Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menghitung Gaji bagi Fresh graduate yang Baru Bekerja
Artikel
HR Management

Cara Menghitung Gaji bagi Fresh graduate yang Baru Bekerja

Punto Wicaksono10 Jun 233 menit membaca

Informasi tentang gaji pertama menjadi hal yang penting bagi fresh graduate. Itu sebabnya, calon tenaga kerja yang baru lulus harus tahu update tentang gaji untuk posisi yang ingin dilamar sebelum mulai melamar kerja.

Tujuannya agar mendapatkan kompensasi yang sesuai. Perhitungan gaji biasanya bisa dinegosiasikan saat wawancara kerja. Lantas, berapa seharusnya gaji pertama fresh graduate dan bagaimana cara menghitungnya?

Cara Menghitung Gaji Pertama bagi Fresh Graduate

Gaji pertama fresh graduate bisa dibedakan menjadi dua tergantung kapan kamu mulai bekerja. Jika mulai bekerja bukan pada awal bulan, tetapi pada pertengahan bulan, maka gaji pertama disebut dengan gaji prorata.

1. Gaji Prorata

Gaji prorata diambil dari bahasa Italia, prorate, yang berarti proporsional. 

Gaji prorata adalah gaji yang diterima karyawan sesuai dengan waktu kerja yang telah dijalani dan biasanya diterima oleh karyawan yang mulai bekerja bukan di awal bulan. 

Dengan kata lain, gaji yang didapatkan dari gaji prorata, nominalnya akan lebih kecil dari gaji yang tertera di dalam kontrak.

Cara menghitung gaji prorata juga berbeda dari gaji bulanan, karena banyak indikator yang perlu diperhitungkan. Menghitung gaji prorata dilakukan dengan mengalikan jumlah jam kerja dengan upah per jamnya.

Menghitung gaji bulanan

2. Gaji Bulanan

Gaji bulanan adalah gaji yang dihitung gaji pokok ditambah dengan berbagai tunjangan. Bisa pula dikatakan, gaji bulanan adalah gaji yang sama dengan nilai yang sudah disepakati dan tercantum di kontrak. 

Jika pelamar kerja merupakan fresh graduate, mereka harus mengikuti training terlebih dahulu yang gajinya lebih sedikit dibandingkan dengan kontrak. 

Nanti setelah masa training usai, baru nominal gaji akan disesuaikan dengan yang sudah disepakati bersama di kontrak kerja.

Gaji Fresh Graduate di Berbagai Bidang Pekerjaan

Selain mengetahui cara menghitung gaji pertama fresh graduate, kamu juga perlu mempertimbangkan gaji di profesi atau bidang pekerjaan tertentu, termasuk bidang pekerjaan yang kamu incar. 

Supaya saat melamar kerja, kamu tahu perkiraan gaji yang seharusnya didapatkan dan bisa kamu negosiasikan pada saat wawancara kerja. Gaji fresh graduate dalam berbagai bidang, di antaranya:

1. Gaji Bekerja di Pertambangan dan Perminyakan

Gaji pertama fresh graduate dalam bidang tambang di Indonesia bisa berkisar antara  8-15 juta. Bahkan jika Anda bekerja di perusahaan internasional bisa mencapai 20 juta per bulan.

Lapangan pekerjaan dalam bidang ini pun cukup terbuka di Indonesia karena Indonesia memiliki banyak sumber daya tambang, seperti batu bara dan minyak bumi.

2. Pemasaran dan Kreatif

Profesi bidang pemasaran dan industri kreatif sangat dibutuhkan di segala bidang karena sekarang era teknologi, sehingga lapangan pekerjaan pun semakin banyak. 

Gaji pertama untuk fresh graduate bidang pemasaran dan kreatif berkisar 5-10 juta.

3. Pendidikan

Kamu tertarik bekerja di bidang pendidikan? Jika iya, kamu bisa mengambil jurusan pendidikan saat kuliah. Nanti setelah lulus, kamu bisa menjadi tenaga pengajar (guru atau dosen). 

Untuk guru, gaji fresh graduate bisa berkisar 1-4 juta, tergantung guru PNS atau honorer. Sedangkan untuk dosen, gaji bisa berkisar 8-15 juta tergantung dengan tunjangan dan golongan dosen tersebut.

menghitung gaji fresh graduate

4. Ekonomi dan Manajemen

Jika menginginkan gaji yang besar, bidang ini biasanya menyediakan gaji dengan nominal menjanjikan, tergantung posisi krusial dalam perusahaan. 

Untuk fresh graduate biasanya akan menjadi staff kalau baru pertama kali bekerja dan memperoleh gaji berkisar 5-8 juta perbulan. 

Sementara kalau bekerja di perusahaan yang memiliki jenjang karir bagus, kenaikan gaji bergantung dari jenjang karir yang bisa kamu raih.

5. Kesehatan

Gaji pertama dokter bisa berkisar 5-10 juta serta perawat dan apoteker berkisar 2-3 juta. Lapangan pekerjaan kesehatan cenderung lebih mudah dan selalu dibutuhkan, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang.

Demikian cara menghitung gaji bagi fresh graduate dan referensi nominal gaji pertama yang bisa kamu ketahui. Bahkan HR pun perlu tahu pasaran gaji fresh graduate untuk memudahkan proses negosiasi gaji. Selanjutnya, baru kamu cari tahu mengenai Slip Gaji Karyawan: Isi, Format, dan Cara Menghitungnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua