Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Sejarah Nusantara
Artikel
Geography

Mengenal Sejarah Nusantara

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sejarah dan perjuangan yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari sejarah nusantara, hingga zaman reformasi seperti sekarang ini. Semuanya telah melalui waktu yang cukup panjang. 

Sejarah yang telah dialami oleh negara ini, tentunya menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan yang telah membawa Indonesia menuju kebebasan dari penjajahan.

Sebelum adanya Republik Indonesia, Nusantara telah dijajah oleh beberapa negara. Berkat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi, Indonesia menjadi negara merdeka yang independen. 

Untuk membahas lebih lanjut tentang asal mula Nusantara dan sejarah Nusantara, tim Qubisa akan berbagi informasi mengenai kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Kerajaan Hebat yang Menjadi Cikal Bakal Sejarah Nusantara

Jauh sebelum tahun masehi, Nusantara menjadi nama yang dikenal oleh masyarakat masa itu, mulai dari wilayah ujung Sumatera hingga Papua. Sejarah Nusantara menyebutkan bahwa Nusantara memiliki wilayah dengan berbagai kerajaan yang mendiaminya. Lalu apa saja kerajaan tersebut?

Kerajaan Majapahit

Tidak lengkap rasanya jika membahas asal muasal terbentuknya Nusantara tanpa menyebut kerajaan besar yang satu ini. Majapahit adalah salah satu kerajaan besar dan berpengaruh karena berhasil menaklukan semua wilayah yang ada di Nusantara. 

Kerajaan ini dibentuk tahun 1293 dan terus mengembangkan perluasan wilayah kepulauan di Indonesia yang strategi hingga ke berbagai daerah, seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan tentunya Jawa.

Kerajaan Mataram

Tidak kalah dari kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram juga hampir menjadi poros maritim dunia karena memiliki pengaruh yang besar di Nusantara terutama di Jawa. Kesultanan Mataram berdiri pada akhir abad ke-16 dan hanya bertahan sekitar 100 tahun. Pada masa kerajaan Mataram, Belanda mulai berani memasuki Nusantara dan menyebabkan banyak kekacauan, kerajaan inilah yang banyak melakukan perlawanan kepada Belanda pada saat itu.

Kerajaan Singasari

Sejarah Nusantara tidak lengkap jika tanpa Kerajaan Singasari. Sama halnya dengan Kesultanan Mataram, Kerajaan Singasari juga hanya bisa berdiri sekitar 100 tahun bahkan kurang. Singasari berdiri sejak tahun 1222 dan dianggap sebagai cikal bakal hebatnya kerajaan Majapahit. Di kerajaan ini, Ken Arok terkenal sebagai raja pertama yang berhasil membangun Singasari menjadi kuat dengan tersebarnya wilayah kekuasaan hingga Pulau Sumatera.

Kerajaan Kutai

Kerajaan yang menjadi contoh letak geografis dan riwayat geologi Nusantara ini hanya memiliki sedikit bukti sejarah. Hal ini tentunya berbeda dengan Kerajaan Majapahit yang memiliki banyak bukti sejarah. Kerajaan Kutai dianggap sebagai kerajaan yang paling lama berdiri di Indonesia. Para ilmuwan menemukan beberapa prasasti yang terdapat cerita tentang sejarah Kerajaan Kutai yang mampu berdiri hingga tahun 1200.

Kerajaan Sriwijaya

Dalam sejarah Nusantara menyebutkan bahwa Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini telah berdiri sekitar abad ke-7 masehi, hal ini berdasarkan bukti yang terdapat pada prasasti dan catatan perjalanan yang berada di Tiongkok. Sama halnya dengan kerajaan lain, Sriwijaya juga telah berpengaruh bagi seluruh Nusantara pada saat itu.

Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia ini telah berdiri pada tahun 450 masehi. Konon nama Tarumanegara berasal dari kata “taruma” yang artinya adalah sungai yang membelah Jawa Barat atau Sungai Citarum, dan kata “negara” yang berarti negara atau kerajaan. 

Bukti dari peninggalan sejarah Nusantara ini adalah ditemukannya candi yang sangat luas bernama candi Batujaya di Muara Citarum yang dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Masih banyak kerajaan yang menjadi sejarah Nusantara dan tentunya tidak boleh kita lupakan. Kalau ingin mempelajari lebih banyak mengenai sejarah Nusantara, Anda bisa mempelajarinya di Qubisa platform belajar online Indonesia dan masuk kategori Geografi Nusantara. Bahkan, Anda bisa mencari tahu tentang Mengapa Sawahlunto Terpilih Sebagai Warisan Dunia UNESCO?

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua