Panduan Dasar Teknik SEO bagi yang Baru Belajar SEO

Web Development | 22 Nov 5 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
Panduan Dasar Teknik SEO bagi yang Baru Belajar SEO

Bagaimana caranya sebuah halaman atau suatu website berada di halaman pertama pencarian Google? Mungkin pertanyaan inilah yang mengantarkan Anda melakukan pencarian di mesin pencari untuk menemukan jawabannya, dan kemudian menemukan artikel QuBisa ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat halaman website muncul di page one Google saat Anda mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan pada website bisnis maupun website personal agar direkomendasikan Google di halaman pertama adalah menggunakan teknik SEO. Hanya saja, Anda harus punya dasarnya dulu untuk bisa menerapkan teknik ini dengan benar. Nah, pada artikel ini, mari kita belajar bersama hal-hal dasar dalam SEO.

Panduan Dasar Teknik SEO bagi yang Baru Belajar SEO

Masih banyak orang yang belum benar-benar paham mengenai SEO, kemudian beranggapan kalau menerapkan teknik ini untuk optimasi website merupakan sesuatu yang rumit. Padahal tidak juga, asalkan Anda paham dulu, apa itu SEO? Hal-hal dasar apa saja dalam SEO yang harus Anda pahami sebelum dapat menerapkannya dengan baik?

Mari kita jawab satu-satu pertanyaan tersebut. Pertama, apa itu SEO? Pengertian SEO atau search engine optimization adalah suatu strategi optimasi website atau situs, yang terdiri dari SEO on page dan SEO off page, serta bekerjanya harus sesuai dengan algoritma Google yang berlaku pada waktu tersebut.

Lalu, hal-hal dasar apa saja dalam teknik SEO yang harus Anda pahami terlebih dahulu kalau Anda baru saja mengenal dan sedang mempelajari SEO?

Dasar Teknik SEO yang Wajib Anda Tahu Saat Belajar SEO

Konsep Dasar dan Platform Pendukung

Hal paling dasar ketika Anda hendak mempelajari teknik SEO adalah memahami pondasi atau konsep dasar dari SEO itu sendiri. Mulai dari pengertian dan cara kerja SEO, manfaatnya, dan indikator apa saja yang mempengaruhi kinerja SEO yang membuat peningkatan kualitas situs web kita. 

Selain itu, pada tahap ini Anda juga perlu mencari tahu sebanyak mungkin mengenai platform pendukung yang diperlukan dalam penerapan teknik SEO, beserta cara kerja dan fitur-fitur di platform tersebut. Beberapa platform penting yang perlu Anda tahu, seperti Google Analytics, Google Search Console, Google AdWords, dan Google Webmaster. Empat platform ini memiliki analitik dan fitur yang akan membantu Anda memahami hasil dan cara kerja search engine.

melakukan site audit atau audit situs merupakan salah satu teknik SEO dasar

Cara Melakukan Audit Situs

Bagaimana caranya Anda melakukan perbaikan dan pengembangan kinerja website jika tidak tahu kondisi website Anda sendiri? Itulah sebabnya, Anda perlu tahu dulu cara melakukan audit situs sebelum menerapkan teknik SEO.

Ada banyak aplikasi maupun platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan audit site. Hanya saja, Anda harus mempelajari juga fitur-fitur, indikator, dan cara membaca analitik yang tersedia di dalam platform tersebut.

Beberapa situs untuk audit site yang bisa Anda gunakan, antara lain: MOZ  Site Audit Checklist yang merupakan tools untuk analisis website. Anda bisa membaca panduan yang juga disediakan dalam platform Moz untuk memeriksa konten, aksesibilitas arsitektur situs, juga link internal. Tools lain yang juga bisa Anda gunakan untuk audit situs, seperti Semrush, Ahrefs, dan masih banyak lagi.

Keyword Research dan Implementasi

Teknik dasar SEO yang paling utama dan paling penting untuk Anda pelajari adalah cara melakukan keyword research dan mengimplementasikan hasil riset Anda dalam konten yang akan ditayangkan di situs. 

Riset kata kunci penting dilakukan, karena dari kata kunci yang banyak digunakan oleh user atau audiens maka konten pada situs Anda bisa mereka temukan di mesin pencari. Ada milyaran kata kunci dalam sebulan yang bisa ditemukan pada hasil penelusuran mesin pencari Google. Anda perlu memilih dan menyesuaikan kata kunci yang hendak digunakan agar sesuai dengan konten Anda sekaligus sesuai dengan query yang digunakan audiens.

Struktur Navigasi

Banyak pemilik website yang beranggapan kalau cukup dengan produksi konten secara rutin saja, menerapkan kata kunci, dan melakukan share konten ke berbagai platform digital, maka sudah cukup membuat kinerja website jadi baik. Ini memang bukan anggapan yang salah. Bagus malah kalau bisa Anda lakukan secara rutin.

Tapi jangan lupa kalau struktur navigasi di dalam website Anda juga memegang peranan penting. Struktur navigasi yang bagus bukan hanya dapat meningkatkan user experience dan membuat audiens jadi betah berkunjung ke website Anda, tapi juga akan membuat robot Google bisa lebih mudah merayapi situs Anda. 

Dengan Google mudah melakukan crawling di situs Anda, Google pun bisa menentukan dengan lebih cepat, apakah situs Anda layak untuk direkomendasikan di halaman pertama mesin pencari.

Konten Tidak Hanya Bermanfaat Tapi Unik dan Mudah Dipahami

Setiap website sudah pasti membutuhkan konten. Tanpa adanya konten, cukup sulit menerapkan SEO. Nah, konten yang dibutuhkan di sini tidak hanya konten yang bermanfaat, tetapi konten yang berkualitas haruslah unik, mudah dipahami, dan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi audiens.

Sudah banyak riset yang dilakukan terkait konten yang memiliki potensi besar untuk mendapatkan posisi bagus di mesin pencari Google. Jenis konten yang bisa Anda buat dalam hal ini, bisa berupa konten evergreen, konten dengan storytelling yang bagus, menggunakan metode EAT, AIDA, juga menerapkan copywriting pun bisa dilakukan.

berdasarkan panduan SEO dasar, optimasi website bisa dilakukan dengan menyediakan artikel yang menarik dengan teknik storytelling

Memahami Cara Kerja Meta Tag, Meta Description, dan Meta Keyword

Pernah tidak Anda memperhatikan deskripsi yang muncul di bawah domain suatu website pada hasil pencarian di Google? Deskripsi itulah yang dikenal dengan nama meta tag. Mengelola dan mengatur meta tag penting dilakukan untuk semua konten dan semua halaman di website Anda, karena ini merupakan salah satu teknik SEO on page yang bisa meningkatkan aksesibilitas situs Anda di mesin pencari.

Upayakan untuk menuliskan deskripsi pada meta deskripsi yang relevan dengan isi konten atau isi halaman. Panjangnya maksimalkan kurang lebih 150-160 karakter. Kemudian masukkan pula keyword di meta keyword dan jangan lupa gunakan meta title.

Memastikan Robot txt Bekerja dengan Baik

Robot txt berfungsi untuk memberi perintah boleh atau tidak boleh situs Anda dirayapi mesin penelusuran seperti Google, sekaligus memberitahu, mana saja yang halaman yang bisa diakses dan mana saja yang tidak bisa diakses. Untuk itu, lakukan pengaturan robot txt di website Anda dengan benar dan tepat. 

Memaksimalkan Penggunaan Sitemap

Sitemap atau peta situs adalah file yang mencantumkan semua halaman penting dari sebuah situs web. Alasan untuk menyimpan semua halaman dalam file XML sitemap supaya dapat membantu Google bot atau robot Google melakukan perayapan untuk menemukan semua halaman di satu tempat alih-alih menemukannya melalui tautan internal.

Peta situs memainkan peran penting dalam SEO. Robot mesin pencari menemukan halaman melalui tautan internal. Jika tautan internal salah, halaman penting Anda mungkin tertinggal selama proses perayapan dan akibatnya halaman tersebut tidak mendapatkan pengindeksan di Google.

Ini tentu sangat disayangkan karena semua pemilik website ingin halaman-halaman di dalam website-nya bisa terindeks di Google. Itulah sebabnya, Anda harus memastikan website Anda telah menggunakan sitemap atau peta situs XML yang berisi semua URL halaman situs yang perlu dirayapi robot mesin pencari.

Rutin Optimasi SEO Off Page

Dasar-dasar SEO terakhir yang perlu Anda ketahui adalah optimasi SEO off-page. Ini berarti Anda harus membuat tautan melalui pemasaran konten, penulisan blog, blog pengunjung, infografis, direktori situs, dan meninggalkan jejak di situs online lain untuk mengarahkan kembali ke situs Anda. Jika Anda menerapkan teknik off-page ini dengan benar, dampaknya bisa menjadi alat bagi Anda untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

SEO bukan hanya teknik yang bisa dilakukan dalam satu kali latihan. Algoritma Google berubah setiap saat, dan Anda harus terus mengoptimalkannya. Semoga keterampilan dasar SEO untuk pemula di atas bermanfaat. Semoga berhasil, ya.

Artikel Terkait

Ke Atas