Unduh Aplikasi QuBisa
Pelatihan Digital Marketing: Arti, Materi, dan Di mana Bisa Belajar
Artikel
Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing: Arti, Materi, dan Di mana Bisa Belajar

Punto Wicaksono12 Feb 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Pelatihan digital marketing adalah program pelatihan dengan fokus pada pengajaran mengenai digital marketing, untuk menciptakan tenaga kerja unggul yang paham pemasaran digital. 

Cari tahu materi apa saja yang akan kamu pelajari dalam pelatihan ini, dan rekomendasi kursus digital marketing terpercaya di artikel ini, yuk.

Pengertian Digital Marketing.

Sebelum membahas mengenai pelatihan digital marketing, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu digital marketing. 

Jadi, digital marketing adalah usaha atau kegiatan untuk mempromosikan produk, brand, layanan bisnis, atau jasa, dengan memanfaatkan media digital untuk menjangkau konsumen yang tepat sasaran.

Intinya, digital marketing merupakan kegiatan promosi yang dilakukan di media digital. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut tentang kursus digital marketing atau bootcamp digital marketing bersertifikat dan ada jaminan kerja dengan klik banner di bawah ini.

Arti Pelatihan Digital Marketing.

Pelatihan digital marketing adalah suatu bentuk pembelajaran yang berfokus pada strategi pemasaran online. 

Dalam pelatihan ini, kamu akan belajar memahami dan mengimplementasikan berbagai konsep pemasaran digital guna meningkatkan visibilitas dan reputasi bisnis secara online. 

Tujuan utama dari pelatihan digital marketing adalah memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek pemasaran online, mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), influencer marketing, hingga penggunaan iklan berbayar dan email marketing.

Biasanya di dalam pelatihan, kamu juga akan belajar cara merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran online yang efektif. 

Materi-materi yang diajarkan melibatkan berbagai keterampilan, termasuk analisis data digital, riset kata kunci, pembuatan konten yang menarik, dan manajemen kampanye iklan berbayar.

Bahkan di dalam pelatihan, kamu juga akan mempelajari tentang algoritma mesin pencari, seperti Google, serta bagaimana memanfaatkan aset digital yang brand miliki secara optimal demi bisa mencapai tujuan dari penyelenggaraan digital campaign.

Pelatihan Digital Marketing Berupa Apa Saja?.

Saat mengikuti pelatihan digital marketing, kamu akan mempelajari berbagai konsep dan strategi terkait digital marketing yang bisa meningkatkan visibilitas dan reputasi brand secara online. 

Nah beberapa materi yang umumnya bisa kamu dapatkan saat mengikuti pelatihan maupun kursus digital marketing, antara lain:

1. Search Engine Optimization (SEO).

Search Engine Optimization atau SEO adalah kegiatan optimasi situs web agar mendapatkan peringkat terbaik pada halaman pencarian SERP (mesin pencari). 

Kamu akan belajar tentang riset keyword, membuat content planning, perbaikan struktur website dengan teknik SEO, cara mempromosikan situs dengan strategi SEO Off-page, dan meningkatkan performa website menggunakan SEO On-page.

2. Social Media Marketing.

Pembelajaran mengenai social media marketing akan membantu kamu memahami cara mempromosikan produk dan layanan melalui media sosial.

Selain itu, kamu juga akan belajar cara mengidentifikasi platform yang paling sesuai dengan audiens target, strategi konten, analisis tren, serta cara membangun interaksi sosial di media sosial dengan calon konsumen. 

3. PPC (Pay-Per-Click) untuk Digital Marketing.

PPC adalah model iklan di mana kamu perlu membayar setiap kali seseorang mengklik iklan yang kamu pasang, baik menggunakan Google ads, Facebook ads, Instagram ads, dan sebagainya. Ini membutuhkan keterampilan khusus supaya budget iklan tidak boncos.

Maka dalam pelatihan pemasaran digital, kamu akan belajar cara menentukan anggaran iklan yang efisien, menargetkan kata kunci yang paling produktif, dan mengoptimalkan landing page agar potensi konversi bisa optimal.

Selain itu, pengetahuan mengenai cara menggunakan alat pembuatan iklan dan penyusunan strategi penargetan juga penting demi bisa memaksimalkan hasil dari setiap klik.

4. Materi Pelatihan Digital Marketing Lainnya.

Selain 3 materi di atas, umumnya pelatihan digital marketing lainnya juga menyediakan materi pembelajaran yang cukup lengkap, tergantung platform penyedia pelatihan yang kamu pilih. Beberapa materi lain yang juga bisa kamu pelajari, seperti:

- Penyusunan Strategi Digital Marketing.

Kamu akan mempelajari cara merancang strategi pemasaran digital yang efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis. 

Mulai dari melakukan identifikasi target audiens, penentuan platform pemasaran yang sesuai, dan penggunaan alat analisis untuk memahami perkembangan kampanye.

- Email Marketing.

Pelatihan digital marketing yang satu ini berkaitan dengan keterampilan untuk membuat strategi pengelolaan daftar email kontak, cara menerapkan lead generation, personalisasi pesan, dan cara mendesain kampanye email yang menarik dan efektif. 

- Content Marketing.

Pelatihan pemasaran digital yang berfokus pada materi content marketing membantu kamu mempelajari berbagai jenis konten yang interaktif dan berkualitas tinggi, serta menentukan topik yang paling relevan.

Kamu juga mempelajari cara menyajikan konten dengan cara yang menarik. Prinsipnya, kamu akan belajar bagaimana bisa memaksimalkan pemanfaatan berbagai format konten untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin.

- Mobile Marketing.

Materi ini berisi pembelajaran mengenai cara mengoptimalkan kampanye pemasaran untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet

Materi pembelajaran digital marketingnya akan berfokus pada penggunaan aplikasi, responsif desain web, dan strategi pemasaran khusus mobile untuk menarik perhatian audiens yang terhubung secara mobile.

- Web Analytics.

Analisis data menggunakan web analytics menjadi materi pelatihan berikutnya yang juga penting. Materi ini berisi pemahaman mengenai peran web analytics dalam mengukur efektivitas setiap strategi pemasaran digital. 

Di saat yang sama, kamu akan belajar cara menggunakan alat analisis web, interpretasi data, dan tindakan yang dapat diambil berdasarkan hasil analisis untuk meningkatkan kinerja kampanye.

Di mana Kita Bisa Belajar Digital Marketing?.

Jika berminat untuk belajar digital marketing dan sedang mencari kursus atau kelas digital marketing, kamu bisa lho ikut dulu berbagai webinar terbaik, seperti:

Mengikuti webinar terbaik di QuBisa semuanya berbiaya terjangkau lho. Tinggal kamu mau atau tidak meluangkan waktu untuk belajar. Yuk, langsung daftar dan ikuti webinarnya ya. Jangan lupa, cari tahu juga cara Belajar Digital Marketing: Materi yang Dipelajari & Tipsnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua