Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenali Sumber dan Kegiatan untuk Mengelola Stres
Artikel
Stress Management

Mengenali Sumber dan Kegiatan untuk Mengelola Stres

Jasmi24 Jan 234 menit membaca

Stres sangat mudah menyerang Anda apabila tidak bisa mengelola pikiran dan pekerjaan. Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan. Ketika Anda mengalami stres, hati menjadi tidak tenang dan tidak fokus melakukan pekerjaan. 

Nah, bagi Anda yang sering mengalami tekanan hidup, sangat penting untuk mengenali sumber dan kegiatan untuk mengelola stres, atau disebut juga manajemen stres

mengenali sumber stres untuk mengelola stres

Mengenali Sumber Stres dan Manajemen Strategi yang Tepat

Bagi Anda yang sering mengalami stres atau tertekan, cobalah untuk menggali penyebabnya. Beberapa hal yang bisa menjadi sumber stres, antara lain pekerjaan, percintaan, keluarga, keuangan, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Setiap masalah bisa saja jadi sumber penyebab stres yang Anda alami. Apabila Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk menemukan solusi kedepannya. Orang yang mudah mengalami stres, mungkin saja disebabkan manajemen stres yang dimilikinya lemah.

Nah, berikut ini adalah beberapa kiat Mengelola Kadar Stres yang bisa dilakukan agar pikiran menjadi lebih rileks dan kehidupan bisa berjalan lebih menyenangkan:

Bersyukur

Stres karena pekerjaan atau karena sebab apa pun merupakan sesuatu yang wajar. Karena ada 10 Jenis Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tinggi Menurut Health Magazine. Akan tetapi, stres yang berlebihan dapat menyebabkan Anda mengalami masalah yang semakin rumit. Salah satu kunci agar bisa lebih bahagia dan dapat menyiasati tingkat stres dengan lebih baik adalah bersyukur.

Memang tidak mudah untuk bersyukur, apalagi jika kondisi emosi sedang tidak stabil. Agar Anda bisa lebih bersyukur, kuncinya adalah banyak melihat ke bawah daripada ke atas. Anda harus pandai bersyukur karena apa pun yang dimiliki terkadang merupakan hal yang diinginkan oleh orang lain.

Sabar

Manajemen stres berikut juga sangat efektif adalah bersabar. Perlu Anda pahami dan sadari betul bahwa orang kuat adalah orang yang mampu menahan emosinya dan mengontrol diri. Sementara orang lemah adalah mereka yang sangat mudah dikuasai oleh emosi, sehingga apabila mengalami masalah tidak bisa mengontrol diri dengan baik.

Anda harus berusaha bersabar terhadap masalah yang hadir. Semua orang memiliki masalah hidup masing-masing. Namun, ada juga orang yang begitu kuat menjalani kehidupan tanpa mengumbar masalah yang dialami. 

Latihlah diri Anda agar menjadi manusia kuat dalam menjalani kehidupan. Semakin Anda sabar, Anda bisa Menghadapi Setiap Masalah dengan tenang.

Berpikir Positif

Manajemen stres akan semakin mudah apabila Anda memiliki pikiran yang tenang dan selalu positif. Cara agar bisa lebih mudah untuk mengelola pikiran dari tekanan adalah berusaha mencari sisi baik dari setiap masalah yang dihadapi.

Misalnya saja, Anda mengalami konflik keluarga. Cobalah renungkan kira-kira apa yang menyebabkan masalah itu terjadi. Kemudian lihat pelajaran yang bisa diambil dari situ. Jika manusia mampu mengambil setiap pelajaran dari konflik yang terjadi, tentu kehidupannya akan semakin bijaksana di masa depan.

Hal yang terpenting, jika Anda ingin terhindar dari masalah berat, maka tetaplah berbuat baik kepada siapa pun. Hindari membuat masalah, meskipun konflik itu datang sendiri tanpa disadari.

berpikir positif untuk mengelola stres

Mendekatkan Diri pada Tuhan

Cara mengatasi stres berikutnya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Anda jangan pernah merasa malu untuk meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa. Curahkanlah segala kegundahan hati Anda ketika sedang beribadah.

Keimanan dan keyakinan kepada Tuhan bisa membantu untuk mengurangi rasa tertekan. Orang religius biasanya memiliki manajemen stres yang bagus. Hindari mencari pelarian dengan menggunakan hal-hal yang dilarang, seperti minuman keras atau bahkan obat-obatan.

Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk mengontrol stres secara efektif. Kunci agar hidup terasa lebih bahagia adalah dengan selalu bersyukur dan bersabar. Lakukan beberapa kegiatan sebagai bentuk menghargai diri sendiri, misalnya menulis untuk self healing, menonton film, liburan, makan enak, memasak, berkumpul dengan teman, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Bisa juga upgrade keterampilan digital milenial Anda di platform belajar online Indonesia, QuBisa. Ikuti berbagai kursus online dan webinar gratis agar diri Anda semakin berkembang, dan pikiran pun semakin terbuka.

Jalani hidup dengan penuh semangat dan jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan berikan. Itulah sedikit informasi mengenai manajemen stres yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa membantu Anda mengelola stres dengan lebih baik dan menjadi salah satu soft skill Anda pada keterampilan sukses milenial.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua