Unduh Aplikasi QuBisa
Pentingnya Menjaga Penampilan saat Bekerja dengan Pakaian Formal
Artikel
Beauty & Makeup

Pentingnya Menjaga Penampilan saat Bekerja dengan Pakaian Formal

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Kalau Anda sudah masuk ke dunia kerja, maka memperhatikan penampilan menjadi suatu kewajiban yang harus Anda perhatikan dan lakukan. Seringkali, penampilan diri dapat membangun citra profesional atau profesional image dan dikaitkan dengan kualitas pekerjaan. Meski faktanya, penampilan dapat menipu juga dan tidak sesuai kenyataan.   

Seseorang yang memiliki penampilan rapi dinilai lebih mampu mengerjakan tugas dan menyelesaikan pekerjaannya dengan rapi. Tak heran, banyak perusahaan memperhatikan betul penampilan calon karyawan pada saat interview. Oleh sebab itu, memakai pakaian formal merupakan cara terbaik untuk menjaga penampilan saat bekerja.

Agar penampilan Anda terjaga dengan baik, tidak ada salahnya mulai mengoleksi busana pakaian kerja resmi, seperti kemeja, celana kerja hingga sepatu. Dengan demikian, akan lebih mudah nantinya memilih pakaian yang dikenakan saat pergi ke kantor.

Di QuBisa platform belajar online dan aplikasi belajar online, tersedia beragam materi mengenai pengembangan diri yang bisa Anda pelajari. Bentuknya microlearning sehingga mudah dipahami karena dilengkapi dengan slide presentasi beserta penjelasannya. Beberapa kursus online gratis mengenai pentingnya penampilan dalam dunia kerja, seperti:

Pentingnya Menjaga Penampilan saat Bekerja dengan Pakaian Formal

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tahukah Anda, bahwa kepercayaan diri yang Anda miliki bisa meningkatkan kualitas pekerjaan dan hasilnya lebih baik? Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menjaga penampilan serta berpakaian formal saat bekerja.

berpakaian menarik justru menjadi hal positif untuk diri Anda

Cara Terbaik dalam Membangun Personal Branding

Saat perusahaan menuntut untuk berpakaian menarik, ini justru menjadi hal positif untuk diri Anda. Jangan pernah menganggap penampilan rapi hanya sebatas mengikuti aturan perusahaan saja. Jadikan ini sebagai cara membangun personal branding di mata orang lain, dan bagaimana Anda kenal orang lain. 

Personal branding atau citra diri yang positif akan mengubah persepsi orang lain menjadi lebih baik terhadap diri Anda, khususnya jika Anda terbilang baru bekerja di perusahaan tersebut. 

Tidak ada salahnya jika Anda sesekali melihat berbagai macam foto outfit of the day (OOTD) yang banyak dibagikan di media sosial. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mengkombinasikan busana kerja yang digunakan ke kantor.

Membuat Diri Anda Nyaman

Di samping harus menjaga penampilan, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan pada saat bekerja. Percuma jika Anda berdandan menggunakan pakaian kekinian, tetapi tidak membuat Anda nyaman. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang terpengaruh gaya berbusana orang lain, padahal gaya tersebut sama sekali tak sesuai dengan kepribadiannya. 

Oleh karena itu, sesuaikan penampilan Anda dengan ciri khas diri Anda sendiri. Tidak ada salahnya sesekali melakukan perawatan tubuh secara keseluruhan bagi pria. Sementara itu, menjaga kebersihan penampilan juga penting bagi Anda yang wanita.

Dianggap Lebih Kompeten

Tak sedikit perusahaan yang lebih mengutamakan pekerja dengan penampilan yang rapi. Hal ini bukan tanpa alasan. Mereka yang berpenampilan rapi dianggap lebih kompeten dalam bekerja. Imbasnya, Anda mungkin saja dipercaya menempati posisi yang jauh lebih baik dibandingkan posisi sebelumnya.

Selain berdasarkan penampilan yang rapi, kompetensi yang harus Anda miliki untuk peningkatan karir dan meraih kesuksesan, seperti:

jangan lihat tampilan luar saja karena penampilan bisa menipu

Memberikan Kesan yang Baik

Persepsi orang lain terhadap Anda akan selaras dengan apa yang Anda tunjukkan karena mereka. Karena kebanyakan orang masih melihat orang lain berdasarkan penampilan luarnya saja. Padahal, sudah ada nasihat yang berulang digaungkan, “jangan menilai buku hanya dari sampulnya saja.” Dalam hal ini kalau diartikan secara harfiah, jangan lihat tampilan luar saja karena penampilan bisa menipu.

Nah, karena Anda sudah tahu kalau untuk ingin meraih sukses dan berhasil mencapai karir yang lebih tinggi, alangkah sejak awal Anda sudah membentuk diri Anda dengan karakter dan pola pikir yang baik, berpenampilan menarik, dan dengan citra diri positif pula. 

Dengan cara ini, Anda akan menjadi diri Anda yang tidak hanya indah dari luar, tetapi memang bagus pula di dalamnya. Hal ini akan menjadi modal terbaik yang akan mengantarkan Anda mencapai kesuksesan dengan lebih cepat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua