Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Jenis dan Tipe Kepribadian Manusia
Artikel
Psychology

Mengenal Jenis dan Tipe Kepribadian Manusia

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Tuhan menciptakan manusia dengan beragam watak dan karakter. Hampir tak mungkin manusia mempunyai tipe kepribadian yang sama persis satu sama lain, bahkan anak kembar pun biasanya memiliki kepribadian yang berbeda. Kepribadian inilah yang kemudian menentukan sifat dan perilaku seseorang.

Masyarakat masa kini mulai mengenal beberapa jenis kepribadian, seperti kepribadian ekstrovert, introvert, dan juga ambivert. Secara ilmu psikologi kepribadian tersebut memang ada, akan tetapi masih ada banyak lagi variasi serta penjelasan yang menarik.

Tipe Kepribadian Manusia secara Psikologi

Mengetahui tentang tipe kepribadian atau membaca karakter seseorang akan memudahkan Anda dalam mengenali dan berinteraksi dengan mereka. Contohnya, karakter gen X dan gen Y itu berbeda sehingga dibutuhkan kemampuan tersendiri untuk mengenali karakter mereka, sehingga Anda bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan mereka. 

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit untuk mengetahui kepribadian seseorang. Anda hanya perlu belajar memahami setiap karakter secara perlahan dan tidak terburu-buru, sebelum nanti memutuskan jenis kepribadian seperti apa orang yang sedang Anda ajak berinteraksi.

Hippocrates yang merupakan salah satu tokoh psikologi berpandangan bahwa alam semesta terdapat beberapa unsur yaitu unsur kering, bahas, unsur panas dan dingin. Unsur-unsur tersebut menurutnya sangat mempengaruhi kepribadian manusia. Berikut ini adalah beberapa karakter manusia yang perlu untuk Anda ketahui:

Kepribadian Sanguinis

Jenis kepribadian yang pertama ini memiliki unsur panas dari alam. Mereka memiliki sifat yang sangat bagus, yaitu optimistik, memiliki selera humor tinggi dan juga sangat aktif. Orang-orang dengan kepribadian sanguinis termasuk orang yang mudah bersosialisasi dan mudah bergaul dengan siapa pun. Mereka memiliki sifat kepemimpinan yang baik berkat karakter kepribadian yang dominan.

Namun sama seperti manusia pada umumnya, orang dengan kepribadian yang dominan ini memiliki kekurangan, seperti memberi kesan yang berantakan, cepat bosan, terlihat cuek sehingga tidak terlalu memperdulikan orang lain.

Meski begitu, kebanyakan orang sanguinis memiliki kreativitas tinggi sehingga wajar saja kalau mereka memiliki jiwa seni yang bisa mereka asah dengan sangat baik. Cocok berkarir sebagai seniman, juga sebagai artis atau berdiri di panggung hiburan berkat pembawaan mereka yang menyenangkan. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok dengan mereka, antara lain hal-hal yang bersifat entertainment, hiburan, kuliner, bahkan cocok menjadi traveler, dan lain sebagainya.

Kepribadian Koleris

Tipe kepribadian berikutnya adalah kepribadian koleris. Kepribadian ini cukup menarik, memiliki unsur kering sehingga sedikit bersifat emosional dan keras kepala. Sifat lain yang mendominasi, antara lain memiliki kemampuan dalam berpikir secara logika sehingga setiap keputusan yang diambil akan melalui proses pertimbangan matang. 

Kepribadian koleris cocok menjadi pemimpin karena kemampuannya dalam mengambil keputusan secara cermat memberi dampak positif dalam pekerjaan yang dijalani. Orang-orang dengan kepribadian koleris, termasuk sebagai orang dengan kepribadian cermat, dan memiliki fokus dalam bekerja, rasional, dan detail. Wajar jika mereka lebih banyak berkarir di bidang teknologi, pemrograman, teknik, akuntansi, dan hal-hal yang cukup rumit.

Kepribadian Melankolis

Jenis kepribadian melankolis memiliki sifat yang sensitif, tekun, dan juga serius. Mereka sering khawatir akan masa depan, sehingga lambat dalam mengambil keputusan. Sisi positifnya, mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi, sangat cinta pada keluarga, dan bagi mereka keluarga adalah yang nomor satu. Pekerjaan yang cocok untuk orang-orang dan kepribadian ini adalah seperti pekerja sosial, perawat, dan yang lainnya.

Kepribadian Plegmatis

Arti dari kepribadian plegmatis adalah sifat yang santai, ramah, antusias, teratur dan penuh dengan ketenangan. Sifat yang tenang ini karena mereka membawa unsur dingin dari alam. Kepribadian plegmatis juga memiliki kepribadian yang intim sehingga memiliki hubungan yang sangat baik pada orang lain dan senang persahabatan, cinta keluarga, hingga tetangga. Orang dengan sifat ini juga sangat sabar dan lemah lembut sehingga cocok mengikuti kegiatan sosial.

Demikian informasi tentang 4 tipe kepribadian manusia yang perlu untuk diketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda dan memudahkan dalam mengenali kepribadian manusia.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua