Unduh Aplikasi QuBisa
5 Langkah Tepat Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan
Artikel
Motivation

5 Langkah Tepat Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Motivasi kerja karyawan adalah aspek pokok yang harus dimiliki agar karyawan bisa berkontribusi lebih untuk peningkatan kinerja bisnis dan perusahaan. Adanya motivasi kerja ini, karyawan akan memberikan yang terbaik, bekerja lebih produktivitas, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Motivasi kerja karyawan perlu dipertahankan dan membutuhkan upaya yang berkelanjutan. Dalam sebuah perusahaan adalah hal yang wajar jika motivasi karyawan naik turun karena setiap pekerja punya dinamikanya sendiri. Nah, bagaimana langkah tepat meningkatkan motivasi kerja karyawan?

Mengapa Motivasi Kerja Karyawan Itu Penting?

Hingga hari ini, masih ada perusahaan yang menyepelekan motivasi kerja karyawan. Ini dibuktikan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Gallup tentang State of the Global Workplace. Penelitian tersebut menemukan bahwa 63% karyawan di seluruh dunia dilaporkan tidak terlibat dengan pekerjaannya. 

Ini artinya, mereka tidak memiliki motivasi dan cenderung tidak menginvestasikan waktu serta tenaga dengan baik, untuk mencapai tujuan perusahaan. Sementara, 24% lainnya dilaporkan tidak terlibat secara aktif, menunjukkan bahwa pekerja tidak bahagia, dan tidak produktif di tempat kerja.

Mengapa motivasi kerja karyawan itu penting? Karyawan yang termotivasi adalah karyawan yang memiliki pribadi produktif. Memiliki karyawan yang seperti ini memungkinkan perusahaan mencapai hasil yang lebih tinggi. Bayangkan, kalau karyawan tidak bersemangat dalam bekerja dan hanya menghabiskan waktu untuk kepentingan pribadi, perusahaan yang Anda pimpin dapat berada dalam posisi yang sangat berisiko.

Sebaliknya, karyawan yang memiliki motivasi kerja tinggi, mereka memiliki pondasi dasar untuk menuju kesuksesan dan konsisten menjalankan tugas mereka dengan sebaik mungkin. Maka, meningkatkan motivasi kerja karyawan tidak hanya berdampak positif bagi perusahaan, tetapi juga bagi individu karyawan itu sendiri. Karyawan Anda dapat terus mengembangkan diri dengan menggali potensi yang ada.

5 Langkah Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Karena memotivasi karyawan adalah upaya yang berkelanjutan, Anda tentu perlu terlebih dahulu menjadi leader yang tangguh. Kemudian, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Suasana tempat kerja sangat penting bagi karyawan. Maka, buatlah ruang kerja yang nyaman, dipenuhi semangat dan energi positif. Anda juga dapat memberikan kebebasan pada setiap karyawan untuk mengatur meja kerja dengan ornamen yang mereka inginkan asalkan tidak berlebihan.

Selain itu, menciptakan iklim kerja positif bisa dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang disegani, tidak menjadi pemimpin yang arogan, dan menerapkan servant leadership. Ciptakanlah hubungan baik dengan setiap karyawan agar lingkungan kerja selalu harmonis.

Menerapkan Cara Berkomunikasi Efektif

Meningkatkan motivasi kerja dapat dilakukan dengan membangun komunikasi efektif di tempat kerja. Anda bisa memulainya dengan rutin mengadakan diskusi secara langsung, atau komunikasi secara tatap muka. Cara ini, bisa membantu Anda memahami gaya komunikasi masing-masing individu di dalam perusahaan. 

Usahakan untuk secara rutin melakukan pertemuan dan diskusi, alih-alih hanya berkomunikasi melalui email atau grup Whatsapp. Memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mengeluarkan pendapat, membangun kedekatan dengan karyawan. 

Dampak positif berikutnya, motivasi kerja mereka pun mengalami peningkatan, karena mereka merasa diperhatikan, didengar pendapatnya, dan dilibatkan dalam misi perusahaan mencapai tujuan.

Memberi Apresiasi Atas Prestasi

Menghargai kinerja pekerja Anda akan memperkuat keterlibatan mereka dalam mencapai tujuan yang ditargetkan perusahaan. Berilah apresiasi atas apa yang telah dikerjakan untuk menunjukkan bahwa Anda bangga dengan pencapaian mereka.

Apresiasi tidak harus selalu dengan reward atau hadiah. Anda dapat mengucapkan langsung atau secara lisan, rasa terima kasih Anda kepada karyawan atau tim yang sudah berkontribusi. Berilah pujian yang tulus dari hati dan sampaikan kepada seluruh anggota tim bahwa mereka telah melakukan kerja yang sangat baik. Apresiasi ini sangat berguna untuk mengakui usaha, membangun kesetiaan, dan meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan tidak melulu soal bonus, tunjangan atau keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan saja. Kesejahteraan karyawan juga bisa dicapai dengan tidak memberikan beban target di luar kemampuan karyawan.

Saat Anda menetapkan tujuan, berusahalah mengukur kesanggupan tenaga kerja yang Anda miliki. Jika Anda memberi banyak beban, karyawan Anda akan stres dan berdampak pada penurunan motivasi kerja. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar tahu, tanda-tanda menurunnya kinerja tim dan sesegera mungkin melakukan perbaikan.

Meningkatkan kesejahteraan karyawan, juga bisa dalam bentuk memberikan pelatihan manajemen, memberi paket kursus pengembangan diri, atau mengadakan webinar yang mendukung peningkatan skill dan kemampuan karyawan. Hal ini tidak saja menguntungkan karyawan, namun sudah pasti memberi dampak positif pula bagi peningkatan kinerja bisnis Anda.

Memberikan Kepercayaan dan Rasa Hormat

Memberikan kepercayaan dan memperlakukan pekerja dengan rasa hormat adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda. Berilah sedikit kebebasan pada karyawan Anda untuk mengatur beban kerja mereka sendiri dan menentukan siklus kerja yang membuat mereka nyaman dan bekerja lebih produktif

Berikan pula tanggung jawab kepada karyawan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas baru agar mereka merasa diperhitungkan dan diberi kesempatan untuk berkembang. 

Motivasi kerja karyawan adalah hal yang paling krusial. Motivasi kerja tersebut dibutuhkan untuk mendorong produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi karyawan Anda, seperti menciptakan suasana kerja yang positif, meningkatkan cara berkomunikasi, memberikan apresiasi dan memperhatikan kesejahteraan karyawan. Selain itu, Anda juga harus memberikan kepercayaan kepada karyawan Anda agar mereka merasa dihargai. 

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua