Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Meningkatkan Prestasi Agar Layak Dapat Promosi
Artikel
Career Development

Cara Meningkatkan Prestasi Agar Layak Dapat Promosi

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Mendapatkan promosi dan meraih prestasi yang berdampak pada penghasilan sudah pasti menjadi target kesuksesan bagi siapa pun, baik Anda yang bekerja di lapangan, freelance, maupun pekerja kantor. Naiknya jabatan memberikan banyak sekali keuntungan bagi pekerja. Biasanya, selain tambahan gaji terdapat pula bonus lain yang menjanjikan, mulai dari fasilitas, pendidikan, pelatihan, reward, dan sebagainya. 

Pada artikel kali ini, Anda bisa membaca tentang cara meningkatkan prestasi agar layak dapat promosi kerja. Dengan mengetahui caranya, diharapkan Anda bisa melakukan peningkatan prestasi dengan banyak cara. 

Cara Meningkatkan Prestasi Agar Layak Dapat Promosi

Buat Rencana Karir

Apa yang selama ini melintas dalam pikiran Anda terkait bekerja yang Anda lakukan setiap hari? Apakah Anda berpikir bekerja ya bekerja saja dan akhir bulan dapat gaji? Jika pikiran Anda selama ini hanya sebatas itu, ya siap-siap saja hasil kerja Anda pun hanya sebatas itu. 

Dalam bekerja, apa pun profesinya, ada yang namanya peningkatan karir, terutama bagi Anda yang bekerja di perusahaan atau suatu kantor. Namun karir di sini sebenarnya juga bisa ditentukan sendiri kalau Anda bekerja untuk diri sendiri sebagai freelance atau sebagai pemilik bisnis. Logikanya sama, sampai batas mana prestasi yang ingin Anda raih dalam bekerja?

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat rencana karir. Dengan membuat perencanaan, Anda akan bisa menentukan apa saja yang perlu Anda lakukan, hasilnya seperti apa, kemudian melakukan analisis untuk perbaikan, peningkatan, atau pengembangan lebih lanjut. Pentingnya perencanaan karir perlu dipahami dengan baik, begitupun cara penyusunan dan pembuatan rencananya, karena akan memberi dampak signifikan pada prestasi yang bisa Anda raih. 

Profesional dalam Bekerja

Agar bisa mendapatkan promosi jabatan, Anda perlu bekerja secara profesional dan mengikuti aturan yang telah dibuat perusahaan. Dalam hal bekerja secara profesional, Anda berarti paham dan tahu tanggung jawab, jenis pekerjaan, dan tantangan dari setiap level di dalam organisasi.

Lalu, pekerja seperti apa yang bisa dikatakan telah bekerja secara profesional? Anda bekerja dengan rajin dan tepat waktu, mulai dari datang ke kantor tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline atau tenggat waktu yang ditentukan, dan memiliki sikap profesional serta etika kerja yang baik. Selain itu Anda juga perlu punya kemampuan komunikasi intrapersonal dan interpersonal, mampu berkomunikasi dengan efektif, menghormati rekan kerja dan atasan, mampu mengatasi konflik, dan sebagainya.

Bersikap profesional dan interatif dalam bekerja

Meningkatkan Kemampuan secara Berkesinambungan

Poin ketiga yang menjadi cara meningkatkan prestasi agar layak dapat promosi adalah selalu berusaha meningkatkan kemampuan secara berkesinambungan. Maksudnya, Anda mau terus belajar dan melatih diri, meningkatkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki, dan terus update terhadap perkembangan teknologi. Ini karena teknologi dan pengetahuan terus berkembang maka Anda perlu belajar terus agar tak tertinggal.

Di era digital seperti sekarang, meningkatkan kemampuan bisa dengan mudah Anda lakukan dan dengan biaya yang masih terjangkau pula. Jadi kalau alasan kesibukan yang padat atau tak ada biaya, yang membuat Anda tidak melakukan peningkatan kemampuan, ya Anda yang akan rugi sendiri. 

Sekarang, sudah banyak webinar gratis dan berbayar yang bisa Anda ikuti. Lalu untuk mempelajari pengetahuan baru dan mengasah soft skill jadi power skill, ada kursus online, pelatihan, maupun microlearning yang bisa Anda manfaatkan sebagai media belajar. 

QuBisa sebagai platform e-learning dan platform belajar daring di Indonesia menyediakan banyak sekali materi mengenai pengembangan diri (personal development), peningkatan karir (career development), bisnis, leadership atau kepemimpinan, dan sebagainya. Bahkan materi-materi terkait teknologi, mulai digital marketing, social media marketing, programming, IT development, dan sebagainya, juga tersedia di QuBisa. 

Inovatif, Solutif, dan Kreatif

Karyawan yang dapat diandalkan perusahaan akan memiliki tiga sifat utama, yaitu inovatif, solutif, dan kreatif. Dengan memiliki ketiga sifat tersebut, Anda akan mampu meningkatkan kualitas diri sendiri sekaligus memiliki terobosan-terobosan yang bagus pula dalam meningkatkan kinerja karyawan, produktivitas, dan dapat ikut memajukan perusahaan. 

Demikian cara meningkatkan prestasi agar layak dapat promosi. Sebagai catatan, teruslah belajar dan mengembangkan diri serta kemampuan yang dimiliki. Karir Anda ya Anda sendiri yang memutuskan. Karir Anda tidak bergantung pada orang lain, melainkan bergantung pada usaha Anda sendiri.

Jadilah kreatif saat bekerja
No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua