Unduh Aplikasi QuBisa
Menguasai Teknik Public Speaking yang Baik
Artikel
Personal Development

Menguasai Teknik Public Speaking yang Baik

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum adalah hal yang sangat menguntungkan, terutama kalau pekerjaannya berhubungan dengan building team atau dengan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana menguasai materi public speaking dengan benar. Melalui pembahasan ini, semoga bisa membantu Anda mengetahui bagaimana cara melatih diri agar mampu berbicara di depan banyak orang.

Public speaking bukanlah kemampuan yang dibawa sejak lahir, tapi perlu latihan berulang hingga menjadi kebiasaan, sehingga Anda tahu caranya menyampaikan informasi atau pesan dengan baik kepada audiens atau lawan bicara.

Terlebih lagi di era globalisasi ini, Anda dituntut agar bisa menguasai materi public speaking, seperti 4 Kunci Public Speaking in New Era, dan ini berlaku untuk mahasiswa, pelajar, pegawai kantor, juga masyarakat umum yang sering melakukan presentasi. 

Banyak yang mengira bahwa keberhasilan public speaking hanyalah berani tampil di depan umum. Padahal, public speaking bisa dikatakan berhasil ketika Anda mampu menyampaikan informasi atau pesan dengan baik secara verbal maupun non verbal.

Menguasai Teknik Public Speaking yang Baik

Bagi Anda yang ingin belajar public speaking agar mahir dan cerdas dalam presentasi dan sedang mencari referensi materi public speaking yang baik dan benar, berikut beberapa tips untuk Anda.

Kuasai Materi Pembahasan

Berbicara di depan umum pastinya bertujuan untuk menyampaikan materi pembahasan. Maka, sudah pasti Anda harus menguasai apa yang menjadi topik materi yang ingin Anda sampaikan pada khalayak umum.

Tips sederhana yang bisa Anda lakukan, siapkan catatan kecil berisi poin-poin penting yang akan dibicarakan. Karena biasanya, rasa gugup bisa menyebabkan Anda lupa akan materi yang hendak disampaikan. Ini merupakan salah satu presentation skill yang perlu Anda kuasai terlebih dahulu.

Maju dengan Percaya Diri

Berdiri di depan para audiens tanpa rasa percaya diri akan jadi percuma saja. Seharusnya, Anda yakin bahwa Anda adalah seorang yang ahli dan mengerti betul dengan apa yang Anda sampaikan. Misalnya saja topik yang Anda sampaikan mengenai kesehatan dan olahraga, maka pastikan Anda menguasai semua materi mengenai kesehatan dan olahraga, kemudian yakinkan diri Anda kalau mampu membagikan hal-hal positif terkait tema tersebut untuk membantu orang lain. 

Berinteraksi dengan Audiens

Yang namanya komunikasi, pastinya dilakukan lebih dari satu orang. Artinya, pasti ada interaksi dua arah di dalamnya. Jangan mengira, tugas Anda hanya menyampaikan semua materi tanpa melibatkan orang lain. Cobalah sesekali berkomunikasi dengan audiens, kalau perlu ajaklah audiens untuk maju, kemudian ikut berpartisipasi dalam bahasan yang baru saja Anda sampaikan.

Kombinasikan Pesan yang akan Disampaikan

Duduk berlama-lama sambil mendengarkan Anda berbicara di depan terkadang membuat audiens agak bosan atau malah mengantuk. Untuk itu, cobalah menyisipkan humor dan buatlah acara menjadi lebih santai. 

Sembari membahas materi public speaking yang berat, ada pula “penyegaran” yang dilakukan demi memancing audiens untuk tetap antusias. Bahkan dengan humor yang membuat audiens tertawa kecil dapat meningkatkan energi dan mood audiens. Hanya saja, humor yang Anda pilih harus cerdas dan tidak menyudutkan orang lain.

Sampaikan Materi dengan Jelas

Inti dari public speaking adalah bagaimana agar Anda bisa menyampaikan pesan yang terkandung dalam materi yang Anda bawakan. Untuk itu, sampaikan dengan bahasa yang ringan, intonasi dan penyebutan setiap kata jelas, tidak terlalu cepat saat berbicara, dan tidak juga terlalu lambat. 

Itulah beberapa poin penting dalam teknik menguasai materi public speaking yang tepat. Perlu Anda ingat, seluas apapun pengetahuan, tanpa latihan yang cukup, hanya akan sia-sia. Hal paling penting, kenakan pakaian yang tepat, misalnya menggunakan jas atau kemeja agar terkesan lebih formal. Semoga bermanfaat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua