Unduh Aplikasi QuBisa
Mengasah Kreativitas dan Inovasi untuk Pribadi yang Lebih Baik
Artikel
Personal Development

Mengasah Kreativitas dan Inovasi untuk Pribadi yang Lebih Baik

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Kreativitas dan inovasi adalah dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan karir Anda. QuBisa sebagai platform belajar online Indonesia, kali ini akan berbagi cara mengasah kreativitas dan inovasi untuk pribadi yang lebih baik. 

Kreativitas dan Inovasi Dukung Peningkatan Karir Anda

Apa yang membuat kreativitas dan inovasi menjadi bagian dari peningkatan karir Anda? Kedua hal ini akan memunculkan rasa ingin tahu Anda, mendorong Anda untuk mencoba hal baru, menerima tantangan, serta membuka pikiran Anda menjadi lebih luas dan terbuka. Sederhananya, kreativitas dan inovasi membantu Anda meningkatkan soft skill menjadi power skill.

Anda dikatakan seorang yang memiliki kreativitas dan inovasi, ketika Anda dapat memberikan ide-ide segar yang belum pernah ditemukan sebelumnya, memberikan solusi efektif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, dan dapat menerima perbedaan sudut pandang baik dari atasan, kolega, maupun dari orang sekitar. 

Anda juga mampu melihat dan menganalisis fenomena yang terjadi, sehingga dapat membantu Anda menemukan inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas dan inovasi dapat dimiliki oleh setiap orang. Kedua hal ini bukan hanya ditujukan pada profesi yang membutuhkannya, seperti content creator, pembuat film, seniman, atau desainer, tapi juga dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan. 

Karakteristik orang kreatif sangat bergantung pada cara berpikir, begitu yang dikatakan John Alexander, Director of Training at Search Engine Workshop yang sering mengisi pelatihan di Amerika Utara, Australia dan Asia. Alexander menambahkan, bahwa dalam menghasilkan sebuah ide yang luar biasa, orang yang berpikir kreatif harus selalu dibarengi dengan rekan yang dapat berpikir analitis. Dengan tim yang terdiri oleh orang kreatif dan analitis, maka dapat dihasilkan sebuah inovasi yang dapat diterima oleh masyarakat.

Mengasah Kreativitas dan Inovasi untuk Pribadi yang Lebih Baik

Cara Mengasah Kreativitas dan Inovasi untuk Pribadi yang Lebih Baik

Seperti yang disebutkan di atas, kreativitas dan inovasi dapat diasah dan dilatih. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari membangun kebiasaan baru, banyak membaca buku, belajar hal-hal baru melalui kegiatan webinar gratis, kursus online gratis, atau ikut kelas-kelas online lainnya, seperti yang banyak pula disediakan di Qubisa. Selain itu, Anda bisa pula melakukan beberapa hal berikut:

Pelihara Rasa Ingin Tahu Anda

Kreativitas dan inovasi dilahirkan dari rasa ingin tahu yang tinggi. Lantas, bagaimana cara Anda memelihara rasa ingin tahu itu? Anda dapat selalu mengajukan pertanyaan, sehingga menemukan jawaban yang Anda inginkan. Dari jawaban ini, Anda dapat menghasilkan sesuatu yang baru, yang belum pernah ditemukan sebelumnya, dan dapat diterima dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat.

Bekerja sama dengan Tim Lain

Dalam perusahaan, Anda cenderung ditempatkan dengan tim yang memiliki kemampuan yang sama dengan Anda. Hal ini dilakukan, untuk memudahkan pembagian tanggung jawab hingga dapat meringankan pekerjaan satu sama lain. 

Dengan bekerja tim, ditambah adanya communication skill yang efektif antar anggota tim, maka tim yang terbentuk bisa menjadi tim yang unggul. Anda mungkin akan mendapatkan sudut pandang baru, bahkan wawasan yang lebih luas karena Anda keluar dari zona nyaman Anda. Dengan hal ini, Anda dapat mengaktifkan kemampuan berpikir terbuka hingga dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam diri Anda.

Berani Mengambil Risiko

Untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi, Anda harus berani mengambil risiko dari keputusan yang telah Anda tetapkan. Beranikan diri untuk melakukan eksperimen terkait suatu hal yang memang perlu Anda kuasai, namun belum pernah Anda lakukan sebelumnya. 

Dalam hal membangun keterampilan kreatif dan inovatif, Anda harus bersedia menerima tantangan yang akan meningkatkan kemampuan Anda dalam bekerja. Upaya ini memang tidak selalu berhasil, namun Anda tetap dapat meningkatkan bakat kreatif dan inovatif yang akan membantu Anda untuk peningkatan karir Anda di masa yang akan datang.

Kreativitas dan Inovasi dalam membangun networking dan menghasilkan ide kreatif dan inovatif

Membangun Networking

Meningkatkan kreativitas dan inovasi dapat dilakukan dengan cara membangun relasi, networking atau jaringan. Lingkungan akan membentuk diri dan cara Anda berpikir. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun relasi dengan orang-orang yang sefrekuensi untuk dapat meningkatkan kemampuan.

Dengan menempatkan diri pada lingkaran orang-orang yang kreatif dan inovatif, Anda dapat memperluas sudut pandang, menambah wawasan, dan membantu Anda berpikiran terbuka. Pada saat yang bersamaan, Anda dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan Anda dan mencapai jenjang karir yang Anda inginkan.

Bertahan dalam Segala Situasi

Ide kreatif dan inovatif yang Anda hasilkan mungkin tidak berjalan sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, Anda harus dapat bertahan dan tidak mudah menyerah dalam menjalankan rencana kreatif dan inovatif lainnya untuk membayar kegagalan Anda sebelumnya.

Dalam kasus lain misalnya, saat ide yang Anda ajukan tidak diterima dengan baik oleh atasan atau kolega Anda, atau ketika ide Anda dicuri, Anda harus mampu mempertahankannya dan mampu membuktikan bahwa ide Anda dapat membawa perubahan. Untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi, Anda harus optimis dan idealis.

Anda dapat mengasah kreativitas dan inovasi Anda agar menjadi individu yang lebih baik dengan beberapa cara. Di antaranya adalah menjaga rasa ingin tahu, bekerja sama dengan orang lain, berani mengambil resiko, memperluas jaringan, dan bertahan dalam situasi apa pun.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua