Unduh Aplikasi QuBisa
Monetisasi YouTube dan Cara Daftar Google AdSense YouTube
Artikel
Social Media Marketing

Monetisasi YouTube dan Cara Daftar Google AdSense YouTube

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Monetisasi YouTube adalah proses konversi dari performa suatu video di YouTube menjadi sumber penghasilan bagi kreator video. Indikator yang menjadi penilaian, antara lain jumlah tayangan, retensi penonton, jumlah klik, dan serta indikator lainnya.

Untuk menjadi seorang kreator video yang sukses, Anda perlu mempelajari cara membuat video YouTube atau konten viral, cara menambah subscribers, serta cara mendapatkan view dari YouTube. Anda dapat melihat contoh konten viral di beranda pengguna YouTube sebagai referensi.

Cara Monetisasi YouTube dan Cara Daftar Google AdSense YouTube

Berikut ini cara monetisasi YouTube dan cara daftar Google AdSense YouTube. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Persetujuan YouTube Partner Program (YPP)

Cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan cara bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP). Lalu, Anda perlu memenuhi syarat monetisasi YouTube salah satunya dengan menautkan channel YouTube pada Google AdSense. Selain itu Anda harus mematuhi semua pedoman komunitas, persyaratan layanan, kebijakan monetisasi, serta kebijakan program Google AdSense.

Anda dapat memilih "Others Features" kemudian klik "Monetization" pada beranda YouTube Creator Studio. Kemudian Anda dapat melihat keterangan YouTube Partner Program (YPP). Patuhi semua kebijakan dan klik setuju. Anda dapat mengikuti panduan di halaman tersebut.

Menghubungkan Akun YouTube dengan Google AdSense

Cara daftar Google AdSense bisa langsung dari beranda YouTube Creator Studio. Setelah menyetujui semua ketentuan dari YouTube Partner Program (YPP), Anda akan dipandu untuk membuat akun Google AdSense YouTube.

Berikut adalah cara daftar Google AdSense yang bisa dilakukan dari beranda YouTube Creator Studio

Isi formulir yang diminta dan setujui ketentuan yang ditampilkan. Kemudian klik “Create Account” untuk membuat akun Google AdSense. Anda akan diarahkan ke halaman Google AdSense untuk mengisi data-data yang diperlukan.

Isilah semua data di halaman Google AdSense dengan lengkap dan benar. Nantinya Google AdSense akan meminta Anda mengunggah kartu identitas serta melakukan verifikasi dengan mengirimkan PIN ke alamat Anda. Jika semua data telah benar, klik “Submit” untuk langkah selanjutnya.

Untuk Anda yang telah memiliki akun Google AdSense, Anda tidak perlu daftar akun baru. Anda akan diminta menghubungkan akun YouTube Anda dengan akun Google AdSense yang telah ada. Caranya tinggal mengikuti semua panduan yang tertera di halaman monetisasi YouTube Creator Studio.

Menunggu Peninjauan

Sebelum disetujui untuk monetisasi YouTube, channel Anda akan ditinjau untuk memastikan kepatuhan konten yang Anda unggah di YouTube. Peninjauan ini baru dapat dilakukan setelah channel YouTube memenuhi syarat monetisasi YouTube secara teknis, yaitu memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. 

Fokus peninjauan pada tema utama, video yang paling sering ditonton, video terbaru, proporsi waktu tonton yang paling besar, serta metadata termasuk judul, thumbnail, serta deskripsi video. Konten Anda akan dipertimbangkan apakah layak atau tidak untuk bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP).

Proses peninjauan monetisasi YouTube membutuhkan waktu 1 sampai 30 hari tergantung banyaknya antrian yang perlu ditinjau. Setelah disetujui untuk monetisasi YouTube, anda akan menerima email pemberitahuan. Fitur monetisasi di beranda YouTube Creator Studio pun otomatis telah aktif.

Beberapa tips telah tersedia di aplikasi belajar online QuBisa, bagi Anda yang ingin menjadi konten kreator YouTube dan mendapatkan penghasilan dari YouTube, antara lain:

Salah satu cara mendaftar program Google Adsense untuk YouTube ada minimal subscriber yang harus dipenuhi

Anda dapat mengatur penempatan iklan secara manual di video-video Anda atau bisa juga mengaturnya secara otomatis. Besarnya estimasi penghasilan Anda bisa dilihat di analytics YouTube Creator Studio. Jumlah yang tertera hanyalah perkiraan yang akan diperhitungkan kembali setiap akhir bulan.

Saldo penghasilan setiap bulannya akan update di halaman pembayaran Google AdSense sekitar Tanggal 12 pada bulan berikutnya. Nah, jumlah inilah yang nantinya akan Anda terima pada pembayaran Tanggal 21 setiap bulannya. Pembayaran akan dilakukan jika tercapai saldo minimal US $100 atau setara dengan itu.

Setelah Anda berhasil monetisasi YouTube, sebaiknya Anda rutin mengunggah konten viral agar penghasilan Anda semakin besar dari Google AdSense YouTube. Jangan lupa untuk tetap mematuhi semua kebijakan monetisasi YouTube dan program Google AdSense agar channel Anda tidak terkena dismonetisasi. Selain itu, pelajari pula SEO untuk pemula.

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua