Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menyiapkan Fisik dan Mental untuk Berpuasa
Artikel
General Health

Cara Menyiapkan Fisik dan Mental untuk Berpuasa

Punto Wicaksono21 Mar 234 menit membaca

Bulan puasa mulai tanggal 23 Maret 2023 (1 Ramadhan 1444 H) menurut Muhammadiyah dalam rilisnya di situs Kompas.com. Ini juga menjadi hari pertama bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Supaya bisa menjalankannya dengan baik dan lancar, kamu perlu menyiapkan fisik dan mental lho. Caranya bagaimana? Baca ulasan selengkapnya di artikel ini.

Cara Menyiapkan Fisik Agar Dapat Berpuasa dengan Lancar dan Tetap Produktif

1. Makan Makanan Bergizi Seimbang dan Sehat pada Saat Sahur

Selama seharian di bulan puasa, kamu akan berpuasa selama lebih dari 12 jam. Itu sebabnya, kamu perlu memastikan kebutuhan nutrisi bagi tubuh tercukupi dengan baik. 

Maka berdasarkan referensi dari situs UGM, kamu perlu mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup. Jenis karbohidrat yang bagus, misalnya oat. Mengapa? Sebab, kandungan serat oat paling banyak sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

2. Hindari Makanan yang Berlemak dan Berat

Mengkonsumsi makanan berlemak (gorengan atau yang bersantan) ketika berpuasa secara berlebihan justru akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dan menambah berat badan.

Begitu pula kalau kamu makan berat secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan lambung. Jadi sebaiknya bagaimana?

Konsumsi makanan berat sebaiknya dilakukan setelah selesai melaksanakan shalat tarawih, dan kamu sebelumnya juga sudah berbuka puasa dengan makanan ringan terlebih dahulu.

3. Perbanyak Asupan Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa akan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Seperti yang dilansir di situs Kementerian Kesehatan Indonesia, beberapa manfaat memenuhi kebutuhan asupan akan air putih, antara lain : 

  • Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. 
  • Membantu menjaga energi. 
  • Membantu kelancaran sistem pencernaan.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Membantu detoks tubuh.
konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa

4. Berolahraga Ringan Secara Teratur

Meskipun sedang berpuasa, kamu tetap harus menjaga kebugaran tubuh. Salah satu caranya bisa dengan melakukan olahraga ringan. 

Dalam salah satu ulasan di website Unesa disebutkan bahwa beberapa manfaat olahraga bagi tubuh yang sedang berpuasa, yakni : 

  • Membuat tetap bugar dan segar.
  • Mengurangi stress.
  • Membantu mencegah penurunan kondisi fisik.
  • Membuat tubuh tetap produktif.

Karena pada saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon bahagia (endorfin). Hormon inilah yang akan membuat kamu merasa nyaman, bahagia dan tenang setelah melakukan olahraga.

Tips Menyiapkan Mental untuk Berpuasa

1. Mempersiapkan Mental dengan Memahami Pentingnya Puasa dalam Agama

Sebelum tiba saatnya berpuasa, kamu bisa membaca banyak literatur yang membahas mengenai pentingnya puasa. Dengan membaca maupun mendatangi diskusi keagamaan akan membuat mental kamu semakin yakin untuk melaksanakannya.

2. Buat Rencana Puasa Beserta Menu Harian

Membuat daftar menu harian selama bulan puasa akan membuat kamu lebih tenang ketika berpuasa. 

Kamu jadi tidak bingung lagi mengenai menu buka puasa dan sahur yang akan kamu beli atau kamu konsumsi, karena semua sudah terencana dengan baik.

Membuat catatan menu harian juga akan mengurangi beban pekerjaan. Kamu jadi bisa menyiapkan segalanya terlebih dahulu, dan bisa lebih fokus menjalankan ibadah puasa.

3. Hindari Pikiran Negatif dan Fokus pada Hal Positif dari Puasa

Ketika masuk bulan puasa, buat dan tentukan goals yang ingin kamu capai selama bulan puasa. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari pikiran negatif dan fokus pada hal-hal positif serta manfaat yang lebih besar dalam menjalankan ibadah puasa.

4. Lakukan Kegiatan Keagamaan

Melakukan banyak kegiatan keagamaan akan membuat spiritual kamu lebih tenang ketika berpuasa. Selain itu, kegiatan keagamaan juga membantu kamu semakin memahami apa hakikat dari ibadah puasa.

Meditasi dan membaca bisa membantu menguatkan mental

Meningkatkan Ketahanan Mental dengan Meditasi dan Membaca Buku

Meditasi dan membaca buku bisa membantu menguatkan mental. Hal ini karena tubuh dan pikiranmu akan berada dalam kondisi fokus dan tenang. 

Dengan demikian, kamu akan mengalihkan pikiran dari berbagai permasalah sehari-hari. Tidak hanya itu, kedua aktivitas tersebut juga mampu mengurangi stress.

Mempersiapkan fisik dan mental sebelum berpuasa sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan selama berpuasa. Pembahasan di atas juga bisa membantu kamu tetap produktif bekerja. Oh ya, kalau ingin tahu cara bekerja produktif, baca artikel berikut, yuk: Tips Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa.

Referensi:

  • https://www.ugm.ac.id/id/berita/14027-penting-menjaga-pola-makan-sehat-saat-buka-dan-sahur
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/161/konsumsi-air-putih-saat-puasa-banyak-manfaat-lho
  • https://www.unesa.ac.id/manfaat-olahraga-bulan-puasa-nomor-3-atasi-penurunan-fisik
No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua