Unduh Aplikasi QuBisa
Peluang Bisnis Online di Era Digital bagi Mahasiswa
Entrepreneurship

Peluang Bisnis Online di Era Digital bagi Mahasiswa

Punto Wicaksono24 Jan 237 menit membaca

Di zaman digital, teknik marketing atau pemasaran pun sudah beralih ke dunia digital. Anda tak perlu repot-repot mencetak dan membagikan selebaran promosi bisnis di jalanan, sebab dengan mengunggahnya di media sosial pun bisa sampai ke target pembeli. Hal ini pula yang kemudian membuka peluang bisnis online di era digital bagi mahasiswa. 

Jika saat ini Anda masih berstatus sebagai mahasiswa dan ingin memulai bisnis atau ingin punya bisnis sampingan yang bisa dijalankan sambil kuliah, maka berikut ini beberapa bisnis online yang bisa Anda coba jalankan. Tapi ingat, sebelum memulai bisnis online di era digital ini, pastikan Anda sudah punya ilmu dan kompetensi untuk menjalankan bisnis dengan baik.

5 Peluang Bisnis Online di Era Digital bagi Mahasiswa

Layanan Jasa Digital Marketing

Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan digital marketing untuk mempromosikan bisnis mereka dengan cara memanfaatkan website atau pemasaran online. Nah, ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa dan ingin mendapatkan penghasilan. 

Anda wajib menguasai semua dasar dan teknik digital marketing. Pahami penerapan strategi digital marketing terbaik dan coba pasarkan layanan jasa digital marketing Anda pada kerabat, kenalan, atau saudara terlebih dahulu. Hasilnya nanti bisa jadi portofolio Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien. 

Apakah saat ini Anda membutuhkan pengetahuan untuk menguasai ilmu digital marketing? Belajar saja di aplikasi siap kerja QuBisa yang menyediakan berbagai jenis kursus online gratis dan kursus online berbayar tentang digital marketing. Beberapa rekomendasi kursus yang bisa Anda pelajari, misalnya:

banyak perusahaan yang membutuhkan digital marketing

Jasa Search Engine Optimization atau SEO

Semua orang saat mencari sesuatu di Google, Bing atau di Yahoo, pasti mengandalkan kata kunci. Dengan memanfaatkan kata kunci tersebut, maka suatu website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, dan menjawab apa pun pertanyaan atau informasi yang Anda butuhkan.

Nah untuk bisa mengetahui kata kunci yang tepat dan paling banyak digunakan para pengguna internet, Anda harus paham teknik SEO dan riset kata kunci. Ada banyak tools yang memungkinkan Anda melakukan pencarian kata kunci, namun tetap saja Anda harus paham dulu SEO dasar. Setelahnya, SEO akan membantu website bisa ditemukan dengan mudah di halaman pencarian search engine. 

Mungkin saat membaca ulasan ini, semuanya terlihat mudah. Faktanya, tidak semua pemilik website memahami SEO. Itu makanya, peluang membuka jasa SEO masih bisa Anda coba lakukan. Anda bahkan bisa mendapatkan klien yang menggunakan jasa Anda dengan menerapkan teknik yang sama. Alangkah lebih baik untuk bisa menekuni bisnis online yang satu ini, Anda bekerja sama dengan digital agency atau berkolaborasi dengan para web developer.

Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah peluang bisnis online di era digital yang bisa dijalani mahasiswa sambil kuliah. Anda bisa membuat website dari rumah atau dari kamar kost Anda. Kemudian setelah website jadi, Anda tinggal menjualnya kepada para pemilik bisnis, mulai dari bisnis skala kecil seperti UMKM, bisnis skala menengah, bahkan bisnis besar. 

Menguasai ilmu pembuatan website di masa revolusi industri 4.0 ini juga sangat mudah. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak dari berbagai referensi yang tersedia di internet, belajar dari tutorial yang ada di YouTube, atau dengan mengikuti kursus online mengenai cara membuat website, seperti:

Jasa pembuatan website, peluang bisnis online di era digital

Manajemen Konten  

Ketika sudah memiliki website, tantangan lainnya adalah menyediakan konten yang akan diunggah, baik dalam bentuk artikel, image atau foto, juga infografis. Di saat yang sama, kebutuhan akan konten untuk ditayangkan di media sosial juga meningkat. Di saat yang sama, tidak semua orang bisa membuat konten yang menarik, unik, dan memikat. Peluang inilah yang harus Anda manfaatkan dengan membuka jasa manajemen konten sekaligus jasa pembuatan konten untuk website maupun media sosial.

Harga yang Anda tawarkan untuk bisnis online di era digital ini bisa beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan yang Anda miliki, tingkat kesulitan dalam pembuatan, atau menyesuaikan dengan harga pasar yang sudah ada lebih dulu.

Graphic Designer

Layanan lain yang juga masih berpotensi besar untuk mendatangkan penghasilan bagi mahasiswa, dan bisa dikerjakan sambil kuliah, misalnya menjadi graphic designer. Profesi yang satu ini bisa dijalani dengan sistem freelance atau sebagai pekerja lepas di beberapa perusahaan sekaligus. 

Untuk bisa menjadi seorang graphic designer handal, yang mampu memenuhi kebutuhan klien akan banner, poster, selebaran digital, konten marketing, ilustrasi iklan, dan sebagainya, Anda perlu menguasai ilmu desain yang mumpuni. Jika saat ini Anda masih dalam tahap belajar desain, coba lengkapi pengetahuan dan kompetensi Anda serta tingkatkan keahlian desain dengan mempelajari beberapa teknik desain berikut ini:

Masih banyak peluang bisnis online di era digital bagi mahasiswa, yang bisa dikerjakan sambil kuliah, dan tetap bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. 5 contoh peluang bisnis pada artikel QuBisa ini hanya sebagian kecil. Nantikan ulasan mengenai berbagai jenis bisnis online yang bisa dikerjakan mahasiswa di artikel lain dalam platform belajar online Indonesia ini. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua