Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Search Engine Optimization untuk Pemula
Artikel
Web Development

Mengenal Search Engine Optimization untuk Pemula

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari merupakan serangkaian cara yang dilakukan dengan sistematis agar algoritma mesin pencari dapat mengenali dan merekomendasikan website kepada pengguna internet yang mengetikkan kata kunci tertentu.

Secara teknis, tujuan dari SEO adalah untuk meningkatkan kualitas dan volume traffic website, sehingga informasi yang disampaikan dapat menyebar luas. Selain itu, masih ada lagi manfaat SEO, terutama bagi bisnis online, antara lain dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan mendatangkan traffic potensial dengan target yang lebih jelas. Selain itu, manfaat SEO bagi bisnis online juga memungkinkan Anda melakukan promosi selama 24 jam setiap harinya.

Mengenal Search Engine Optimization untuk Pemula

Bagi Anda yang baru berkecimpung di ranah digital atau baru memulai bisnis online, Anda bisa belajar tentang Search Engine Optimization (SEO). Ikuti langkah-langkah mengenal SEO untuk pemula berikut ini.

Memahami Konsep Dasar SEO

Konsep dasar SEO adalah bagaimana cara menempati peringkat pertama pada halaman pencarian di mesin pencari, seperti Google, saat ada pengguna internet mengetikkan keyword tertentu. Untuk menempati peringkat pertama, website Anda harus menjadi yang terbaik berdasarkan penilaian algoritma Google.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian algoritma Google, antara lain intensitas penyebutan keyword, relevansi judul dengan isi artikel, kecepatan loading, serta struktur dan navigasi konten yang harus jelas. 

Selain itu, Google menyukai halaman website yang mendapatkan rekomendasi dari website lain yang berkualitas. Bentuknya berupa penyematan tautan website Anda. Tautan tersebut dinamakan backlink.

Search Engine Optimization tentunya berkaitan dengan riset keyword

Riset Keyword

Optimasi Search Engine Optimization (SEO) sangat erat kaitannya dengan kata kunci atau keyword. Banyak langkah yang dilakukan untuk menjadi pemenang dalam keyword tertentu. Anda perlu melakukan riset untuk menemukan keyword yang tepat.

Riset keyword adalah upaya untuk menemukan kata kunci yang memiliki banyak pencarian, namun belum banyak diulas website lain. Bisa dibilang, kompetisi dalam keyword tersebut masih rendah, sehingga terbuka peluang bagi Anda untuk menempati peringkat pertama. Semakin tinggi kompetisi pada sebuah kata kunci, akan semakin sulit persaingannya.

Anda dapat melakukan riset keyword dengan bantuan tools yang banyak tersedia di internet. Beberapa tools riset keyword, seperti Ahrefs, KWFinder, MOZ, Ubersuggest, Google Trends, dan lain-lain.

SEO On Page dan SEO Off Page

SEO dapat digolongkan menjadi dua kategori, yakni SEO on page dan SEO off page. Untuk bisa mendapatkan manfaat SEO bagi bisnis online secara optimal, Anda perlu melakukan semua teknik SEO.

SEO on page adalah teknik SEO yang diterapkan di dalam materi konten dan website itu sendiri. Anda perlu memperhatikan kapasitas hosting, platform CMS, kecepatan loading, navigasi website, serta struktur website.

Manfaat SEO bagi bisnis online dan tools riset keyword gratis

SEO on page juga perlu dilakukan secara reguler pada setiap konten yang dibuat. Pastikan Anda membuat artikel yang SEO friendly, yakni memiliki intensitas penyebutan keyword yang tepat, optimasi gambar, serta menyematkan internal backlink dan external backlink.

Selain SEO on page, optimasi perlu pula dilakukan melalui teknik SEO off page. SEO off page adalah optimasi SEO pada faktor-faktor di luar website. Teknik SEO off page, antara lain link building, branding, dan membagikan konten website di berbagai platform media sosial.

Manfaat SEO bagi bisnis online dapat Anda rasakan jika konsisten dalam menerapkan teknik SEO, baik SEO on page maupun SEO off page. Optimasi Search Engine Optimization (SEO) perlu dilakukan secara sistematis, rutin, dan hati-hati, agar tidak melanggar kebijakan Google.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua