Unduh Aplikasi QuBisa
Panduan SEO Off Page untuk Optimasi Website
Artikel
Web Development

Panduan SEO Off Page untuk Optimasi Website

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas terkait penerapan teknik SEO akan memudahkan Anda yang berkecimpung di dunia bisnis digital, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai digital marketer, pemilik website, atau Anda yang mau meningkatkan kinerja website bisnis. Kinerja website yang dimaksudkan di sini, antara lain mendatangkan lebih banyak audiens, meningkatkan traffic organic website, mendapatkan posisi terbaik pada halaman pencarian, mengupayakan terjadinya peningkatan penjualan serta konversi, dan masih banyak lagi.

SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya sebuah metode untuk optimalisasi kinerja website. Hanya saja untuk bisa merasakan manfaat dari penerapan strategi SEO yang tepat, Anda perlu memaksimalkan pula yang namanya SEO off page, selain tentu saja tahu cara kerja SEO on page. Nah, apa itu SEO off page dan bagaimana cara optimasi website menggunakan teknik SEO off page?

Strategi SEO Off Page untuk Meningkatkan Traffic Website

Membuat website, terutama situs web bisnis, bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, Anda membutuhkan website berkualitas agar banyak orang tertarik untuk mampir, baik mencari informasi, menemukan produk dan melakukan pembelian, atau mencari solusi untuk permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Itulah sebabnya, Anda membutuhkan strategi SEO yang efektif agar pengunjung website meningkat dan website Anda dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Jika muncul di halaman pertama, otomatis akan lebih banyak pengguna internet yang melakukan klik, masuk ke situs web Anda, kemudian melakukan interaksi maupun konversi yang Anda harapkan.

Agar website berjalan optimal dan dapat menarik lebih banyak pengunjung, Anda perlu memperhatikan dua teknik SEO berikut ini:

  • Optimasi dari dalam website biasa disebut SEO on page.
  • Optimasi dari luar website atau SEO off page.

Kadang, orang hanya memikirkan optimalisasi dari dalam website. Padahal, SEO off page memiliki pengaruh yang besar dalam upaya meningkatkan traffic website. Namun tentu saja dalam penerapannya, tetap membutuhkan pembenahan secara SEO off page demi memaksimalkan score dan algoritma website.

teknik seo on page dan off page untuk optimasi website

Cara Menerapkan Strategi SEO Off Page

Maksimalkan Link Building

Anda pasti pernah mendengar istilah link building. Metode link building merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk membangun jaringan referensi yang merujuk ke website Anda dari berbagai website lain dengan authority yang bagus. Caranya, Anda perlu menanam link yang diarahkan ke website Anda pada website lain. 

Jika masih bingung, simak contoh berikut. Misalnya, Anda memiliki website bisnis jualan baju. Untuk mengoptimasi website tersebut, Anda dapat menanam link pada website lain, seperti web “Referensi Toko Online” yang ada hubungannya dengan jualan baju.

Dari web bernama “Referensi Toko Online” tadi ada konten yang menjelaskan keberadaan website Anda, produk dan informasi terkait situs bisnis Anda, disertai adanya link rujukan yang akan memudahkan orang langsung menuju ke website bisnis milik Anda hanya dengan melakukan klik pada link rujukan yang telah disediakan.

Dengan adanya link rujukan yang mengarah ke situs web Anda dari berbagai website lain, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  • DA atau Domain Authority mengalami peningkatan berdasarkan total backlink secara keseluruhan yang telah Anda bangun. Makin tinggi DA, authority website tersebut semakin bagus.
  • Jenis link bisa berupa dofollow maupun nofollow, dan keduanya tetap diperhitungkan Google untuk menentukan apakah website Anda memiliki tingkat kepercayaan yang bagus, apakah layak direferensikan di halaman pencarian, menentukan performa web, dan sebagainya.
  • Anchor text merupakan kata atau frasa yang menjadi tempat menyisipkan link sebaiknya berupa kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi, namun dengan angka persaingan kecil, sehingga dapat membuat konten maupun website Anda mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari.
  • Adanya backlink yang dibangun dengan baik sudah tentu dapat meningkatkan traffic menuju ke website Anda, dan hal ini sudah tentu memiliki peluang untuk terjadi konversi.
optimasi situs web bisnis melalui link building penerapan seo off page

Manfaatkan Listing Bisnis

SEO off page untuk meningkatkan traffic website berikutnya bisa dengan cara memanfaatkan listing bisnis. Tentunya disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalkan Anda berbisnis makanan, maka pilih listing business yang ada hubungannya dengan kuliner.

Anda juga dapat memasukkan dan memanfaatkan listing bisnis yang sekarang sedang gencar, seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan masih banyak lagi. Dengan listing bisnis yang bagus dan pengelolaan yang baik, pengunjung akan betah dan pelanggan bertambah secara signifikan.

Daftarkan Website ke Bisnis Google

Google juga memiliki listing bisnis yang disebut Google My Business. Jika Anda memiliki bisnis yang butuh dipromosikan, daftarkan saja ke listing bisnis milik Google ini. Caranya sangat mudah. Anda tinggal mendaftarkan bisnis Anda ke website GMB, lengkapi data berupa nama bisnis, alamat, hingga nomor telepon. Jangan lupa untuk mencantumkan jam buka dan tutup bisnis Anda.

Menariknya lagi, listing bisnis dari Google ini dapat ditautkan dengan maps, sehingga orang tak akan bingung mencari lokasi fisik atau tempat bisnis dijalankan. Dengan cara ini, bisnis Anda bisa dikenal luar oleh masyarakat dan otomatis akan meningkatkan brand awareness.

Kesimpulan yang bisa Anda ambil di akhir tulisan ini, penerapan strategi SEO off page secara optimal akan berdampak luar biasa bagi website. Selain itu, pengoptimalan SEO pada website bisnis juga dapat membantu bisnis lebih meningkat. Konsumen dan pelanggan juga jadi lebih mudah menemukan informasi terbaru dari bisnis Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua