webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

LIHAT DETAIL

Menyeimbangkan Passion, Talent dan Purpose Anda

Motivation | 19 Jul 4 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Selengkapnya Sembunyikan
Menyeimbangkan Passion, Talent dan Purpose Anda

Ada yang bilang ketika Anda terjun ke dunia kerja, maka kehidupan yang Anda jalani tidak akan seindah yang Anda bayangkan. Adakalanya Anda terpaksa bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang Anda miliki. Bekerja dengan meninggalkan passion demi memperoleh penghasilan. Akhirnya membuat passion, talent, lebih-lebih purpose jadi berantakan. Tunggu, memang apa sebenarnya pengertian passion, talent dan purpose itu sendiri?

Menciptakan Work Life Balance dengan Menyeimbangkan Passion, Talent, dan Purpose

Bagi para pekerja pemula, terutama kalangan fresh graduate, memahami pengertian passion, talent, dan purpose sangat penting demi kedamaian hidup. Ketika ketiga hal ini bisa berjalan seiringan, Anda tentu akan menjalani pekerjaan dan kehidupan dengan hati yang bahagia.

Agar makin paham, berikut ini pengertian passion, talent, dan purpose, beserta contohnya yang dihubungkan dengan pilihan pekerjaan serta kehidupan secara jangka panjang.

Passion

Pengertian passion adalah sesuatu yang dikerjakan tanpa paksaan, dan tentunya ikhlas sekalipun dilakukan secara terus-menerus karena memang merupakan gairah yang membuat Anda semakin bersemangat. 

Lantaran merupakan gairah hidup, passion bisa pula dikatakan sebagai wujud keinginan yang membara dengan disertai keyakinan kuat sehingga tujuan Anda dapat tercapai dengan terukur alias purpose of life.

Bekerja sesuai passion

Contoh penerapan passion dalam dunia kerja atau dalam profesi yang Anda tekuni, misalnya:

Talent

Talent atau bakat adalah potensi yang sudah Anda miliki. Jika digambarkan sebagai tanaman, talent adalah bibit yang belum berkembang. Namun ada juga yang menilai talent sebagai kemampuan khusus dan unik yang ada di masing-masing manusia, sehingga cenderung stabil dan tentunya menetap

Banyak yang beranggapan potensi yang sudah ada di dalam diri akan berkembang dengan sendirinya. Pendapat ini tentu saja kurang tepat. Bakat atau potensi harus terus diasah, sehingga melengkapi pengetahuan dan keterampilan Anda. 

Agar Anda bisa memahami lebih jauh mengenai potensi diri dan bagaimana cara mengembangkannya, pelajari lebih lanjut di kursus online pada aplikasi belajar online QuBisa, antara lain:

Purpose

Purpose merupakan tujuan yang ingin dicapai dengan berdasarkan sebuah alasan kuat. Misalkan saja, Anda ingin bisa memiliki rumah dan kendaraan pribadi sebelum berusia 35 tahun, Anda ingin meraih jabatan manajer sebelum berumur 40 tahun. Semua itu adalah purpose atau tujuan yang membuat segala sendi kehidupan Anda bergerak demi mewujudkannya

Fokus pada tujuan yang ingin dicapai

Kalau dikaitkan dengan kehidupan profesional di dunia kerja, pengertian passion, talent dan purpose di atas tentu akan membuat Anda berada pada posisi yang diinginkan. Misalkan saja Anda mempunyai passion traveling dan berbakat dalam fotografi. Kedua hal itu bisa membuat Anda bahagia menjalani hidup, memperoleh penghasilan dan menetapkan purpose seperti keliling dunia sebelum menikah.

Artikel Terkait

Ke Atas