Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Bahasa Python dan Manfaatnya
Artikel
IT & Software

Mengenal Bahasa Python dan Manfaatnya

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Untuk keperluan data mining, bahasa Python kerap kali digunakan karena keefektifannya. Bahasa ini dianggap paling simpel dan mudah diterapkan dalam berbagai hal. Banyak bidang yang berkaitan dengan teknologi menggunakan Python untuk menjalankan prosesnya. Tak heran jika peluang karir untuk orang yang menguasai bahasa ini sangat luas, karena memang banyak hal bisa dilakukan dengannya.

Di Indonesia, Python mulai banyak diminati oleh para praktisi IT. Bahkan, sudah banyak kursus online, webinar, atau jenis pelatihan lain yang menyediakan materi pembelajaran bahasa Python dan manfaatnya

Apa Itu Bahasa Python?

Bahasa Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi bersifat interpretatif, di mana dalam penulisannya lebih simpel dibandingkan bahasa lain. Python pertama kali dikenalkan pada tahun 1990, dan seringkali digunakan untuk membuat program automation. Program tersebut akan memudahkan dalam menjalankan hal-hal yang dianggap membosankan atau berulang-ulang.

Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir ini, Python lebih difungsikan untuk berbagai hal, mulai dari pengembangan perangkat lunak, analisis data menggunakan Python hingga manajemen manufaktur. Tak jarang, Python juga digunakan untuk membuat machine learning dengan tujuan tertentu.

Mengenal Bahasa Python dan Manfaatnya

Manfaat Bahasa Pemrograman Python

Setiap bahasa pemrograman pasti akan memberikan manfaat tersendiri bagi penggunanya, begitupun dengan bahasa Python.

Menghemat Biaya

Python merupakan bahasa pemrograman open source, sehingga bebas untuk digunakan oleh siapa pun. Untuk menggunakan bahasa ini, Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan, sehingga bisa menghemat anggaran. 

Anda bisa menginstal Python ke komputer atau laptop agar dapat digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Meski gratis, pengguna tetap bisa menggunakan berbagai modul dan pustaka yang disediakan secara gratis.

Waktu Koding Lebih Sedikit

Pada dasarnya, Python memiliki sintaks yang sangat sederhana. Dibandingkan dengan bahasa lain, seperti C++, penulisan kode Python lebih sedikit. Artinya, penggunaannya akan menghemat banyak waktu, baik saat menulis kode maupun saat meninjau ulang. Dengan bantuan berbagai pustaka ataupun modul, jelas akan membuat proses koding menjadi lebih efisien.

Bisa Diaplikasikan dalam Berbagai Bisnis

Bahasa Python dapat dengan mudah diaplikasikan untuk berbagai bisnis, mulai dari bisnis tingkat kecil hingga bisnis yang sudah besar. Selain itu, Python juga dapat dimanfaatkan untuk membuat perangkat lunak dengan biaya yang relatif lebih murah.

belajar bahasa pemrograman python hemat biaya

Banyak Komunitas

Saat menggunakan bahasa Python, Anda tidak perlu khawatir menemui masalah. Banyak komunitas yang biasanya mau membantu untuk memecahkan masalah tersebut. Terlebih saat ini, ada situs-situs yang dikhususkan untuk berdiskusi mengenai bahasa pemrograman. 

Anda juga bisa belajar banyak mengenai pemrograman dan bahasa Python di QuBisa, platform belajar online Indonesia. Salah satu kelas yang bisa Anda ikuti adalah kursus online Exploratory Data Analysis With Python

Selain bisa mempelajari bahasa Python, Anda juga bisa sekalian belajar berbagai materi pendukung IT di QuBisa, baik dengan mengikuti kursus online gratis maupun kursus online berbayar. Contohnya, kursus tentang Java Fundamental Programming dan Android Fundamental.

Terus Berkembang

Bahasa pemrograman yang terus berkembang akan menguntungkan bagi penggunanya. Bukan tidak mungkin, pengkodeannya akan menjadi lebih singkat lagi dan dari sisi keamanan akan terus meningkat. Bahasa Python juga terus dikembangkan sehingga kualitasnya terus meningkat. Anda bisa memanfaatkannya saat proses data mining atau yang lainnya.

Artikel ini diharapkan bisa membuat Anda mengenal bahasa Python. Bahasa ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, sehingga tidak perlu khawatir dengan keamanan dan keefektifannya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua