Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menghitung Engagement Rate Instagram
Social Media Marketing

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Bagi Anda yang sering berkecimpung dalam dunia bisnis di media sosial, pasti tidak asing dengan media sosial bernama Instagram. Sekarang media sosial yang satu ini juga menyediakan insight Instagram yang bisa diakses jika akun tersebut diubah menjadi akun bisnis. Melalui insight yang tersedia, Anda bisa menghitung engagement rate Instagram dengan lebih mudah.

Tetapi apa itu ER Instagram? Yang dimaksud dengan engagement rate adalah indikator besar maupun kecilnya interaksi yang terjadi pada sebuah akun Instagram. Hal ini dilihat dari seberapa banyak interaksi yang terjadi antara sebuah akun dengan para pengikutnya. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghitung engagement rate Instagram. Setiap cara bisa membantu Anda mendapatkan wawasan mengenai kinerja akun Instagram, sekaligus untuk menemukan strategi social media marketing apa yang harus dilakukan untuk mengembangkannya.

Sebelum Anda melakukan perhitungan ER Instagram, ada baiknya Anda melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan angka engagement rate Instagram, dengan cara mempelajarinya dari rekomendasi kursus online dalam bentuk microlearning yang tersedia di platform belajar online Indonesia, berikut ini:

Cara Menghitung ER Instagram

3 Cara Menghitung ER Instagram

Pada artikel di aplikasi belajar online QuBisa kali ini, ada tiga cara yang biasa dilakukan untuk menghitung engagement rate Instagram, yaitu:

Dengan Memakai Ms.Excel

Jika Anda ingin menghitung engagement rate IG yang Anda miliki, tinggal kumpulkan dulu total likes dari 10 postingan (bukan yang merupakan konten promosi atau diiklankan). Kumpulkan juga jumlah komentarnya dan setelah itu tambahkan keduanya. 

Jika sudah, masukkan jumlah followers Anda. Adapun rumus dasar yang biasa dipakai adalah jumlah likes : jumlah postingan : jumlah pengikut. Terakhir, bagi jumlah total followers dan jumlah likes, maka Anda akan mendapatkan seberapa besar angka ER Instagram akun Anda.

Memanfaatkan Situs Cek ER Instagram Gratis

Bukan hanya bisa memanfaatkan Ms.Excel saja, sebab Anda juga bisa menggunakan cara lain yang lebih praktis untuk mengecek engagement rate Instagram. Ada banyak platform yang menyediakan tool khusus untuk menghitung ER IG. Cara menggunakannya juga sangat mudah, bagi yang baru pertama kali menggunakannya pun tak akan kesulitan.

Beberapa platform yang menyediakan jasa hitung ER Instagram, misalnya Phlanx, Sociabuzz, dan masih banyak lagi. Anda cukup membuka salah satu platform, masukkan nama akun Instagram yang ingin dicek engagement rate totalnya. Lalu, klik OK, dan tool tersebut akan menghitung ER secara otomatis serta akurat.

Umumnya, platform yang menyediakan tool seperti ini akan menampilkan laporan yang lengkap. Selain menunjukkan berapa angka ER Instagram, juga menunjukkan berapa rata-rata likes dan komentar per postingan, jumlah total postingan dan followers, serta lainnya.

menghitung ER secara manual

Pakai Cara Manual yang Sederhana

Selain kedua cara yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghitung engagement rate Instagram, yaitu menghitungnya secara manual dengan berbekal kalkulator saja. 

Perhatikan rumus yang akan digunakan, yaitu Engagement Rate = (Jumlah Like +  Jumlah Komen) : Jumlah Followers Total.

Jika ingin menghitung engagement rate Instagram Anda dengan cara manual, tinggal memakai rumus yang telah disebutkan di atas. Hasil yang didapatkan, lalu Anda ubah menjadi persen, supaya Anda pun tahu berapa persen engagement rate yang dimiliki akun Instagram milik Anda.

Demikian beberapa cara paling umum yang banyak dipakai untuk menghitung engagement rate Instagram. Semakin besar angka ER, semakin bagus engagement yang terjadi di akun Anda.  Oleh karena itu, supaya ER Instagram bagus, pastikan Anda membuat konten yang bermanfaat dan sesuai dengan minat followers, lalu bangun hubungan dekat dengan followers sehingga mereka tidak segan memberi like, komentar, maupun membagikan postingan Anda dalam jaringan pertemanan mereka. Cara ini cukup bagus untuk mengundang lebih banyak followers untuk berinteraksi di akun Instagram Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua