Unduh Aplikasi QuBisa
Merancang Proses Bisnis Bagi yang Baru Mulai Membangun Perusahaan
Artikel
Strategy

Merancang Proses Bisnis Bagi yang Baru Mulai Membangun Perusahaan

Monica Anggen24 Jan 235 menit membaca

Merancang proses bisnis perusahaan, apalagi yang baru dirintis memang menantang. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui proses bisnis perusahaan baru agar dapat bertahan, bersaing, dan berkembang.

Saat ini, banyak perusahaan rintisan atau start-up yang mulai dikembangkan di Indonesia. Untuk mengembangkan sebuah perusahaan rintisan, Anda membutuhkan usaha yang lebih keras serta modal yang memadai.

Perusahaan baru atau start-up ini juga diharapkan memiliki perencanaan yang matang untuk memulai bisnis dan dapat beradaptasi dengan perubahan situasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19. 

Selain itu, Anda sebagai founder dan CEO juga harus mengatur strategi efektif untuk menjadikan bisnis autopilot, yaitu sistem bisnis komersial yang memungkinkan Anda mendapatkan profit tanpa harus selalu ada keterlibatan Anda.

Manfaat Mengatur Strategi Bisnis

Dalam mengatur strategi bisnis perusahaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya dalam mengembangkan usaha dan mencapai target. Langkah awal adalah menentukan strategi bisnis yang tepat dan matang, agar Anda punya gambaran tentang arah dan tujuan bisnis.

mengatur strategi bisnis

Strategi bisnis ini akan menjadi bekal awal bagi Anda jika perusahaan baru yang didirikan mengalami polemik dan menghadapi segala risiko yang muncul sewaktu-waktu. Anda juga akan siap bertarung dan bersaing dengan kompetitor jika telah menerapkan proses bisnis yang tepat. 

Langkah dalam proses bisnis perusahaan baru lainnya, meriset target pasar Anda secara mendalam termasuk demografi konsumen potensial. Hal ini adalah salah satu bagian paling penting dalam menyusun suatu rencana bisnis, yang dapat dilakukan melalui survei.

Pentingnya Mempunyai Logo Perusahaan

Selain strategi yang tepat dan survei demografi. Penentuan logo perusahaan yang elegan dan menarik, menentukan produk yang layak dijual dan unik, serta struktur bisnis dan menyiapkan sumber daya manusia unggul untuk membantu proses bisnis pun harus dipersiapkan untuk menyempurnakan ide kreatif dari bisnis Anda.

Glenn Gutek, CEO Awake Consulting and Coaching, seperti yang dilansir oleh Business News Daily mengatakan bahwa dalam meluncurkan bisnis, Anda harus memulainya dengan tujuan yang jelas dan mengetahui mengapa Anda membangun perusahaan tersebut. 

Anda juga harus memastikan bahwa fokus bisnis Anda adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar, bukan melayani alasan pribadi. Dengan hal ini, cakupan bisnis akan selalu lebih besar daripada bisnis yang dibangun untuk melayani kebutuhan pribadi Anda.

Langkah yang Harus Dilakukan dalam Merancang Proses Bisnis

Pelajari Kompetitor

Dalam proses bisnis, Anda perlu mengenali kompetitor dan menganalisis strategi yang mereka gunakan. Hal ini akan membantu Anda menyusun strategi lebih efektif dalam mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Dengan mengenali kompetitor, Anda juga berpeluang menemukan ide baru dan unik. Baik dalam menciptakan produk maupun menetapkan strategi promosi yang berbeda dengan pesaing.

Susun Strategi Promosi yang Efektif

Selanjutnya, Anda harus meningkatkan promosi agar perusahaan Anda dikenal oleh masyarakat luas. Promosi ini akan membantu dalam mendapatkan target market yang sesuai dan produk Anda lebih dikenal oleh konsumen. Dengan kata lain Menciptakan First Impression kepada Konsumen.

Anda juga dapat memanfaatkan media promosi offline maupun online dengan menggunakan platform media sosial dan lain sebagainya. Selain itu, pemasaran bisnis dengan memberikan potongan harga atau voucher juga dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

Strategi digital marketing melalui media sosial bisa Anda pelajari melalui kursus online gratis maupun berbayar, ataupun webinar di QuBisa melalui program keterampilan digital milenial, dan keterampilan sukses milenial

Persiapkan Sumber Daya

Ketika memiliki Motivasi dalam Membangun perusahaan, maka Anda harus menyiapkan sumber daya, baik produk maupun manusia. Sumber daya produk diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang ingin diproduksi atau dijual. Sedangkan sumber daya manusia dibutuhkan untuk menjalankan operasional perusahaan, seperti memilih tim andal dan solid yang akan membantu perusahaan Anda mencapai keberhasilan yang ditargetkan.

Pelajari Strategi Pemilik Perusahaan Mendatangkan Banyak Pelamar Kerja yang Berkualitas agar Anda mendapatkan pekerja Young Milenial yang sesuai.

Meminimalisir Biaya Operasional

Dalam membangun perusahaan, biaya operasional sering kali menjadi kendala untuk tetap bertahan. Oleh sebab itu, Anda harus mengatur biaya pengeluaran agar seimbang dengan profit yang akan didapatkan, sehingga bisa meminimalisir risiko kerugian.

Memperluas Jaringan

Memperluas jaringan dapat dilakukan melalui digital marketing ataupun meningkatkan relasi bisnis. Anda dapat menentukan platform promosi yang baru untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan banyak pihak dan mempertahankan hubungan baik dengan relasi yang sudah ada.

Membuat Pembukuan

Ketika Anda mendirikan perusahaan, salah satu proses bisnis yang harus dilakukan adalah mengatur keuangan dengan benar. Hal ini sangat krusial untuk mengetahui secara jelas pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Anda memerlukan seorang akuntan yang andal dalam mengelola keuangan perusahaan, agar terlihat rapi dan teratur.

merancang proses bisnis perusahaan baru

Merancang proses bisnis saat membangun perusahaan yang baru dirintis adalah hal yang menantang. Anda harus menyiapkan berbagai hal, seperti mematangkan ide bisnis yang akan dijalankan, menyurvei target pasar, serta mengatur strategi yang tepat. 

Selain itu, Anda perlu mengenali kompetitor untuk membuat sesuatu yang berbeda. Kemudian menyusun strategi promosi atau digital marketing yang efektif, mempersiapkan produk dan sumber daya manusia. Hingga meminimalisir biaya operasional, memperluas jaringan dan membuat pembukuan yang rapi dan teratur.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua