Mengenal Tingkatan, Jenis Stres, dan Penanganannya

Stress Management | 26 Feb 5 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
Mengenal Tingkatan, Jenis Stres, dan Penanganannya

Stres adalah suatu kondisi di mana tubuh memberi reaksi atas tekanan, ancaman, atau kondisi yang membuatnya tak nyaman. 

Penyebabnya, bisa berbagai macam hal. Bisa jadi karena kondisi ekonomi, tekanan dan beban kerja, keluarga kurang harmonis, impian dan harapan diri yang tertinggi. Penyebab lain, bisa karena kurang percaya diri, overthinking, dan sebagainya. 

Agar bisa mengetahui secara pasti apa yang membuat seseorang mengalami stres, Anda perlu memahami jenis stres dan cara mengelola stres

Jenis Stres dan Manajemen Stres yang Efektif

Menjalani hidup ini memang sebaiknya harus dilakukan dengan pikiran yang tenang. Rasa syukur dan sabar bisa menjadi cara yang paling efektif sebagai bentuk dari manajemen stres. Namun untuk lebih detailnya, pada artikel Qubisa kali ini terdapat informasi mengenai beberapa jenis stres dan cara mengatasinya yang efektif dan lebih spesifik.

Stres Positif

Jenis yang pertama, stres yang memiliki makna positif. Banyak orang yang mengartikan jika stres merupakan hal yang selalu negatif, padahal sebenarnya tidak. Hal-hal yang positif ternyata juga bisa membuat seseorang merasa stres. Misalnya, banyak orang yang justru mengalami tekanan ketika akan melangsungkan pernikahan, stres dalam pekerjaan, atau stres saat akan menghadapi kelulusan.

Mengalami stres untuk acara-acara yang baik seperti ini merupakan hal yang wajar terjadi, sepanjang stres yang dialami tidak terlalu berat. Justru stres seperti ini berdampak baik untuk kesehatan, karena sebenarnya stres dalam tingkatan rendah terbukti mampu meningkatkan sistem imun. Selain itu, stress positif seperti ini juga membuat seseorang yang mampu menemukan inspirasi dan bahkan mencapai target yang diinginkan.

Jenis stres dan cara mengelola stress yang baik agar Anda bisa merasa nyaman

Distres internal

Jenis stres selanjutnya, yaitu distres internal. Jenis stres yang satu ini memang termasuk sebagai tekanan akibat hal-hal yang buruk. Berbeda dengan stres positif, stres ini diakibatkan karena adanya ancaman atau situasi yang tidak menyenangkan.

Saat mengalami stres macam ini, tubuh secara otomatis akan membentuk pertahanan diri sehingga memunculkan perasaan tidak nyaman. Tubuh memang secara hakikat senang pada posisi yang nyaman, sehingga saat ada ancaman tentu seseorang akan berusaha untuk memikirkan cara untuk mempertahankan diri. Pikiran-pikiran tersebut menyebabkan tubuh mengalami distres internal. Anda sebaiknya mampu mengelola stress dengan baik ketika hal ini terjadi.

Distres akut

Tipe stres berikutnya, yaitu distres akut. Tragedi yang mengerikan bisa menyebabkan seseorang mengalami stres akut. Distres akut, biasanya terjadi dengan cepat karena jenis peristiwa yang terjadi sekilas.

Stres ini berbeda dengan jenis stres kronik yang penderitanya bisa mengalami stres dalam waktu yang lama. Jenis stres yang satu ini bisa membahayakan apabila seseorang mengalaminya secara berlebihan. 

Stres yang berlangsung dalam tingkatan tinggi, dapat menyebabkan hyperstress. Ada banyak cara mengatasi stress yang bisa dilakukan sendiri, tetapi jika mengalami stres berat sebaiknya hubungi psikolog.

Hipostres

Hipostres juga merupakan salah satu jenis stres yang diakibatkan karena hal buruk. Jenis stres ini terjadi ketika seseorang mengalami suatu keadaan akibat tidak ada tekanan sama sekali. Dengan kata lain, Hipostres dapat dikatakan sebagai ketiadaan stres yang justru membuat seseorang mengalami bosan yang luar biasa.

Seseorang yang mengalami jenis satu ini tidak memiliki tekanan untuk melakukan sesuatu dan bahkan tidak merasakan tantangan apa pun. Akibat lanjutannya, bisa terjadi depresi, bahkan muncul keinginan untuk mengakhiri hidup karena menganggap hidupnya merupakan suatu kesia-siaan.

Anda harus memahami jenis stress dan manajemen stress yang tepat agar bisa menghargai diri sendiri

Eustress

Eustress merupakan jenis stres yang bisa dikatakan sebagai stres yang baik untuk seseorang. Tekanan yang terjadi tidak membuat seseorang merasa terpuruk akan tetapi justru berusaha untuk mengatasinya. Stres seperti ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki manajemen stress yang sangat baik.

Tekanan yang terjadi pada stres jenis ini justru membuat orang sadar bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan. 

Jika Anda pernah mengalami beberapa jenis stres seperti yang diulas pada artikel ini, cobalah untuk mencari solusinya sesegera mungkin. Lakukan pula upaya peningkatan personal development dengan mengikuti webinar Indonesia, kursus online gratis maupun berbayar.

Selain itu, Anda bisa sering-sering belajar online di Qubisa platform belajar online Indonesia. Tujuannya, supaya Anda bisa lebih nyaman dan menerima diri Anda sendiri. Anda juga bisa mempelajari berbagai hal terkait stress management, mulai dari cara melakukan self healing, psikologi, dan sebagainya. 

Prinsipnya, memahami penyebab, jenis stres, dan manajemen stres perlu dikuasai siapa pun. Mengingat, stres bisa dialami siapa saja, bahkan oleh orang yang paling berpikiran positif.

Artikel Terkait

Ke Atas