Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Ikigai dan Manfaatnya dalam Hidup
Artikel
Motivation

Mengenal Ikigai dan Manfaatnya dalam Hidup

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Pernahkah Anda mendengar tentang Ikigai? Lalu, sudahkah Anda mengenal Ikigai dan menerapkannya dalam hidup Anda? Selain konsep hidup minimalis, Jepang juga terkenal dengan Ikigai, yaitu konsep hidup bahagia. Ikigai lahir dari etos kerja masyarakat Jepang dan pressure yang mereka dapatkan dalam kehidupan yang dituntut serba cepat. 

Ya, Jepang memang terkenal dengan budayanya yang kental dan kegigihan masyarakatnya dalam menjalani hidup. Untuk memenuhi standar kehidupan yang tinggi, orang Jepang sering merasa lelah dan stres. Inilah alasan, mengapa mereka butuh sebuah konsep hidup tenang, bahagia, dan bersemangat setiap hari. Nah, konsep Ikigai inilah yang kemudian populer sebagai cara mendapatkan kebahagiaan

Lantas apa makna dari Ikigai? Mengapa Ikigai disebut ampuh untuk menuju kebahagiaan yang dicari dalam hidup? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Mengenal Ikigai, Konsep Hidup Bahagia ala Jepang

Secara harfiah, Ikigai terdiri dari dua kata, “Iki” berarti “kehidupan” dan “Gai” yang mempunyai arti “nilai”. Jika digabungkan, Ikigai adalah nilai kehidupan yang diaplikasikan berdasarkan prinsip dasar tentang hidup. Dengan mengenal Ikigai dan mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, hidup Anda akan lebih tenang dan Anda bisa menaklukkan hari seperti yang Anda inginkan. 

Perlu Anda ketahui, pada tahun 1960 hingga 1980, Ikigai justru berfokus pada pengorbanan diri. Namun pada abad ke-21, konsep Ikigai digunakan untuk aktualisasi diri atau pengembangan diri individu.

Masyarakat Jepang dulunya hanya mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh kehidupan, perusahaan, atau keluarga. Hal ini berbanding terbalik dengan generasi muda saat ini yang menggunakan konsep Ikigai untuk meraih mimpi mereka dan berfokus pada masa depan. 

Tidak hanya terkait ketenangan batin saja, Ikigai juga berdampak positif bagi kesehatan fisik. Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang menggunakan konsep Ikigai lebih sehat secara fisik dibandingkan mereka yang tidak mengerti konsep ini sama sekali. Orang yang hidup dengan konsep Ikigai akan terhindar dari serangan penyakit kardiovaskular, seperti tumor, kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya. 

4 Elemen yang Ada dalam Ikigai

Ikigai terdiri atas 4 elemen, yaitu passion, profession, vocation, dan mission. Passion berada pada irisan what you love dan what you are good at. Ini maksudnya, apa pun yang Anda lakukan itu didasari karena Anda suka dan Anda mampu, yang mana disebut dengan passion

Selanjutnya, profession berada pada irisan what you are good at dan what you can be paid for. Artinya, profesi atau pekerjaan apa yang mampu Anda lakukan dan Anda dibayar karenanya. 

Vocation atau keahlian berada pada arti what the world needs dan what you can be paid for, artinya Anda dibutuhkan oleh orang banyak dan Anda bisa memperoleh pendapatan darinya. Dan yang terakhir, mission atau misi, lebih pada makna what you love dan what the world need. 

Manfaat penerapan Ikigai dalam Hidup

Setelah Anda mengenal Ikigai dan 4 elemennya, tentunya akan banyak mendatangkan manfaat untuk jiwa maupun raga. Nah, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan Ikigai dalam hidup Anda, baik dalam kehidupan personal, sosial, maupun dalam pekerjaan. 

Meningkatkan Motivasi Kerja

Konsep Ikigai akan membantu Anda dalam membuang rasa malas dan menggantikannya dengan semangat menjalani hari-hari. Anda akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan, karena pikiran Anda cenderung jernih, disertai suasana hati yang sangat baik.

Mengenal Diri Sendiri

Mengenal Ikigai berarti mengenali diri sendiri. Sebab dalam Ikigai, Anda akan diarahkan untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak Anda suka. Anda juga akan tahu tentang rahasia dalam diri Anda, yang umumnya Anda sendiri tidak sadar memilikinya. 

Lebih Cepat Menyelesaikan Pekerjaan

Saat Anda mengerjakan sesuatu dengan semangat yang Anda miliki, maka Anda dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Hal ini didukung oleh mudahnya mendapatkan ide brilian, serta kemudahan menyelesaikan pekerjaan ketika Anda sedang bahagia. Dengan kata lain, kalau Anda ingin sukses, maka temukan Ikigai Anda sendiri

Terhindar dari Penyakit

Ikigai adalah konsep yang menyehatkan. Konsep ini tidak hanya bagus bagi perkembangan otak, namun juga baik bagi kesehatan organ lainnya, seperti jantung dan fungsi hati. Hal ini pun bisa mendukung Anda untuk hidup seperti masyarakat Okinawa, Jepang, yang bugar walaupun berusia senja.

Bermanfaat bagi Orang Lain

Kebahagiaan yang Anda dapat dari penerapan Ikigai akan menular kepada orang lain. Ini karena, Anda cenderung membagikan hal-hal positif saja. Anda juga akan tergerak untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang sekitar dengan alasan berbagi kebaikan. 

Nah, itulah pemahaman mengenai konsep Ikigai yang mulanya diusung oleh negara Jepang, mengingat masyarakatnya yang sering hidup di bawah tekanan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba menerapkannya dalam kehidupan Anda?

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua