Unduh Aplikasi QuBisa
Manfaat Kerjasama Tim untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis
Artikel
Strategy

Manfaat Kerjasama Tim untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Manfaat kerjasama tim sangat besar untuk meningkatkan produktivitas, moral, dan kualitas keseluruhan produk. Selain itu, juga dapat meningkatkan kinerja bisnis. Teamwork dalam bekerja adalah salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap karyawan. Mengapa bisa begitu? 

Menurut penelitian yang pernah dilakukan Queens University of Charlotte, setidaknya ada tiga soft skill yang dilihat oleh manajer pada seorang karyawan untuk dimasukkan dalam daftar promosi, dan kemampuan kerjasama tim adalah salah satunya. 

Manfaat dari Kerja Sama Tim

Setiap orang yang berada dalam satu kelompok kerja, perlu kemampuan untuk dapat bekerja sama dengan baik. Tujuannya, agar dapat mencapai sasaran atau target yang sudah ditetapkan perusahaan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Pentingnya kerjasama tim juga sering dikaitkan dengan pengembangan karir sekaligus untuk pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kerja tim tidak hanya tentang menyelesaikan proyek bersama-sama. Sebab, teamwork dalam bekerja pun sebenarnya membantu Anda membangun komunikasi yang efektif, memahami sudut pandang rekan lainnya, dan belajar mengelola konflik dengan baik.

Berikut beberapa manfaat kerja sama tim untuk mengembangkan strategi organisasi yang berdampak pada peningkatan kinerja bisnis, antara lain:

Membentuk Tim yang Dinamis

Teamwork secara tidak langsung dapat membantu Anda memiliki tim yang solid dan dinamis. Bekerja secara berkelompok akan mendorong setiap anggota tim untuk bersama-sama mencari dan menerapkan strategi bekerja produktif dan saling membantu. 

Dengan cara ini, akan tercipta dinamika kerja tim yang kuat, yang menghasilkan output atau timbal balik yang besar. Steve Jobs bahkan mengatakan, hal-hal hebat dalam bisnis tidak pernah dilakukan oleh satu orang, melainkan oleh sekelompok orang.

Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi

Bekerja dalam tim berarti harus saling mendukung dan menyokong satu sama lain dalam menyelesaikan suatu proyek. Cara ini membuat pekerjaan dapat selesai pada waktu yang ditetapkan dan meraih pencapaian hasil yang optimal.

Anda yang terlibat dalam kerja sama tim tentu saja tidak boleh mementingkan diri sendiri. Sebab, kolaborasi serta tukar pendapat perlu dilakukan antar anggota tim untuk bisa mencapai keberhasilan organisasi secara keseluruhan dan merayakan pencapaian bersama-sama.

Mengumpulkan Banyak Ide

Ide yang dihasilkan dari satu kepala akan berbeda dengan ide yang dihasilkan dari banyak kepala. Artinya, bekerja bersama dalam tim akan meningkatkan antusiasme seluruh anggota tim. Masing-masing individu akan tertantang untuk memberikan ide-ide kreatif. Nantinya, satu ide yang muncul bisa dilengkapi dengan ide-ide lain, sehingga terjadi kolaborasi ide yang memunculkan inovasi baru. 

Di saat yang sama, mengumpulkan banyak ide seperti ini berguna untuk perkembangan pengetahuan setiap individu. Kemudian, akan berpengaruh pula pada penentuan strategi efektif yang akan dilakukan oleh perusahaan di masa yang akan datang. 

Hasil efektif tidaknya strategi yang diterapkan akan terlihat dalam penilaian manajemen kinerja serta pengukuran kinerja bisnis. Itu sebabnya, diperlukan banyak ide yang didapatkan dari diskusi tim, demi memberikan peningkatan kinerja bisnis secara signifikan.

Berbagi Beban Kerja

Pentingnya kerja sama tim selanjutnya adalah dapat berbagi tugas dengan rekan kerja. Memang terkadang, bekerja dalam tim lebih menantang karena berpeluang terjadinya konflik. Masalah yang muncul harus cepat diselesaikan dengan baik. Meski begitu, tetap saja bekerja bersama-sama justru lebih ringan dibandingkan bekerja sendiri.

Menggali Potensi Diri

Dapat menggali potensi diri dan menggunakan kekuatan yang Anda miliki pun merupakan manfaat kerja sama tim. Dalam kelompok, pembagian tanggung jawab biasanya berfokus pada keterampilan yang dimiliki oleh anggota, sehingga setiap tugas dapat ditangani dengan baik. 

Cara lain untuk bisa menggali potensi diri, Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar demi meningkatkan kemampuan diri. Anda bisa mengikuti kursus online gratis maupun kursus online berbayar yang memungkinkan Anda bisa belajar kapan saja dan dari mana saja. Selain itu, saat ini juga sudah banyak webinar gratis yang fokus pada personal development, leadership, career development, business, dan sebagainya.

Sebenarnya, manfaat kerja sama tim ini sering dibahas dan menjadi salah satu soft skill yang dicari dari seorang karyawan oleh suatu perusahaan. Pentingnya kerja sama tim, antara lain dapat membentuk tim yang kuat dan dinamis, serta meningkatkan kemampuan kolaborasi.

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menggali potensi diri, menghargai keberagaman dan perbedaan, meningkatkan produktivitas, dan berani mengambil risiko. Anda juga bisa mengikuti webinar Indonesia atau mengikuti kursus online cara mengukur dan meningkatkan kinerja bisnis. Pada kursus ini, Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai membuat pengukuran kinerja perusahaan untuk membantu manajemen dan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kinerja usaha.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua