Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya
Digital Marketing

Mengenal Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya

Wanda Indana24 Jan 236 menit membaca

Dalam berbisnis Anda tentunya perlu memahami perilaku konsumen, termasuk bagaimana proses mereka yang awalnya belum mengenal produk Anda sampai akhirnya menjadi konsumen yang loyal. Ini namanya tahapan marketing funnel.

Iya, marketing funnel itu bentuk lain dari customer journey, yang menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand, mengenal, menimbang, melakukan pembelian, menilai produk, sampai menjadi pelanggan.

Marketing funnel ini tentu akan menjadi sebuah siklus pemasaran dan membantu mengonversi semua prospek sampai akhirnya menjadi pelanggan. Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja di dunia marketing atau memiliki bisnis sendiri, mempelajari marketing funnel menjadi suatu keharusan. Dengan memahami marketing funnel, Anda jadi tahu bagaimana persisnya pengerucutan di dunia marketing itu terjadi.

Nah, artikel ini akan dijelaskan tentang marketing funnel, manfaat dan tahapan-tahapannya. Mari simak ulasannya berikut ini:

Apa itu Marketing Funnel?

Marketing funnel adalah langkah-langkah yang menunjukkan proses penjualan dari awal hingga akhir. Funnel inilah yang dipakai untuk mewakili perjalanan konsumen. Ini mencakup semua tahapan. Mulai dari membangun awareness hingga ke tahap saat konsumen siap membeli produk atau layanan yang ditawarkan dan akhirnya menjadi pelanggan.

Maka dari itu, tahapan marketing funnel boleh dibilang kerangka kerja yang penting untuk dipahami. Sebab, ketika bisnis Anda belum mempunyai tim marketing, atau belum memiliki anggaran yang cukup, menerapkan marketing funnel akan membantu Anda memprioritaskan dan menjalankan strategi marketing yang efektif.

Manfaat Marketing Funnel

Marketing funnel dibutuhkan untuk mengukur kualitas pemasaran yang sudah dilakukan. Proses ini juga berfungsi sebagai bahan evaluasi supaya marketer dapat menciptakan strategi yang lebih baik di masa depan. Selain itu, menurut Sprout Social, ada beberapa manfaat marketing funnel. Mau tahu? Berikut rinciannya:

  1. Menemukan strategi paling ampuh untuk membantu konsumen.
  2. Memahami motivasi yang mendorong prospek untuk membeli produk atau jasa.
  3. Membantu menyadari mengapa beberapa strategi pemasaran hanya bekerja pada tahap funnel tertentu.
  4. Mencari cara terbaik untuk membina hubungan dengan klien potensial.
  5. Membuat rencana pemasaran praktis kepada pengguna di berbagai tahap funnel.

Tahapan Marketing Funnel

Berikut penjelasan tentang tahapan marketing funnel.

1. Awareness

Pada tahap ini, orang-orang biasanya baru akan mengetahui produk yang dipasarkan. Boleh dibilang, tahap ini adalah bentuk perkenalan sebuah produk kepada masyarakat luas. Ada banyak cara agar produk bisa dikenal. Misanya, lewat medium/platform digital, lewat tayangan video yang beredar di YouTube, dibicarakan dalam podcast, diiklankan melalui media sosial, tidak sengaja ditemukan di Google, dan lain sebagainya.

2. Interest

Tahap berikutnya setelah mengenal produk, orang-orang tentu sadar dan ada kemungkinan mereka berubah jadi calon pembeli. Perubahan dari awareness ke interest bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya, merasa bahwa suatu produk punya nilai. Saat prospek memasuki tahap marketing funnel ini, berarti mereka sudah tertarik dengan produk yang dipasarkan. Ciri atau tanda paling gampang mengetahui bahwa prospek mulai tertarik pada suatu produk adalah banyak mencari informasi di Google.

3. Consideration

Pada tahap ini, ketertarikan prospek sudah menjadi pertimbangan. Pertimbangan yang dimaksud adalah soal keinginan membeli produk yang dipasarkan. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah soal harga.

Dengan harga yang terjangkau, suatu produk akan lebih mampu mendapatkan pembeli ketimbang sebaliknya. Tapi, tunggu dulu, tahap ini belum bisa dianggap sebuah keberhasilan. Sebab, pada tahap ini biasanya calon konsumen masih akan menimbang-nimbang, terutama kalau ada alternatif-alternatif produk lain.

4. Conversion

Pada tahap terakhir, kepercayaan calon pembeli terhadap suatu produk sudah bulat dan mereka hanya tinggal menekan tombol beli di situs tempat penjualan produk dan akan langsung membayar untuk mendapatkan produk.

Itulah ulasan tentang marketing funnel, manfaat dan tahapannya. Berbicara mengenai marketing funnel di era digital seperti saat ini, platform belajar online QuBisa punya ulasan menarik yang bisa Anda tonton melalui beberapa microlearning berikut ini:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua