Unduh Aplikasi QuBisa
Merencanakan Goal Setting dan Cara Mencapainya
Artikel
Motivation

Merencanakan Goal Setting dan Cara Mencapainya

Punto Wicaksono24 Jan 236 menit membaca

Masing-masing orang memiliki tujuan yang berbeda dalam menentukan langkah hidupnya. Pernahkah Anda mendengar yang namanya goal setting? Memiliki goals atau tujuan dalam hidup bisa diibaratkan sebagai kompas, yang akan menuntut langkah Anda. Asalkan dengan syarat, Anda merencanakan goal setting tersebut dengan spesifik dan sesuai dengan apa yang paling Anda harapkan.  Bagaimana sebaiknya merencanakan goal setting dan cara mencapainya?

Pengertian dan Teori Goal Setting

Menurut seorang ilmuwan bernama Edwin Locke dalam Winardi, 2001, goal setting adalah apa yang Anda upayakan untuk dicapai dalam hidup. Goal setting menjadi obyek dan tujuan dari setiap kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari, misalnya Anda punya tujuan karir tertentu yang ingin Anda capai.

Teori goal setting memiliki dampak besar pada proses pencapaian tujuan. Apabila tidak fokus atau tujuannya tidak realistis, hasilnya tentu tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, Anda perlu menetapkan tujuan yang logis, sesuai realita, dan memiliki perhitungan akurat supaya pencapaiannya bisa terukur.

Cara Menentukan Goals dan Mencapainya

Goals atau tujuan seperti apa yang ingin Anda raih? Apakah ingin memiliki hidup yang lebih berkualitas, memiliki hidup yang seimbang antara kebahagiaan, kerja keras, dan kesuksesan, finansial tercukupi, punya bisnis sendiri, atau tujuan lainnya. 

Banyak orang beranggapan memiliki tujuan yang terlalu muluk adalah hal yang mustahil. Padahal faktanya, banyak juga orang yang impiannya dianggap mustahil, ternyata dia berhasil meraih dan mewujudkannya. Di sinilah pentingnya Anda memiliki top priority goals yang mau Anda wujudkan.

Setiap orang memiliki cara menentukan target hidup yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan ini terjadi karena masing-masing memiliki mimpi dan cita-cita sendiri untuk masa depan. Meski berbeda, cara merencanakan tujuan atau goals bisa menggunakan cara yang sama, antara lain:

tuliskan impian tersebut di buku impian

Tulis di Buku Impian 

Impian yang tidak berusaha diwujudkan akan selamanya hanya menjadi mimpi. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar impian apa pun yang Anda inginkan bisa terwujud, tuliskan impian tersebut di buku, jurnal, agenda, atau di papan tulis yang Anda pasang di dinding sehingga Anda bisa melihatnya setiap hari. 

Misalnya, Anda ingin memiliki hunian impian dalam waktu 3 tahun.  Tuliskan impian tersebut dengan hati yang mantap. Masalah bagaimana cara mewujudkannya, akan Anda ketahui pada langkah berikutnya. Pokoknya pada tahap ini, Anda cukup memikirkan satu impian utama yang paling ingin Anda wujudkan beserta kapan waktu impian tersebut ingin terwujud.

Tarik Garis Mundur ke Masa Kini  

Langkah kedua, Anda perlu menarik garis mundur dari tenggat waktu yang sudah Anda tentukan pada poin satu. Kembali ke contoh memiliki rumah impian yang ingin diwujudkan dalam waktu 3 tahun. Maka pada langkah kedua ini, Anda perlu mencari informasi secara detail, rumah seperti apa yang Anda inginkan, berapa harganya, lokasinya di mana, dan sebagainya. Semakin lengkap informasi yang Anda miliki semakin bagus. Kemudian, catat semua informasi itu di catatan atau buku impian Anda. 

Setelahnya, tarik garis mundur ke masa kini. Jika hunian impian yang ingin Anda beli harganya 300 juta rupiah, maka dalam satu tahun, Anda harus menabung minimal 100 juta rupiah. Lalu, lihat penghasilan Anda saat ini. Bisakah Anda menabung sebesar 100 juta dalam waktu satu tahun? Bagaimana caranya mengelola keuangan? Adakah tips jitu mengelola keuangan secara efektif? Langkah apa lagi yang bisa Anda lakukan agar impian tersebut tercapai? Catat semua rencana Anda tanpa terkecuali.

Smart Goal

Dalam merencanakan goal setting, diperlukan smart goals. SMART singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timebound. Teori ini dicetuskan pertama kali oleh George T. Doran pada tahun 1981. 

Contoh goal setting pribadi, misalnya Anda ingin menabung 1 gram emas / bulan. Harga satu gram emas sekitar 1 juta rupiah. Sementara penghasilan bulanan Anda kurang lebih 5 juta rupiah. Untuk kebutuhan 4 juta, berarti sisa 1 juta rupiah. Pas untuk membeli emas seberat 1 gram. 

Namun jika dikaji ulang, maka Anda tidak punya cadangan dana lagi untuk kebutuhan mendesak jika 1 juta yang tersisa Anda belikan emas. Maka dalam membuat rencana masa depan, harus pula ada pertimbangan matang untuk setiap keputusan.

Smart goals merupakan cara efektif untuk mencapai tujuan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diperhitungkan matang. Adapun smart goal meliputi:

  • Specific 

Target jangan melebar, lebih fokus, dan detail. Misalnya Anda ingin beli hunian impian. Model, jenis, dan harga rumah banyak macamnya. Anda harus menentukan satu yang spesifik dan memiliki kemungkinan besar untuk Anda capai.

  • Measurable

Poin kedua, yaitu measurable, Anda perlu mengukur kemampuan dan peluang paling besar target yang Anda tetapkan bisa terwujud. Contoh, membeli rumah baru atau membeli rumah second? Lokasi rumah di kompleks perumahan mewah atau perumahan rakyat? Ada kemungkinan, impian yang terlihat sangat luar biasa dan mustahil diwujudkan, tetap bisa diwujudkan. Tetapi, Anda perlu lihat lagi pengorbanan yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. 

  • Achievable

Artinya tujuan tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sulit dicapai dan realistis. Misalnya, Anda ingin membeli rumah, tapi sekarang masih pengangguran. Tidak realistis, kan?

  • Relevant 

Sesuai dengan tujuan jangka panjang. Contoh ingin memiliki rumah pribadi. Nah rumah tersebut bisa menjadi aset yang berharga karena kemungkinan harga tanah naik, apalagi lokasi rumahnya juga strategis. 

  • Time Bound 

Tulis batas waktu, kapan impian tersebut akan tercapai. Batas waktu akan membuat Anda lebih fokus dalam mencapai impian dan target yang sudah Anda tentukan. 

Smart goals merupakan cara efektif untuk mencapai tujuan

Kunci Mewujudkan Target dan Impian

Metode smart goals menjadi langkah efektif untuk mencapai suatu tujuan yang realistis dan konsisten. Metode ini juga bisa digunakan untuk membuat perencanaan karir, rencana mingguan, resolusi tahunan, rencana keuangan, rencana bisnis, dan sebagainya. Agar setiap rencana bisa terwujud menjadi kenyataan, maka ada kunci utama yang benar-benar harus Anda lakukan, yaitu:

Konsisten

Kunci menuju sukses salah satunya adalah konsisten. Di sini, Anda perlu menetapkan hati untuk konsisten menjalankan setiap tahap dari perencanaan yang sudah Anda buat sendiri. Caranya bagaimana agar bisa konsisten? Pelajari dari materi microlearning yang berjudul 3 kunci agar kamu konsisten dan menjadi berhasil di segala bidang.

Lakukan dengan Semangat

Jika tidak melakukan dengan semangat, apa yang sudah direncanakan bisa buyar dalam sekejap mata. Untuk terus bersemangat mewujudkan setiap rencana, kelilingi diri dengan orang-orang positif, miliki pola pikir sukses, bangun growth mindset, dan berani bangkit dari kegagalan. Percayalah, selama bersemangat dan mau terus berusaha, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Jadi, apa rencana yang ingin Anda wujudkan segera? Sudahkah Anda menuliskan rencana tersebut dengan detail? Sudahkah Anda membuat rencana untuk mewujudkannya? Mari wujudkan mimpi bersama QuBisa, platform belajar online untuk pengembangan diri, growth mindset, pengembangan karir, juga untuk memulai masa depan yang lebih cerah.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua