Unduh Aplikasi QuBisa
Mengasah Kompetensi Diri untuk Masa Depan yang Cerah
Artikel
Personal Development

Mengasah Kompetensi Diri untuk Masa Depan yang Cerah

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Siapa sih yang tidak ingin punya masa depan yang cerah? Setiap orang pasti punya impian yang ingin diwujudkan. Nah, untuk mencapai masa depan yang diinginkan, tentu Anda perlu mengasah kompetensi diri Anda.

Seberapa Pentingkah Kompetensi?

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, seberapa pentingkah kompetensi? Kompetensi diri adalah kemampuan atau kecakapan yang Anda miliki. Ada banyak cara meningkatkan kompetensi diri yang dapat Anda temui dari berbagai sumber, seperti sekarang Anda membaca artikel di QuBisa platform belajar online Indonesia ini, Anda sebenarnya sedang berusaha belajar hal baru demi meningkatkan kompetensi diri. 

Hanya saja, Anda perlu menggaris bawahi bahwa kompetensi diri ini adalah proses yang berkelanjutan. Selain itu, juga perlu disesuaikan dengan profesi Anda. Misalnya, jika Anda seorang konsultan, Anda perlu memiliki Kompetensi Kredibilitas Seorang Konsultan

Kalau Anda seorang individu yang bekerja, tentu saja Anda perlu Memaksimalkan Kompetensi individu Bekerja. Sementara jika Anda adalah pemimpin suatu tim atau atasan, maka Anda perlu tahu 5 Kompetensi Atasan dan Kompetensi Seorang Leader yang Baik.

Prinsipnya, tenaga kerja saat ini memang wajib memiliki kompetensi tertentu. Secara lengkap, Anda bisa mempelajarinya dari kursus online gratis berjudul 4 Jenis Kompetensi Yang Menjadi Tuntutan Tenaga Kerja dan Kompetensi Milenial Muda.

Perusahaan juga sangat concern dengan peningkatan kompetensi SDM dan kompetensi supervisi untuk mencetak talenta yang unggul. Dengan memiliki talenta yang unggul, Anda bisa mendapatkan kesempatan melakukan pengembangan kompetensi yang disediakan oleh perusahaan Anda. Bagaimana caranya memiliki talenta yang unggul, pelajari mengenai Manajemen Talenta, Sistem Karir dan Suksesi.

Langkah-Langkah Meningkatkan Kompetensi Diri

Dalam mengasah kompetensi diri, tentu ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dengan konsisten. Langkah ini diharapkan dapat memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik dan mencapai masa depan yang cerah seperti yang Anda inginkan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

Membaca Setiap Hari untuk Mengasah Kompetensi Diri untuk Masa Depan yang Cerah

Membaca Setiap Hari

Saat ini, kebanyakan orang tidak sempat untuk membaca. Padahal, membaca menjadi salah satu daftar resolusi hampir seluruh orang di muka bumi. Mengembangkan Diri melalui Kegiatan Membaca Buku dapat menstimulasi dan meningkatkan kinerja otak serta menambah wawasan Anda.

Membaca adalah sumber kebijaksanaan dalam hidup. Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin terlihat kebijaksanaan yang Anda tunjukkan, begitu kata Celestine Chua, pendiri Personal Excellence dan penulis buku 101 Things to Do Before You Die. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya meluangkan waktu 30 menit untuk membaca atau baca buku minimal 4 halaman setiap harinya.

Mengenali Potensi Diri

Potensi diri adalah kekuatan di dalam diri Anda yang tidak Anda sadari sebelumnya. Salah satu cara mengasah kompetensi diri Anda adalah dengan mengenali potensi diri dan terus menggali potensi dalam diri Anda. Dengan mengenali potensi diri, Anda dapat fokus mengembangkan kekuatan Anda dan mengatasi kelemahan Anda.

Melakukan Hal Baru

Salah satu cara mengasah keterampilan kompetensi diri adalah melakukan hal baru yang lebih menantang. Anda harus siap keluar dari zona nyaman. Kemudian, Anda juga dapat melakukan hobi baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya, seperti menekuni olahraga tertentu, berkebun, melakukan solo traveling, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa Belajar Machine Learning, belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang ingin sekali Anda kuasai, dan sebagainya. Pastikan hal-hal baru yang Anda pelajari ini dapat menunjang aktualisasi diri Anda, dan mendukung kenaikan karir Anda.

Terbuka dengan Kritik dan Saran

Untuk mencapai masa depan yang cerah, Anda harus terbuka dengan saran yang diberikan orang lain. Hal ini, akan membantu Anda meningkatkan kualitas diri Anda dan memperbaiki kekurangan yang Anda punya.

Fokus pada Tujuan adalah Cara Meningkatkan Kompetensi

Lakukan Kebiasaan Baik

Untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang, Anda perlu mengganti kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan baik yang menunjang kompetensi diri Anda. Anda dapat meniru kebiasaan yang diajarkan Stephen R. Covey dalam bukunya yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People.

Fokus pada Tujuan Anda

Dalam hidup Anda, tentu punya goals yang ingin dicapai. Mengasah kompetensi diri berarti membiasakan diri untuk fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Anda harus mampu menghindari distraksi yang mungkin akan mengacaukan fokus tujuan Anda seperti mengecek pesan daring terlalu sering.

Anda juga dapat melakukan tantangan 30 hari yang membantu Anda tetap berkonsentrasi mengerjakan tugas Anda. Tentukan target tertentu dan dorong diri Anda untuk menyelesaikannya tepat waktu.

Untuk mempelajari dan mengetahui cara mengasah kompetensi diri untuk masa depan yang cerah, Anda bisa mengikuti program KSM dan program KDM. Keduanya adalah program baru di QuBisa, platform belajar online Indonesia, yang secara rutin menyelenggarakan webinar, kursus online, pelatihan, paket kursus personal development dan pengembangan karir, serta masih banyak lagi materi menarik lainnya. 

Kompetensi diri adalah kecakapan yang dimiliki oleh diri Anda yang dapat membantu mewujudkan impian Anda. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kompetensi diri ini salah satunya adalah dengan banyak membaca buku. Selain itu, Anda perlu mengenali potensi diri Anda, melakukan hal baru yang menantang, terbuka dengan kritik dan saran, melakukan kebiasaan baik, dan fokus pada tujuan yang telah Anda tetapkan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua