Unduh Aplikasi QuBisa
Menjadi Pribadi yang Punya Inisiatif
Artikel
Motivation

Menjadi Pribadi yang Punya Inisiatif

Punto Wicaksono24 Jan 236 menit membaca

Pernahkah Anda memperhatikan teman ataupun rekan kerja yang memiliki ide brilian dan unik? Jika pernah, artinya teman Anda itu memang banyak akal dan punya pemikiran yang berbeda. Orang-orang yang memiliki sudut pandang berbeda biasanya lebih mudah memunculkan ide yang tak terpikirkan oleh orang lain. 

Hal ini karena mereka berani keluar dari zona nyaman dan punya inisiatif untuk melakukan hal baru. Sementara itu, ada pula tipe orang yang menurut dan hanya bekerja sesuai perintah, sehingga dikenal sebagai orang yang kurang punya inisiatif. 

Apa sebenarnya arti inisiatif? Pengertian inisiatif adalah ide untuk melakukan tindakan yang baru atau tindakan yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyelesaikan pekerjaan atau untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Biasanya, inisiatif muncul secara alami, spontan, dan out of the box

Tips Menjadi Pribadi yang Punya Inisiatif

Orang yang punya inisiatif biasanya lebih mudah terlihat, dikenal banyak orang karena ide-idenya yang berbeda, dan lebih mudah mendapatkan promosi jabatan. Apalagi kalau disertai dengan kemampuan berpikir sistematis, memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, dan bisa bekerja produktif

Pertanyaannya, bagaimana caranya menjadi pribadi yang punya inisiatif? Apakah bisa dilatih? Tenang. Untuk bisa menjadi pribadi yang punya inisiatif, maka Anda perlu memahami beberapa indikator orang yang berinisiatif, seperti memiliki respons yang berbeda saat menghadapi suatu situasi, cepat tanggap akan suatu hal, memahami situasi, berani mengambil keputusan, dan cepat bertindak. Secara lengkap, berikut tips menjadi pribadi yang punya inisiatif:

menyelesaikan pekerjaan atau untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Bertanggung Jawab

Orang yang punya inisiatif biasanya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan dan tugas-tugasnya. Mereka berani menerima tantangan dan selalu bisa menemukan solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi. Bahkan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan sebaik-baiknya, mereka biasanya tak segan menyumbangkan saran dan ide-ide. 

Banyak Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Dari kebiasaan membaca buku, Anda bisa mengetahui dan mempelajari banyak hal. Ini juga menjadi modal utama yang akan mendorong Anda berani mencoba berbagai hal baru di tempat kerja, serta tak segan melontarkan ide brilian secara spontan demi terwujudnya rencana kerja, bahkan untuk rencana yang tampak mustahil diwujudkan. 

Untuk itu, perbanyak membaca buku, dan temukan berbagai buku yang bisa mengubah hidup Anda. Perluas wawasan dan terus tingkatkan pengetahuan dan keahlian. Percayalah, semua ini nantinya akan membantu Anda menemukan lebih banyak ide untuk mendorong peningkatan karir serta dapat semakin mudah bagi Anda saat butuh mengambil inisiatif. 

Sebagai bahan tambahan yang perlu Anda pelajari, QuBisa sebagai aplikasi belajar online untuk semua usia sudah menyediakan beberapa microlearning mengenai cara menjadi pribadi inovatif dan penuh inisiatif, seperti:

Percaya Diri

Memiliki kepercayaan diri yang positif akan membuat Anda tidak bimbang dan ragu ketika harus mengambil keputusan. Anda menjadi lebih yakin dengan kemampuan yang Anda miliki sehingga bisa bekerja dengan optimal, yang kemudian membawa Anda pada peningkatan kerja yang lebih produktif. Di saat yang sama, kepercayaan diri yang tinggi akan membantu Anda lebih mudah mengambil inisiatif cemerlang.

Dari kebiasaan membaca buku, Anda bisa mengetahui dan mempelajari banyak hal

Mau Belajar dari Orang Lain

Sering berkumpul dengan orang penuh inisiatif otomatis membantu Anda meningkatkan kemampuan menemukan ide dan kreasi. Maka jangan segan untuk terus belajar dari saran, masukan, bahkan kritik dari orang lain. Pelajari pula pengalaman orang lain supaya Anda tidak perlu sampai melakukan kesalahan yang sama. Kelak, hasil belajar ini akan membantu Anda berani mengemban tugas baru dan mengambil inisiatif untuk tugas yang lebih mumpuni.

Berani Melakukan Hal Baru

Karena hal baru itu membutuhkan segudang inisiatif, maka sudah pasti ketika dihadapkan pada hal-hal menantang yang belum pernah Anda lakukan, Anda tidak akan gentar. 

Tidak terlalu sulit meningkatkan inisiatif dalam bekerja. Lima hal di atas kalau Anda lakukan dengan konsisten, maka bisa secara cepat membentuk diri Anda menjadi pribadi yang penuh inisiatif. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan karir Anda di kemudian hari.

Ciri-Ciri Orang Inisiatif

Kalau Anda perhatikan dengan jeli, ada perbedaan antara orang yang memiliki inisiatif tinggi dengan orang biasa saja. Secara garis besar, ciri-ciri orang inisiatif, seperti di bawah ini:

  • Suka tantangan, memiliki mental pemenang yang tangguh, dan punya keberanian mencoba hal baru.
  • Selalu positif thinking. Tiap melakukan hal baru selalu berpikir positif sehingga hasilnya malah tak terduga.
  • Memiliki kemampuan dalam mengelola waktu sehingga bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan hasil yang baik.
  • Out of the box, berani berpikir beda, dan keluar dari zona nyaman. 
  • Memiliki daya imajinasi kuat dan suka bermimpi, tapi tetap realistis.
  • Selalu penuh energi, meskipun dalam melakukan banyak hal.
  • Mau menerima kritikan dan tidak malu meminta maaf jika merasa dirinya salah.

Anda memiliki beberapa di antaranya? Jika belum, Anda masih punya waktu untuk melatih semuanya dengan konsisten demi menjadi pribadi yang kuat, tangguh dan punya inisiatif. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua