak yang menggunakan metode pemasaran lewat sosial media. 

Hal ini karena melakukan promosi dan pemasaran lewat media sosial sangat hemat budget dan tidak membutuhkan biaya sebesar kalau Anda memasang iklan secara konvensional. Anda cukup membangun akun media sosial lengkap dengan konten berkualitas, dan jaringan internet yang lancar.

Tips Pemasaran Sosial Media yang Hemat

Bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis dengan hemat, namun tetap mendapatkan hasil yang optimal? Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Memilih Kepribadian Sosial Media untuk Bisnis 

Hal pertama yang mendasar untuk memulai social media marketing adalah memilih kepribadian untuk social media bisnis Anda. Jika Anda teliti, pasti bisa melihat sendiri perbedaan dari berbagai brand saat mengelola media sosial mereka. Ada brand yang menggunakan bahasa baku dan resmi. Ada juga brand yang menggunakan bahasa kekinian untuk menyapa followers.

Anda bisa menyesuaikan pemilihan kepribadian dengan target pasar dari produk Anda. Jika untuk remaja, maka gunakan bahasa yang santai dan kekinian. Namun jika target Anda adalah orang dewasa dan professional, maka pastikan Anda menggunakan bahasa yang resmi dan formal.

merumuskan strategi promosi merupakan bagian dari Pemasaran Sosial Media Hemat Budget

Merumuskan Strategi Promosi

Untuk pemasaran sosial media yang lebih mumpuni, sebelum memulai promosi harus ditentukan dulu strateginya. Setiap team marketing adalah team perang. Mereka akan bersaing dengan para kompetitor untuk mendapatkan lebih banyak pembeli dan membawa untung besar bagi perusahaan.

Melakukan promosi juga memerlukan momentum yang paling tepat dan tidak akan memberikan efek maksimal jika Anda terus menerus melakukan promo. Memang promo sangat menarik, tetapi jika terus dilakukan, pembeli pun merasa bosan dan tidak ada bedanya pada masa promo atau masa normal.

Merumuskan Strategi Konten

Membuat konten menarik juga menjadi salah satu model pemasaran media sosial yang hemat, namun efektif. Anda perlu mengetahui target pasar produk Anda tertarik pada model konten yang seperti apa? Apakah model video tutorial, video infografis yang menarik, atau mungkin konten giveaway?

Jangan salah, model konten giveaway Instagram juga memiliki daya tarik yang tinggi untuk menjaring calon pelanggan baru. Sering mengadakan giveaway kecil-kecilan, bisa menarik banyak follower baru, juga meningkatkan engagement dan berujung meningkatkan awareness produk, hingga konversi penjualan.

Buatlah Jadwal Posting yang Rutin

Setiap media sosial memiliki jam ramai mereka sendiri-sendiri. Anda harus mempelajarinya untuk menerapkan social media marketing yang paling tepat. Ketika jam-jam padat, itu berarti para pengguna membuka media sosial tersebut. Dan ketika Anda meluncurkan konten promosi di jam tersebut, besar kemungkinan iklan mendapatkan lebih banyak view.

Selain membiasakan mengunggah konten promosi di jam yang sibuk, juga harus rutin. Misalnya, setiap satu hari sekali, atau seminggu tiga kali, dan seterusnya. Hal ini membantu followers mengetahui kapan jadwal postingan Anda dan membuat media sosial yang bisnis Anda miliki terdeteksi algoritma mesin pencari.

social media marketing hemat biaya jika bekerja sama dengan influencer

Bekerja Sama dengan Influencer

Jangan sepelekan kerjasama dengan influencer, karena hasilnya luar biasa jika Anda memilih influencer yang tepat. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya, dan apa yang ia promosikan bisa terlihat menarik di depan para pengikut. Para followers pun akan tertarik dan membeli produk yang dipromosikan oleh influencer.

Hanya saja, sekarang banyak influencer modal beli follower, Anda harus berhati-hati dan mengecek kredibilitas mereka dari sesama bisnis yang sudah pernah bekerja sama dengan influencer tersebut.

Jalinlah Komunikasi yang Efektif

Lakukan komunikasi yang rutin dengan para followers media sosial Anda. Misalnya dengan mengajak mereka berkomunikasi dalam tiap postingan, membalas komentar mereka secara personal, dan lain sebagainya. Jika sebagai brand Anda mampu menjalin komunikasi dengan baik, maka pelanggan pun akan merasa dihargai dan menjadi lebih loyal terhadap brand Anda. Itulah salah satu ciri pemasaran media sosial yang berhasil.

Demikian beberapa tips social media marketing dan pemasaran sosial media hemat budget. Tentu sangat bermanfaat bagi bisnis kecil Anda yang baru dirintis. Selamat mencoba. Semoga sukses.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua