Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Meningkatkan Traffic Website secara Organik
Artikel
Web Development

Tips Meningkatkan Traffic Website secara Organik

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Traffic website dapat ditingkatkan dengan dua cara, yakni cara organik atau alami dan cara berbayar atau iklan. Berikut ini tips meningkatkan traffic agar banyak pengunjung yang bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya pemasangan iklan.

Tips Meningkatkan Traffic Website

Optimasi SEO

Sebagian besar website mendapatkan traffic terbanyak dari rekomendasi mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami algoritma Google dan menerapkan teknik Search Engine Optimization atau SEO dalam upaya meningkatkan traffic website.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam optimasi SEO adalah riset keyword. Anda dapat memilih keyword populer yang belum terlalu banyak diulas website lain. Tentukan main keyword dan long tail keyword yang tepat.

Selanjutnya Anda dapat menerapkan teknik SEO on page. Perhatikan panjang judul, jumlah kata artikel, panjang URL, dan meta title. Jangan lupa untuk menempatkan keyword di judul dan keyword juga harus tersebar secara merata pada beberapa bagian dalam badan artikel. Gunakan sub judul, gambar, dan internal link yang relevan.

Selain optimasi SEO on page, Anda juga sebaiknya melakukan optimasi SEO off page. Tanamkan link website Anda di situs berkualitas yang memiliki performa baik. Selain itu, cara yang baik untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung bisa dengan membagikan tautan situs Anda di platform media sosial.

meningkatkan kualitas konten SEO

Tingkatkan Kualitas Konten dan Update Rutin

Tips meningkatkan traffic agar banyak pengunjung berikutnya adalah dengan meningkatkan kualitas konten dan update secara rutin. Ada istilah yang menyebutkan "content is king" karena peran kualitas konten sangat penting bagi sebuah website.

Sebaiknya Anda membuat konten yang bermanfaat dan banyak dibutuhkan orang atau konten yang evergreen. Umumnya berupa konten tips, trik, dan tutorial. Tulislah informasi secara lengkap dengan bahasa Indonesia yang mudah dipahami oleh audiens. Hindari kalimat panjang yang dapat membingungkan pembaca.

Tidak semua orang dapat menulis artikel yang bagus. Dibutuhkan latihan berulang-ulang agar Anda dapat menghasilkan konten berkualitas. Selain itu, Anda juga perlu membaca kembali artikel yang dibuat dan memperbaiki kesalahan yang ditemukan.

Update konten terbaru berguna untuk meningkatkan traffic website. Pengunjung website Anda akan sering berkunjung untuk membaca artikel baru yang diterbitkan secara rutin. Frekuensi publikasi konten yang teratur juga menambah penilaian algoritma mesin pencari untuk terus merekomendasikan website Anda.

Proses loading halaman website yang terlalu lama dapat berdampak buruk pada kinerja website

Perhatikan Kecepatan Website dan Pengaturan Mobile Friendly

Untuk meningkatkan traffic website bukan hanya fokus pada SEO dan kualitas konten, namun perhatikan juga teknis website. Misalnya mengatur dan memastikan kecepatan loading website dan pengaturan mobile friendly. Hal ini penting untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang sekarang banyak mengakses internet melalui perangkat mobile.

Proses loading halaman website yang terlalu lama dapat berdampak buruk pada kinerja website Anda secara keseluruhan. Pengunjung pun tidak segan untuk meninggalkan website Anda dan beralih ke website lain yang lebih cepat.

Cara meningkatkan kecepatan website bisa dilakukan dengan mengurangi plugin yang tidak perlu, memperkecil ukuran gambar, optimasi database website, membuat landing page yang tidak berat, dan lainnya. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan hosting yang memiliki kapasitas besar.

Pengaturan mobile friendly juga sangat penting untuk membantu meningkatkan traffic website. Kontribusi traffic yang datang dari perangkat mobile, seperti smartphone, rata-rata mendominasi keseluruhan traffic yang ada. Jadi, upayakan untuk mengutamakan kenyamanan pengguna  smartphone sehingga mereka semakin sering mengakses situs Anda.

Pelajari juga hal-hal terkait keamanan website, agar situs web Anda tidak menjadi korban kejahatan siber dengan mengikuti berbagai video microlearning dan kursus online gratis seputar network & security di platform belajar online QuBisa:

Traffic website yang tinggi akan memudahkan tersebarnya informasi dalam konten yang dibuat. Hal ini juga dapat memancing penghasilan dari Google AdSense dan sponsor langsung. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti tips meningkatkan traffic agar banyak pengunjung.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua