Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Menyusun Media Planning Strategy
Strategy

Tips Menyusun Media Planning Strategy

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Social media strategy perlu dirancang dengan cermat agar efektif dan dapat mencapai goal yang ditargetkan. Penyusunannya perlu dilakukan sebelum melakukan aktivitas di media sosial bisnis Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa langkah yang Anda tempuh sudah sesuai dengan rencana yang disusun.

Cara Efektif dan Cepat Membuat Media Planning Strategy

Tentukan Target Audiens

Mengenali target audiens sangat penting dalam membuat social media planning. Hal ini berkaitan dengan jenis dan gaya konten yang akan Anda suguhkan apakah sesuai atau tidak dengan audiens.

Sebelum membuat social media strategy, sebaiknya Anda menentukan seperti apa target audiens yang akan digarap. Kenali domisili, usia, gender, serta preferensi dari audiens yang akan menjadi calon pelanggan bisnis Anda.

Optimasi di setiap platform media sosial

Optimasi Profil Media Sosial

Profil media sosial perlu diperhatikan karena sangat mempengaruhi ketertarikan audiens. Profil akun sebaiknya berisi gambaran singkat tentang kepribadian atau bisnis yang Anda bangun. Sangat penting untuk menyajikan profil yang informatif dan menarik secara singkat, namun tetap jelas.

Pastikan Anda telah melengkapi akun media sosial Anda dengan foto profil yang menarik. Selain itu, berikan deskripsi singkat tentang produk atau layanan bisnis Anda, serta kontak informasi yang dapat dihubungi.

Untuk keamanan akun Anda dan meningkatkan kredibilitas bisnis, Anda sebaiknya mengurus pengajuan verifikasi akun di setiap platform media sosial. Dengan menjadi akun terverifikasi yang ditandai simbol centang biru, audiens akan lebih percaya dengan apa yang Anda sampaikan.

Buat Konten yang Menarik

Standar konten yang menarik bisa jadi berbeda bagi setiap platform media sosial. Penilaian audiens terhadap konten seperti apa yang menarik pun dapat berbeda-beda. Namun, Anda perlu mengupayakan untuk membuat konten yang memiliki value bagi audiens serta inspiratif dengan kemasan yang tidak membosankan.

Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung selama masih relevan dengan bisnis yang Anda tekuni. Mengikuti tren juga dapat memperbesar peluang orang melirik konten di akun media sosial Anda.

Anda dapat menuliskan rencana konten yang akan dibuat di social media planning. Sertakan juga gambaran atau detail yang jelas terkait ide konten agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman dalam proses eksekusi.

Pentingnya Social media calendar sebagai strategy plan

Jadwalkan Publikasi Konten

Algoritma media sosial sangat menyukai kreator yang mengunggah konten secara rutin, dan mendistribusikan konten Anda kepada audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadwalkan publikasi konten pada social media calendar

Social media calendar juga dapat membantu Anda memetakan strategi publikasi konten yang paling efektif untuk dijalankan, sehingga Anda mengetahui kapan harus mengunggah konten baru dan melakukan optimasi konten tersebut.

Pantau Konversi

Jangkauan, tayangan, interaksi, retensi penonton, dan parameter lainnya dibutuhkan untuk menilai apakah konten Anda mencapai hasil yang memuaskan atau tidak. Anda perlu memantau konversi dari konten-konten yang Anda publikasikan di media sosial.

Dengan mengetahui konversi yang dihasilkan, Anda juga dapat merancang anggaran promosi untuk penempatan iklan yang tepat sesuai dengan target audiens yang telah ditetapkan. Efektivitas iklan yang dijalankan juga dapat diukur jika Anda terus memantau konversinya.

Social media strategy serta media planning yang tepat dapat membantu Anda membangun interaksi yang berkualitas dengan audiens. Ikuti tips di atas agar Anda tidak kesulitan dalam menyusun social media planning sesuai dengan bisnis yang ditekuni.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua